Arti Warna Kabel Pompa Air 1 Phase

 Mcb Listrik - Kali ini kami akan memberikan penjelasan arti warna kabel pompa air 1 phase yang umum di gunakan dirumah kamu. Bagi yang sedang dalam perbaikan pompa air, awal mula pekerjaan yang harus diselesaikan adalah teknis pengkabelan.

Arti Warna Kabel Pompa Air 1 Phase
Warna Kabel Pompa Air

Biru Cokelat dan Kuning merupakan kabel utama yang ada pada unit mesin pompa air 1 phase, 3 kabel ini di fungsikan sebagai penghantar energi listrik dari sumber PLN ke Mesin Pompa Air. Lalu apa saja arti warna kabel pompa tersebut? lalu bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat tahap penyambungan?


3 Kode Warna Kabel Pompa Air

a. Warna Cokelat

Standar SNI kabel coklat pada pompa air 1 phase adalah digunakan untuk menghantarkan api listrik, atau kabel yang terisi sengatan. Kabel coklat pompa air 1 phase tersambung ke kabel warna cokelat sumber MCB atau kwh meter di rumah kamu. Pada saat penyambungan kabel ini wajib instalasi listrik ke pompa air dapam ke adaan padam, kecuali kamu merupakan teknisi yang sudah berpengalaman.

b. Warna Biru

Standar SNI kabel Neral atau 0 adalah kabel warna biru dalam instalasi kelistrikan rumah maupun mesin, jadi warna biru kabel pompa di sini digunakan untuk Netral pompa dan netral sumber PLN. Ketika penyambungan kabel, warna biru pompa tersambung ke kabel warna biru sumber PLN.

c. Kabel Warna Kuning

Kuning merupakan kabel grounding / arde, kabel ini digunakan untuk membuang listrik liar yang ada di area body mesin pompa. Manfaat utama adalah dapat membuat unit mesin pompa menjadi awet, namum arde juga dapat membuat menghindarkan kita dari sengatan atau kecelakaan listrik. Pemasangan atau penyambungan antar kabel grounding adalah sebagai berikut, kabel kuning pompa tersambung ke kabel kuning sumber PLN. 


Penerapan pemasangan kabel pompa sangatlah mudah, akan tetapi ada hal penting yang harus diperhatikan, yaitu instalasi rumah saat itu juga. Apakah mengikuti sni, karena sni warna kabel pompa air dan sni instalasi listrik rumah yang di terapkan berbeda. Jika dalam pemasangan kabel pompa dalam kesulitan, kamu dapat menggunakan jasa instalasi listrik terdekat disekitar kamu.

Post a Comment for "Arti Warna Kabel Pompa Air 1 Phase"