10 Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Sendiri Hemat Biaya Hanya 500rb

10 Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Sendiri Hemat Biaya Hanya 500rb
Instalasi Listrik Gedung

 McbListrik.com - instalasi listrik adalah sebuah media yang secara sistematis sudah direncanakan di dalam pembuatanya oleh teknisi listrik. Sebuah instalasi akan dapat memudahkan pemiliknya dalam pemanfaatan energi listrik, seperti apa yang sudah kita lakukan setiap hari. Instalasi kabel menggunakan pipa conduit berfungsi memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna, meski tidak tersentuh manusia. Pipa conduit dapat melindungi material kabel listrik dari gangguan hewan dan pergeseran posisi kabel, jadi tidak akan lecet dan dapat membahayakan.

Dengan adanya istalasi listrik terencana, kamu akan mudah banget menggunakannya, selain apa yang sudah di jelaskan di atas tentang pipa conduit. Sebuah instalasi yang benar akan memberikan rasa nyaman si pemilik rumah / penghuni, ini adalah salah satu tujuan utama teknisi listrik. Pemasangan saklar sesuai puil listrik akan memberikan rasa nyaman pemilik rumah, misalkan tinggi saklar sesuai tinggi badan, mudah di jangkau. Pemasangan rapi dan aman, mudah di jangkau pada saat gelap, begitu juga dengan stop kontak dan material listrik lainnya seperti perangkat elektronik.


Di bawah ini akan kita bahas segala masalah pemasangan Listrik dan segala tenis pengerjaan komponen saklar, stopkontak lampu dan alat elektronik. Meski kamu bukan teknisi, dari sini setidaknya dapat memahami cara kerja instalasi listrik mulai dari pemasangan hjngga perawatan jaringan kabel. Karena kami adalah teknisi, disini kamu akan mendapatkan penjelasan secara terperinci tentang pemahaman material, ukuran daya listrik dan estimasi biaya.


10 Cara Instalasi Listrik Rumah Sendiri Mulai Dari Nol

Sebelum lanjut ke pembahasan 10 cara pemasangan instalasi listrik, kamu akan mendapatkan banyak manfaat ilmu untuk kehidupan sehari-hari nantinya. Contoh kasus ada kerusakan listrik didalam rumah, akan lebih menguntungkan jika kita memperbaiknya sendiri dari pada sewa teknisi listrik. Harga jasa service sangat mahal, lebih mahal dari pada saat awal pembuatan atau pemasangan instalasi listrik, jadi ada baiknya jika kamu memperbaiki sendiri. Baik tidak usah berlama-lama, di bawah ini adalah 10 cara instalasi listrik rumah yang baik dan benar tanpa teknisi dan tukang listrik.


1. Persiapkan Biaya Pembangunan Instalasi Listrik

Biaya adalah komponen utama yang wajib dipersiapkan, meski plan kerja belum terlihat 100%, tapi setidaknya kamu bisa mempersiapkan langkah berikutnya. Darimana kamu bisa mempersiapkan biaya pembuatan instalasi listrik? Mungkin saja jauh hari kamu sudah menabung demi untuk membangun rumah mewah dan bagus. Jadi pada saat akan melaksanakan pembangunan rumah maupun instalasi listrik kamu tidak akan kebingungan masalah biaya. Solusi pembiayaan lain adalah pinjaman bank, namun cara ini tidak lah semudah yang dibayangkan, karena banyak sekali persyaratan wajib dan harus asli. Dari kami, solusi terbaik pembiayaan pembuatan instalasi listrik rumah anda adalah menabung jauh-jauh hari sebelum pelaksaan dilapangan.


2. Perencanaan Gambar Kerja

Gambar kerja dalam sebuah pekerjaan konstruksi merupakan syarat ke 2 setelah biaya, lalu dimana kita bisa mendapatkan gambar kerja instalasi listrik. 

Jika kamu bukan seorang teknisi atau drafter, kamu bisa memanfaatkan jasa drawing disekitar kamu, atau mungkin ada teman seperti yang kamu harapkan. Dengan cara tersebut masalah perencanaan akan dapat terselesaikan, gambar kerja adalah pedoman yang punya banyak manfaat. 


Contoh kasus teknisi akan melakukan pemasangan jaringan listrik, dengan bantuan pedoman gambar, pekerjaan akan bisa dipermudah. Teknisi tidak akan kesusahan pada saat dilapangan, konsep kerja tertata rapi hanya mengandalkan gambar kerja. Nah dari sini kamu akan dimudahkan, meski kamu bukan dari bidang ini, dengan bantuan jasa gambar listrik pekerjaan jadi lebih mudah.


3. Seleksi Pekerja Lapangan atau Gunakan Jasa Kontraktor

Setalah langkah pertama ke dua, saat kamu fokus pada pemilihan teknisi, teknisi ini lah final dna hasil pekerjaan nantinya, jadi harus teliti dan sabar. Jika kamu ingin menggunakan jasa perorangan kamu bisa mencari melalui info dari teman atau kerabat namun tetap harus selektif dalam memilih. Kamu bisa melihat rekam jejak rekomendasi teman atau kerabat, apakah teknisi yang akan di gunakan berpengalaman atau tidak, dengan cara mewawancari si teknisi.


Jika kamu lebih ingin santai saat menjalankan pekerjaan tersebut, kami menyarankan gunakan jasa Kontraktor Listrik, ini akan memudahkan kamu. Bisa jadi sibuk dengan pekerjaan lain dan tidak sempat atau minim waktu, kontraktor adalah solusi terbaik saat ini. Selain itu, point 1 & 2 bisa juga dirangkap oleh kontrkator, jadi sangat simple dan mudah, tanpa susah payah pekerjaan instalasi listrik terima beres tinggal pakai.


4. Persiapan Material Pekerjaan Listrik

Belanja bahan bisa memanfaatkan tukang yang ada, kamu dapat memilih salah satu orang yang menurut kamu dapat dipercaya dalam hal mengelola keuangan. Merincikan pemakaian material, belanja harian dan paling penting adalah perincian uang keluar masuk setiap harinya, dan ini wajib di lakukan. Di bawah ini asalah daftar material instalasi listrik yang wajib dibeli pada saat membangun rumah tinggal sederhana maupun rumah mewah 2023.


1. Kabel listrik NYM 3x2,6 mm

2. Pipa Conduit 20 mm

3. Sock Pipa Conduit

4. Klem Pipa Listrik 20 mm

5. Isolasi Listrik

6. T Dus 3 Lubang, 2 Lubang dan 4 Lubang

7. Saklar Tunggal

8. Saklar Seri

9. Saklar Hotel

10. Saklar Treepel

11. Stop Kontak Dinding

12. Rumah-rumahan Saklar / Stop Kontak

13. Lampu LED Penerangan Hemat Energi

14. Lampu TL

15. Lampu LED Strip

Dan material bantu lainnya.


Sedangakan peralatan tambahan yang umum diperlukan saat membuat jaringan instalasi listrik adalah sebagai berikut:


1. Tang Kombinasi Listrik

2. Tang Potong

3. Gunting Pipa

4. Cutter

5. Alat Bobok Tembok ( Palu Besar dan Pahat Beton)

6. Beding Pipa Conduit

7. Tangga Lipa 3 Meter

8. Bor Listrik Kecil

Dan peralatan bantu lainnya, alat kerja dan material tersebut mudah kamu temukan di toko bangunan maupun toko listrik terdekat dari rumah anda, jadi jangan kebingungan. Apa lagi saat ini banyak sekali Toko Online yang menjual material bangunan secara Online seperti Tokopedia dan Shopee.


5. Pelaksanaan Lapangan

Pada sesi ini kamu dituntut agar teliti, mulai dari pemakaian material dan pengeluaran uang. Kamu harus update berbagai hal yang diperlukan setiap hari. Sesuai rencana awal, pekerjaan instalasi listrik hari berjalan dengan lancar, karena didampingi dengan pedoman ganbar kerja yang sudah di serahkan ke teknisi maupun pihak kontraktor.


Karena kamu pada posisi ini adalah Owner pemilik proyek, wajib mendapatkan info kemajuan dan perkembangan proyek nantinya, tentu manfaat utama adalah agar tidak ada yang di rugikan. Kamu bisa membuat 1 formulir absen dan rincian penggunaan material dan diserahkan ke teknisi agau tukang di lapangan, sangat mudah bukan sobat. Bebeda jika kamu menggunakan jasa Kontraktor, progres lapangan akan diproses oleh mereka dan hanya menerima laporan progres setiap hari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pelaksananaan pekerjaan instalasi listrik adalah kedisiplinan karyawan, perkembangan proyek dan keuangan / modal kerja.


6. Pemasangan Pipa Listrik Conduit 20 mm

Setelah kamu sudah mempersiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, sesi pemasangan pipa conduit hanya membutuhkan alat utama yaitu bor listrik. Sedangkan material pendukung lainnya adalah klem pipa 20 mm, fhiser 6 mm dan skrup 30 mm/ 3 cm, selanjutnya berpedoman pada gambar kerja.


Dalam memperhitungkan pemakaian pipa, kamu harus selalu koordinasi dengan tukang yang ada dilapangan, apa yang diperlukan dan sampai mana progres pekerjaan saat ini. Karena pemasangan popa instalasi adalah langkah awal pelaksanaan, jadi bisa disimpulkan jika dari awal saja keliru, bisa saja sesi pekerjaan selanjutnya bermasalah. 


7. Penarikan Kabel Listrik

Kabel listrik adalah media penghantar arus listrik dari sumber PLN melalui pembatas MCB ke beban penggunaan listrik seperti lampu penerangan. Dengan bantuan kabel listrik, arus berbahaya yang mengalir akan aman tanpa ada gangguan dan mengurangi resiko sengatan listrik kepada manusia.


Ada beberapa jenis kabel listrik yang terjual dipasaran, dan memiliki beberapa kode khusus untuk membedakan fungsi dan kualitas kabel listrik itu sendiri. Pada umumnya kabel listrik rumahan adalah NYA dan NYM, NYA adalah kabel tunggal sedangkan NYM kabel tunggal berisi 2 bahkan lebih dari kabel tunggal.


Namun dalam ulasan kali ini kamu akan diberikan penjelasan bagaimana wiring instalasi kabel khusu rekomended dari kami yaitu kabel NYM saja. Kenapa harus kabel jenis ini? Karena kabel ini terbukti aman jika di bandingkan dengan kabel NYA yang hanya kabel tunggal berlapis pvc.


Setalah tahap pemasangan pipa conduit selesai, panjut ke penarikan kabel listrik, kabel ini harus terkoneksi sesuai sistem yang di rencanakan. Lebih jelasnya menyesuaikan fungsi instalasi yang sudah direncanakan seperti pada pedoman gambar listrik sebelumnya.


Kabel listrik dimasukkan kedalam pipa conduit dari ujung sumber ke kontrol instalasi seperti saklar dan selanjutnya penarikan kabel ke beban lampu. Atau instalasi dari sumber listrik untuk stop kontak ke titik pemakaian stop kontak di setiap sudut bangunan rumah.


8. Penyambungan Instalasi Kabel Listrik

Setelah kabel listrik terpasang dan aman berlapis pipa conduit, masuk pada sesi penyambungan antar kabel sesuai pedoman gambar yang direncanakan. Dalam istilah teknik instalasi listrik, ada beberapa jenis sambungan kabel yaitu seri satu arah dan pararlel bercabang, dan fungsinya sebagai berikut: sambungan seri umum digunakan untuk instalasi stop kontak sedangkan sambungan pararlel untuk lampu penerangan.


Pada sesi pekerjaan ini sangat membutuhkan konsentrasi dan wajib dikerjakan oleh teknisi berpengalaman agar tidak terjadi salah koneksi kabel. Seperti yabg sudah sering dijelaskan, pekerjaan instalasi listrik harus di rencanakan mulai dari awal sampai finis sesuai sistem gambar. Jadi jika suatu saat ada masalah terjadi, kerusakan jaringan aka mudaj teratasi dengan bantuan gambar kerja.


9. Pengetesan Instalasi / Tes Nyala Jaringan Instalasi

Tes nyala merupakan tahap pekerjaan finising pertama dalam pekerjaan instalasi listrik, jika kamu menyerahkan tugas ini kepada kontraktor. Sesi ini adalah tahap penagihan progres pertama setelah tes nyala selesai tidak bermasalah, baru lanjut ke tahap finising ke 2. 


Tes nyala instalasi sangat mudah dikerjakan, yaitu cukup memasukkan arus listrik temporer kedalam instalasi dan setelah itu mengecek satu-persatu titik instalasi lampu dan stop kontak.


Cara ini sedikit membahayakan namun dengan didasari ilmu dan pengalaman cukup dalam pekerjaan listrik, tentu ini sangat mudah dikerjakan. Sedari awal selalu kami sarankan gunakan lah jasa teknisi maupun kontraktor yang sudah berpengalaman agar tidak salah metode pekerjaan.


10. Pemasangan Aksesoris Saklar Stop Kontak dan Lampu

Ini adalah finising ke dua atau tahap terakhir setelah tesnyala diselesai dilakukan, pemasangan titik lampu dan titik stop kontak. Sesuai gambar rencana, tentunya ini akan mudah dikerjakan, tidak perlu lagi bingung akan kemana titik lampu maupun stop kontak terpasang didalam rumah.


Rekasaya pemasangan lampu penerangan wajib menyesuaikan panjang lebar ruangan dan ukuran bangunan, ada baiknya perhatikan center bangunan. Termasuk pemasangan stop kontak, menyesuaikan tinggi instalasi sesuai gambar kerja, 25 cm stop kontak bawah dan 75 cm stop kontak atas.


Penutup

Itulah tahapan cara instalasi listrik rumah yang baik dan benar, jika masih kebingungan kamu bisa konsultasi kepada kami tentang cara mengerjakan instalasi listrik rumah maupun gedung. Atau kamu ingin menggunakan jasa kami? Segera hubungi kami melalui layanan kontak, teknisi berpengalaman dan bersertifikat. stop kontak

Post a Comment for "10 Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Sendiri Hemat Biaya Hanya 500rb"