Ukuran Mcb Listrik Rumah Tangga Dan Industri Komersil

 Mcb Listrik - MCB (Miniature Circuit Breaker adalah komponen paling penting dalam sistem instalasi listrik yang berfungsi sebagai pelindung peralatan dan instalasi listrik dari kerusakan yang diakibatkan dari arus listrik lebih atau hubungan singkat.

Ukuran Mcb Listrik Rumah Dan Industri

Ukuran MCB harus dipilih sesuai dengan beban perangkat yang akan dilindungi dan menyesuaikan rating arus nominal dari sistem listrik didalamnya.

MCB listrik tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 ampere hingga 125 ampere atau lebih besar.

Jika kamu ingin membuat jaringan instalasi listrik, ada baiknya menyesuaikan kebutuhan, jangan asal pasang atau menggunakan jenis dan ukuran MCB listrik. 


Berikut ini adalah ukuran paling cocok untuk listrik industri dan rumah hunian:


Ukuran MCB Rumah Tangga

Instalasi listrik rumah tangga biasanya memiliki Ukuran MCB 2 Ampere hingga 32 Ampere 1 fase maupun 3 fase, tergantung kebutuhan. Namun ada baiknya wajib memperhitungkan terlebih dahulu beban pemakaian didalam rumah agar pemakaian listrik lebih efektif.


Ukuran MCB Industri Komersil

Sedangkan untuk instalasi listrik industri komersil memiliki ukuran MCB 35 Ampere hingga 300 Amper 3 fase. Untuk menentukan ukuran MCB listrik industri ada baiknya melihat faktor-faktor tegangan sistem dan beban induktif seperti mesin / motor listrik.


Sangat disarankan bagi kamu yang sedang membangun jaringan instalasi listrik wajib menyesuaikan kebutuhan agar dapat merasakan manfaat dan kuntungannya. Kami menyarankan untuk selalu berkonsultasi dengan ahli listrik atau teknisi listrik berpengalaman untuk memilih ukuran MCB listrik yang tepat untuk sistem listrik tertentu.


Tabel Ukuran MCB listrik

Di bawah ini adalah data tabel ukuran MCB yang bisa kamu gunakan pedoman pada saat membuat jaringan instalasi listrik rumah tangga, gedung dan industri komersil sekala besar.

Tabel Ukuran MCB Listrik 1 Phase

Ampere Volt Watt
2 220 440
4 220 880
6 220 1320
10 220 2200
16 220 3520
20 220 4400
25 220 5500
32 220 7040
40 220 8800

Cara Menghitung MCB

MCB atau Miniatur Circuit Breaker adalah alat pengaman kelistrikan yang berguna untuk memutus arus listrik dengan cara otomatis jika ada arus lebih atau gangguan kerusakan listrik. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghitung MCB listrik:


1. Menghitung Total Peralatan

Dalam setiap hunian yang akan dibangun, pasti akan ada peralatan elektronik yang nantinya digunakan setiap hari, mulai dari alat elektronik berkapasitas beban kecil hingga mesin seperti pompa air. 


Langkah pertama adalah mencari info data aktual jumlah semua daya perangkat elektronik yang akan dipasang, dari total jumlah ini lah akan sapat kamu temukan nilai ampere dengan rukus khusus.


Lalu bagaimana mencari tahu daya pemakaian perangkat? Setiap produk elektronik maupun mesin pasti memiliki label spesifikasi, disanalah akan tertera apapun informasi tentang perangkat tersebut termasuk Daya listrik. 


2. Menghitung Arus Nominal MCB

Setelah mengetahui total beban listrik perangkat dan mesin, selanjutnya kamu dapat menggitung arus nominal yang akan dibutuhkan oleh instalasi listrik dengan rumus:

I = P/V

Dimana I adalah Arus nominal satuan Ampere (A), P adalah total daya atau beban dalam satuan Watt (W), san V adalah tegangan listrik dalam satuan Volt (V). Contoh jika total daya adalah 2000 W dalam tegangan listrik 220 V Pln, maka arus nominal yang dibutuhkan adalah I = 2000 W / 220 V = 9,0 Ampere. 


Jika kamu mencari komponen MCB dengan nilai Ampere 9 A, sepertinya tidak ada, jadi kamu cukup membulatkan nilai 9 menjadi 10 Ampere atau jika ingin lebih besar kamu dapat menggunakan MCB 16 A.


Pastikan MCB listrik yang dipilih sesuai dengan kapasitas daya listrik yabg akan di amankan. Semakin baik perhitungan nilai MCB, jaringan instalasi akan semakin dapat terawat dan terawas dengan baik. MCB dapat memutus arus listrik antara sumber dan beban, jika terjadi kerusakan seperti korsleting, MCB akan dapat memutus arus secara singkat, begitu juga pada saat terjadi beban lebih

Penutup

Jika kamu memarasa kesulitan, segera hubungi kami melalui kotak pesan dibawah situs ini, kami merupakan penyedia jasa kelistrikan berpengalaman. Melayani jasa pemasangan instalasi listrik baru dan service di kota salatiga dan sekitarnya.

2 comments for "Ukuran Mcb Listrik Rumah Tangga Dan Industri Komersil"

Comment Author Avatar
Info yang sangat menarik, memang benar sebelum pesan daya PLN harus ngitung beban apa saja yang mau di pasang, biar tepat sasaran
Comment Author Avatar
Terimakasih pak.. selamat datang