Cara Pasang Colokan Kabel Listrik Isi 2 (dua) dan 3 (tiga)

 

Colokan listrik
Colokan Listrik 2 Kabel

Mcblistrik.com - Kabel listrik adalah sebuah konduktor tembaga kuningan maupun putih digunakan untuk menghantarkan arus energi listrik. Arus listrik dari sumber penyedia PLN di alirkan melalui kabel listrik ke beban perangkat elektronik seperti televisi, maupun lampu-lampu penerangan.


Pada umumnya kabel listrik terpasang ke colokan listrik, colokan listrik adalah media perangkat yang memiliki fungsi menyambung arus energi listrik.


Kabel listrik dan colokan adalah dua media yang tidak dapat di pisahkan, kabel listrik konduktor penghantar dengan pengaman pvc dan colokan konektor. Saat ini banyak tokok listrik menyediakan 1 set colokan beserta stop kontak sesuai kebutuhan, ada yang 1 meter - 5 meter tanpa harus merakit sendiri.


Tapi tidak ada salahnya jika ingin merakit sendiri kabel ke colokan 2 kabel maupun 3 kabel tersebut, selain mudah juga bisa lebih menghemat keuangan. Di bawah ini kita akan membahas cara pemasangan stop kontak 2 kabel dan 3 kabel, cocok bagi kamu yang mungkin habis pindahan rumah atau kosan

Cara Pasang Colokan Listrik 2 (dua) Isi kabel

Colokan listrik 2 kabel menggunakan media penghantar 2 (dua) tembaga tunggal atau tembaga serabut seperti yang biasa terpakai di sekitar kita. Namun kami sangat menyarankan menggunakan tembaga tunggal agar lebih aman karena banyak problem yang sering terjadi jika menggunakan tembaga serabut.


Persiapkan beberapa bahan sebagai berikut: 2 kabel tembaga tunggal, cutter atau gunting potong, obeng kembang kecil, obeng kembang besar. 


Beberapa peralatan di atas mudah kamu temukan di toko material terdekat dari rumah, dan hargany sangat terjangkau, lebih hemat jika di bandingkan dengan colokan 1 set (set).


Langkah pertama, bongkar colokan listrik yang sudah kamu beli menggunakan obeng kecil, perhatikan beberapa material pendukung jangan sampai hilang. Selanjutnya kupas kabel tembaga tunggal berlapis pvc menggunakan cutter atau gunting, perkirakan panjang kupasan kulit kabel 1 cm sampai 2 cm sudah cukup.


Langkah berikutnya adalah memasang tembaga kabel yang sudah dikupas, pada sesi ini kamu bisa membuat lingkaran pancing atau mata ikan. Fungsi dari teknik ini adalah agar koneksi kabel ke baut kecil colokan kencang tidak mudah lepas, jadi aman meski colokan geser / tertarik saat pindah lokasi.


Langkah terakhir adalah mengembalikan cassing colokan seperti semula ketika sesi pemasangan kabel sudah selesai, pastikan kencang dan kuat. Jika sudah kamu bisa mengecek apakah pemasangan colokan berhasil dengan cara menancapkan ujung colokan ke stop kontak.

Cara Pasang Colokan Listrik 3 (tiga) Isi kabel

Hampir sama seperti pemasangan colokan 2 kabel, colokan 3 kabel memiliki satu kabel tambahan khusus yaitu grounding pembumian. Manfaat grounding arde itu sendiri adalah membumikan listrik liar seperti kebocoran arus kabel yang membahayakan dan mencegah kecelakaan korsleting listrik.


Jika kabel 1 Api listrik sedangkan kabel 2 Netral / Nol, selanjutnya kabel 3 adalah kabel grounding, 3 kabel di atas memiliki fungsi masing-masing. Untuk warna dasar Coklat / Hitam mewakili api listrik, Biru adalah Netral dan kabel kuning dapat di gunakan untuk grounding pembumian / Arde Grounding. Teknis pemasangan colokan isi 3 sama seperti pemasangan colokan isi 2 yang sudah dijelaskan pada sesi pertama, jadi tidak terlalu sulit. 

Post a Comment for "Cara Pasang Colokan Kabel Listrik Isi 2 (dua) dan 3 (tiga)"