Kebakaran Listrik Pada Rumah Penyebab dan Solusinya

Kebakaran Listrik Pada Rumah Penyebab dan Solusinya
Stop Kontak Menumpuk

 McbListrik.com - Musibah kebakaran sering terjadi disekitar kita, salah satu penyebabnya adalah faktor korsleting listrik atau kerusakan instalasi listrik.

Umum kita ketahui kebakaran listrik memang terjadi karena korsleting antar kabel L dan N atau konduktor kabel L maupun N menempel body.


Disini kami akan membahas penyebab kebakaran yang diakibatkan oleh instalasi listrik rumah maupun gedung, simak ulasan berikut ini sampai selesai.


Bagi kamu yang ingin membangun rumah tinggal, tentu wajib memperhatikan keselamatan instalasi listrik untuk jangka panjang maupun pendek.


Mengingat saat ini banyak sekali media yang memberitakan musibah kebakaran listrik hingga merugikan si pemilik rumah sampai ada korban jiwa.


Berikut ini penyebab kebakaran karena listrik dan solusinya:


1. Instalasi Kabel Listrik Tanpa Pipa Listrik

Kebakaran Listrik Pada Rumah Penyebab dan Solusinya
Instalasi Tanpa Pipa

Instilah pipa listrik atau conduit dalam jaringan listrik merupakan material pendukung yang wajib dipakai untuk isolasi kabel bertegangan tinggi. Jika kamu sedang membangun rumah beserta instalasi listrik didalamnya, pipa conduit adalah material penting dan wajib digunakan sebagai pelindung.


Pipa listrik adalah solusi terbaik untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, selain lentur dan ringan, pipa conduit listrik tidak akan terbakar jika insiden korsleting antar kabel terjadi. Memang sedikit memelukan biaya, namun estimasi pembuatan akan lebih kecil jika dibandingkan dengan service dimasa mendatang.


2. Sambungan Kabel Tidak Kencang

Kebakaran Listrik Pada Rumah Penyebab dan Solusinya
Sambungan Kabel Ngepong

Jangan menyepelekan sambungan kabel listrik, pluntiran kabel kurang kencang juga dapat memicu terjadinya kebakaran listrik yang diawali dengan korsleting. Maka dari itu perlu juga memperhatikan kualitas teknisi pada saat akan membangun jaringan instalasi listrik dirumah baru kamu.


Solusi terbaik dari poin ke dua adalah gunakan jasa kontraktor maupun teknisi terbaik untuk menghindari kualitas sambungan kurang berkualitas. Gunakan jasa teknisi bersertifikat jaringan instalasi gedung dan rumah, dari sini kamu akan bisa memiliki rumah dengan instalasi listrik aman dan tidak mudah terbakar.


3. Terlalu Banyak Menumpuk Steker / Colokan Listrik

Bagi mereka yang tidak mengerti, praktek menumpuk colokan listrik 5 lebih dalam 1 lubang akan dapat membuat memicu kebakaran listrik nantinya. 


Karena ini sudah sering terjadi disekitar kita, tembaga stop kontak tidak mampu menopang beban terlalu besar, sehingga terjadilah kebakaran akibat listrik.


Solusi terbaik adalah menghindari penggunaan stop kontak lebih dari 2 colokan agar tidak memicu terjadinya korsleting listrik hingga kebakaran.


4. Material Kurang Berkualitas

Perangkat elektronik pada umumnya akan rusak pada saat masa pemakaian sudah habis, faktor ini dapat memicu insiden kerusakan hingga kebakaran listrik.


Cara terbaik adalah selalu memperhatikan kesehatan alat-alat elektronik tersebut, segera sisihkan jika ada peralatan yang mingkin saja dicurigai asa indikasi kerusakan.


Itu lah beberapa penjelasan kenapa kebakaran listrik sering terjadi disekitar kita, mulai dari kebakaran kecil hingga besar.


Kurangnya pemahaman tentang prosedur pemasangan listrik seseorang, tentu akan menjadi masalah besar, karena bisa jadi ada pihak tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal tersebut.

Post a Comment for "Kebakaran Listrik Pada Rumah Penyebab dan Solusinya"