Arti L N Sakelar Stop Kontak Kabel Listrik

Arti L N Sakelar Stop Kontak Kabel Listrik

 Instalasi listrik pada umum nya menggunakan 3 kabel yaitu L adalah Line, N adalah Netral dan G adalah Grounding. Tiga penampang tunggal ini lah yang biasa kita manfaatkan sebagai penghantar arus listrik, biasanya konduktor arus listrik adalah inti tembaga tunggal maupun ulir.

Arti Warna Kabel Listrik Biru, Hitam, dan Kuning pada Stop Kontak AC

Arti Warna Kabel Listrik Biru, Hitam, dan Kuning pada Stop Kontak Dinding

Arti Warna Kabel Listrik Biru, Hitam, dan Kuning pada Stop Kontak Lantai

Di sini kami akan memberikan ulasan tentang pemahaman L N dan G Stop Kontak juga Sakelar. Kabel apa saja yang akan di gunakan menyesuaikan warna fungsi dan kegunaan. Saat ini masih banyak orang kebingungan, Warna kabel L N dan G, simak ulasan ini sampai selesai agar kamu paham.


Dalam pekerjaan instalasi listrik, jumlah kabel listrik yang digunakan antara 2 kabel sampai 3 kabel, tarikan kabel L N dan G bisa memanfaatkan sumber arus listrik dari MCB yang sudah di siapkan. 


Arti Kode L N dan G Kabel Listrik

Di bawah ini akan kami jelas kan apa itu arti kode kabel listrik, kode huruf di atas umum kita lihat di komponen - komponen di rumah kita sperti pada stop kontak, steker, komponen lampu dan perangkat elektronik lainnya.


Arti Kode Huruf L / Merah Hitam Coklat

Kode huruf L bisa di artikan juga Line utama berfungsi sebagai jalur input api listrik. Api listrik pada kabel arus bolak balik memiliki resiko sengatan jika bersentuhan langsung. Jadi sangat tidak di anjurkan menyentuh koneksi kabel L tanpa menggunakan alat pelindung diri.


Arti Kode Huruf N / Biru Abu-abu

Kode N merupakan Netral / Nol, kabel ini tidak akan mengeluarkan api listrik pada saat dua jalur kabel L dan N digunakan untuk mengalirkan arus listrik, namun juga tidak di anjurkan menyentuh langsung tanpa menggunakan alat pelindung diri. Meski tidak teraliri arus api, pada kasus tertentu kabel ini dapat juga terisi api listrik jika ada kerusakan seperti label L terputus.

Jasa Listrik Jakarta 24 Jam Berpengalaman Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Listrik Anda

Arti Kode Huruf G / Kuning

G yang berarti Grounding / Arde listrik, kabel ini identik dengan warna kabel Kuning, kode kabel G berguna untuk pembumian arus listrik, jadi pada saat ada kerusakan seperti terjadinya hubungan singkat, kabel Grounding akan bertugan membuang arus listrik yang akan membahayakan ke tanah yang sudah di ukur menggunakan alat khusus.

Perbedaan Kabel Telepon dan Kabel Listrik Fungsi, Struktur, dan Penggunaan

Perbedaan Kabel Penangkal Petir dan Kabel Listrik Mengenal Fungsi dan Konstruksi yang Berbeda

Perbedaan Kabel Data dan Kabel Listrik Mengenal Fungsi dan Karakteristik Keduanya

Perbedaan Antara Ground dan Netral Apa yang Harus Anda Ketahui

Mengenal L dan N pada Listrik Fungsi dan Perbedaannya

Tiga kode di atas dapat kita temukan di beberapa terminal komponen listrik, seperti stop kontak, lampu dan perangkat elektronik dalam rumah, dengan adanya ulasan di atas semoga dapat membantu kamu yang sedang kesulitan saat akan mengkoneksikan kabel listrik ke komponen elektronik, selalu gunakan peralatan SNI dan aman.

2 comments for "Arti L N Sakelar Stop Kontak Kabel Listrik"

Comment Author Avatar
Di desa saya sering ada orang ambil netral dari tanah, bukan dari Netral PLN, itu bagus atau tidak pak.. mohon pencerahannya..
Comment Author Avatar
Sangat tidak disarankan pak, resiko keruskan pada perangkat elektronik