Cara Instalasi Lampu Led Strip Plafon Gypsum

Cara Instalasi Lampu Led Strip Plafon Gypsum
Led Plafon Gypsum

 McbListrik.com - Lampu Led Strip adalah sebuah rangkaian elektronika chip SMD Led yang tersusun rapi, pada umumnya memiliki panjang 5 meter sampai 25 meter. Sering kita temukan terpasang pada neon box papan reklame, baground panggung dan plafon ruang utama rumah mapun ruang gedung khusus seperti kantor pertemuan.

Lampu Led Strip dapat memperindah tatanan cahaya sebuah ruangan, megah dan mewah, selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal. Hanya dengan modal 175.000 saja kamu sudah dapat memiliki instalasi lampu led strip di dalam rumah, sangat murah bukan?


Perbedaan Lampu Led Strip AC dan DC

Saat ini ada dua jenis lampu LED dipasaran, yaitu led strip tanpa trafo atau AC dan lampu led strip menggunakan konversi trafo / DC, lalu apa bedanya, simak ulasan berikut sampai selesai.


Lampu Led Strip Tanpa Adaptor AC/Arus Kuat

Lampu ini identik tanpa trafo atau adaptor, jadi sangat praktis, namun perlu pemahaman cukup agar dapat memasang lampu ini. Resiko pemasangan salah dapat meledakkan lampu hingga kerusakan, bahkan dalam kondisi tertentu juga dapat membahayakan seseorang. 


Kelebihan menggunakan lampu jenis ini adalah praktis kuat dan dapat bertahan lama jika pemasangan dilakukan dengan cara yang benar. Kekurangan lampu Led Strip tanpa trafo adalah mudah rusak jika pemasangannya tidak benar, jadi harus berhati - hati.


Lampu Led Strip Menggunakan Trafo DC/Arus Lemah

Trafo Dc
Trafo DC

Trafo DC adalah sebuah alat konversi yang dapat merubah arus listrik AC arus kuat ke arus lemah DC, dengan begitu lampu led strip dapat menyala. Untuk membedakan lampu yang digunakan adalah DC kamu bisa mengecek apakah ada label 12 V pada pita lampu, kode tersebut adapah indikator penting untuk membedakan LED 12 V dan LED 220 V.


Lampu jenis ini mudah dalam pemasangan, tidak seperti pampu bolam yang membutuhkan fitting, lampu downlight harus melubangi plafon dahulu. Jadi tidak ada ruginya jika kamu ingin menyiapkan perencanaan pemasangan instalasi lampu LED Strip didalam kamar tidur atau ruang tamu sekalipun.


Cara Pemasangan Lampu Led Strip Plafon

Langkah pertama adalah mempersiapkan bahan yang diperlukan yaitu lampu Led Strip, solder kecil, tang kombinasi, tang potong, skrup kecil dan tangga lipat. Pemasangan lampu led strip sangat mudah, tidak seperti pemasangan lampu downight maupun lampu TL Balast, jadi bisa kamu kerjakan sendiri.


Perapian dan Persiapan Lokasi Kerja

Setelah finising pekerjaan plafon, perlu sedikit perapian terlebih dahulu, drop ceiling pasti agak kotor. Tidak mungkin dalam keadaan ini pemasangan lamou led di lakukan, jika dipaksa hasil yang aoan didapatkan pasti kurang sempurna. Kamu dapat memanfaatkan kuas kecil, dan segera lakukan pembersihan terlebih dahulu secara bertahan memutari area drop ceiling tersebut.


Pemasangan Lampu Led Strip

Pemasangan lampu led strip dapat memanfaakan media perekat bawaan, lem atau menggunakan skrup kecil, namun tetap memiliki perbedaan kualitas. Jika kamu memggunakan perekat bawaan lampu led strip, pada kenyataannya tidak akan tahan lama, biasanya hanya 1 bulan sampai 2 bulan.


Lem perekat bawaan lampu led strip tidak terlalu bagus, solusi pertama kamu cukup menambahkan lem baru, atau mengunci pampu led dengan skrup kecil. Kami merekomendasikan pemasangan memakai skrup kecil 3 mm, lebih pasti aman dan kuat dengan cara mengunci kanan kiri lampu setiap 1 meter.


Perapian Pemasangan Lampu Led

Ada beberapa eksekutor yang tidak memikirkan kualitas pekerjaan, dalam kasus ini adalah kualitas pencahayaan lampu akan seperti apa dan bagaimana. Sering terjadi seseorang kurang peduli dengan kualitas pencahaya lampu led strip, jadi yang tadinya pengen bagus malah sebaliknya, berantakan.


Tips terbaik menentukan lokasi lampu led strip plafon adalah letakkan di pojok sudut depan drop ceiling, cahaya lampu yanh di dapat akan lebih kuat dan bagus. Jika kamu memilih meletakkan lampu di tengan atau dipojok belakang drop ceiling, kualitas cahay mungkin tidak akan sempurna seperti pemasangan lampu di pojom sudut depan drop ceiling.


Penyambungan Kabel Led Pln ke Trafo Dc

Sebenarnya ada jenis lampu led tanpa menggunakan trafo atau langsung sambung saja dengan kabel listrik pln, namun itu sangat membahayakan. Membutuhkan pemahaman khusus untuk mengerjakannya, lampu strip led tanpa travo menggunakan listrik langsung 220, jadi kalau terbalik dapat meledakkan lampu led tersebut.


langkah pasang kabel pampu led strip dc adalah cukup menggunakan alat sederhana yaitu obeng kembang kecil, tespen listrik, gunting cutter dan isolasi listrik jika diperlukan. Kupas kabel ujung lampu led antara 1 cm sampai 2 cm, selanjutnya kendorkan skrup konektor pada travo, ada 3 jenis konektor, L1 adalah Phase Ac 220, N adalah Netral atau nol.


Di dalam blok tersebut adalah input power listrik pln, yang selanjutnya di konversi menjadi arus DC dengan output kontak L1 12V, L2 12V, G/Grounding, N1/Netral 12V, N2 Netral 12V. Di dalam blok ini asalah kontak travo yang akan tersambung ke kabel lampu led strip, meski terbalik dan lampu padam, pada kondisi ini tidak akan ada masalah, cukup di balik antar kabel 1 dengan yang lain.


Penutup

Itu beberapa penjelasan cara menyambung kabel led strip diatas plafon mudah dan aman, jika kamu membutuhkan jasa pemasangan instalasi listrik, segera hubungi kami melalui kontak email dibawah situs ini. Layanan 24 jam dikerjakan oleh teknisi berpengalaman.

Post a Comment for "Cara Instalasi Lampu Led Strip Plafon Gypsum"