Cara Mengatasi Voltase Listrik Naik Turun Pada Rumah

 Mcb Listrik - Listrik adalah sumber kehidupan, dengan adanya listrik kamu dapat melakukan banyak hal, belajar, bermain, hingga bekerja. Bagaimana jadinya jika kita hidup tanpa ada listrik, segala pekerjaan terasa sangat sulit, gelap, terlambat, bahkan sering kali kegagalan datang. Di balik sebegitu manfaatnya listrik, tetap saja tidak mungkin selamanya aliran listrik dapat bekerja normal.

Cara Mengatasi Voltase Listrik Naik Turun Pada Rumah

Masalah kerusakan yang umum terjadi disekitar kita adalah Voltase Listrik Naik Turun / Arus Tegangan tidak stabil. Jarang sekali pengguna listrik PLN yang peduli dengan permasalahan ini, memang sepertinya masalah kecil, namun resiko yang akan didapatkan bukan kecil lagi di masa depan. 


Penyebab listrik PLN Naik Turun Voltase Tidak Stabil dan Solusinya

1. Beban Listrik Tidak Seimbang

Ada istilah grouping dalam pekerjaan instalasi listrik gedung maupun rumah tinggal. Grouping adalah sebuah sistem yang dapat membagi beberapa group jalur listrik agar dapat menyesuaikan kebutuhan.


Termasuk untuk menjaga Voltase yang di sediakan PLN, meski dari sumber PLN voltase normal, tapi jika instalasi grouping didalam rumah bermasalah tentu akan dapat membuat tegangan naik turun.


Solusi dari masalah ini adalah, segera hubungi teknisi listrik jika masalah ada setelah KWH, namun jika sebelum kwh meter wajib menggunakan jasa perbaikan PLN gratis tanpa di pungut biaya.


2. Instalasi Listrik Tidak Layak

Kasus yang sering terjadi adalah hasil instalasi tidak standar, mulai dari sistem gambar, pelaksanaan, material sampai teknis pemasangan. Jika modal awal sudah minus tenaga maupun persiapan, tentu saja hasil yang akan didapatkan tidak baik, seperti instalasi tidak layak pakai.


Tanda tanda instalasi tidak layak dan dapat membuat tegangan naik turun adalah sambungan kabel kendor tidak kencang. Ini bukan masalah sepele lagi, ini bisa dikategorikan problem serius yang dapat merugikan secara fisik bahkan material dimasa depan.


Membiarkan voltase listrik tidak stabil, sama halnya dengan membiarkan bom waktu di dalam rumah, dampak kerugian akan terlihat pada perangkat elektronik yang mudah rusak hingga ada suara percikan listrik yang beresiko kebakaran.


3. Terlalu Banyak Mesin Dan Perangkat Elektronik

Kurangi peralatan yang dapat memakan terlalu banyak voltase PLN, contoh adalah pompa air, pendingin ruangan, mesin gerinda, dan mesin motor lainnya.


Contoh kasus rumah kamu memiliki daya kwh 450 watt, dan di dalam rumah terdapat 1 lampu LED 30 Watt menyala, dibarengi dengan mesin potong kayu 300 400 watt.


Dari besar nilai pemakaian daya diatas terlihat jika mesin pemotong kayu hidup bersamaan dapat membuat Voltase listrik turun ditandai dengan lampu Led redup terang.


Jadi segera kurangi penggunaan mesin / motor listrik yang kiranya dapat memakan Voltase listrik lebih besar seperti pompa air, pendingin ruangan, mesin potong kayu dan masih banyak lagi.


Meski sepele, kerugian yang akan paling dirasakan ketika voltase naik turun adalah perangkat elektronik sering rusak atau tidak akan bertahan lama. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah voltase listrik turun adalah melemahnya putaran kipas angin, atau lampu redup terang sendiri pada saat lilitan motor berdaya besar dinyalakan.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Voltase Listrik Naik Turun Pada Rumah"