5 Penyebab Listrik Hidup Mati Sendiri Tapi Kwh Meteran Normal

 Mcb Listrik - Listrik merupakan sumber energi utama bagi kehidupan, dengan adanya energi listrik, kamu dapat mempercepat pekerjaan. Seperti dapat menggerakkan mesin menyalakan lampu penerangan untuk kehidupan kita sehari hari.

5 Penyebab Listrik Hidup Mati Sendiri Tapi Kwh Meteran Normal
Kwh Meter Pln

Di sini kami akan memberikan solusi masalah listrik di dalam rumah sering rusak hidup mati sendiri padahal instalasi maupun kwh meter normal tanpa ada masalah.

Masalah listrik mati sendiri namun instalasi salam keadaan baik umum terjadi disekitar kita, mulai dari instalasi rumahan hingga gedung-gedung besar. Jangan di anggap remeh, karen dapat membahayakan kamu secara materil higga diri sendiri dan orang di sekitar kita.


Penyebab Listrik Hidup Mati Sendiri Tapi Kwh Meter Normal

1. Instalasi Listrik Tidak Normal

Penyebab listrik hidup mati sendiri dapat terjadi karena instalasi kabel rusak, salah pemasangan / instalasi kabel sudah berumur.

Instalasi listrik yang tidak normal dapat membuat listrik hidup mati sendiri hingga mati total.


Ini adalah masalah serius, bagi kamu yang sedang mengalami masalah listrik hidup mati sendiri tapi meteran menyala, sebaiknya segera hubungi teknisi terdekat.


2. Kwh Meter Rusak atau Error

Listrik mati hidup sendiri bisa juga disebabkan oleh meteran listrik yang sudah rusak error atau gangguan.


Meski kwh mati terkadang aliran listrik dari sumber pln tetap dapat melewati unit modul kwh dan masuk ke dalam rumah. Sehinggal aliran listrik bisa menyala lalu padam kembali hingga mati total yang ditandai dengan kwh rusak.


Solusi dari masalah ini adalah, segera hubungi pln 123, karena kerusakan kwh meter sudah masuk ke ranah pln tang jika dikerjakan oleh teknisi biasa bisa kena denda yang tidak sedikit.


3. Kabel L dan N Terbakar

Kabel L dan N juga sering menjadi penyebab utama mengapa listrik mati hidup sendiri. L adalah Api listrik atau (+), sedangkan N adalah netral 0 atau (-) dalam isntalasi listrik gedung dan rumahan. 

Dari beberapa masalah yang sering terjadi kabel L dan N bertemu di dalam tembok sehingga membuat listrik mati hidup sendiri. Pada saat proses kerusakan, kamu akan melihat beberapa tanda - tanda kecil, yaitu listrik mati hidup sendiri.


Awal mula listrik akan padam dalam rentan waktu lama bisa jadi 1 hari sampai 2 hari lisrik di dalam rumah padam. Di karenakan kabel L dan N belum bertemu total, masih terlapisi oleh kulit kabel yang mulai gosong.


Setelah lapisan kulit kabel habis barulah tembaga L dan N bertemu, dan membuat listrik mati hidup sendiri sampai mati total dan tidak dapat digunakan.


4. Perangkat Elektronik Rusak

Perabot elektronik rumah yang rusak dapat juga menjadi penyebab listrik mati hidup sendiri. Peralatan yang sudah tidak layak atau berumur bisa jadi adalah awal masalah mengapa listrik di dalam rumah hidup mati sendiri 

Di dalam sebuah rangkaian elektronik seperti televisi misalnya, terdapat modul DC yang rentan rusak jika sudah berumur atau terganggu oleh masalah dari luar seperti terkena air. Pemicu mengapa listrik hidup mati sendiri dapat di sebabkan oleh perangkat elektronik yang korslet.


Solusi terbaik adalah stop menggunakan alat elektronik yang dapat membuat listrik mati hidup sendiri. Karena jika tetap di gunakan, visa jadi kerusakan akan dapat menjalar ke seluruh instalasi rumah maupun perangkat elektronik lainnya.


5. PLN Sedang Dalam Gangguan / Dalam Perbaikan

Pada saat musim hujan, terkadang ada beberapa titik lokasi seperti di desa-desa terpencil mudah sekali terkena gangguan listrik PLN padam. Biasanya dikarenakan oleh pohon yang menimpa kabel listrik sehingga membuat aliran listrik terputus.

Namu sebelum listrik mati total, biasanya diawali dengan listrik yang masuk ke dalam rumah hidup mati sendiri sebelum mati total. Jika masalah seperti ini sering terjadi, kamu bisa menghubungi Kontak PLN 123 atau datang langsung ke kantor PLN terdekat.


Jika memang kamu memiliki basic anak teknik, mungkin bisa jadi kamu paham betul 5 penyebab mengapa listrik mati hidup sendiri, cara mengatasi masalah tersebut sangat mudah. Atau kamu juga dapat menghubungi teknisi listrik terdekat untuk segara melakukan perbaikan.

Post a Comment for "5 Penyebab Listrik Hidup Mati Sendiri Tapi Kwh Meteran Normal"