Kode N dan L Lampu Led Strip Pita 220V dan 12V

 

Kode N dan L Lampu Led Strip Pita 220V dan 12V
Lampu Led Strip

Ada dua jenis lampu LED yang umum saat ini, yaitu lampu LED Ac 220 dan 12 V, semuanya bisa di manfaatkan untuk mempercantik ruangan rumah kamu.


Ada pun beberapa kamar yang cocok terpasang lampu LED adalah: ruang tamu, kamar tidur dan teras rumah.


Melalui ulasan berikut ini kamu akan mendapatkan penjelasan tentang arti kode L dan N Gpada lampu LED yang masih membuat kamu bingung.


Meski terlihat mudah, namun pemasangan pampu jenis LED wajib berhati-hati karena bisa memicu kerusakan fatal.


Di bawah ini adalah pemahaman arti kode huruf L N dan G lampu LED.


1. Kode Huruf L Lampu Led

L adalah Line utama, yang berarti jalur tembaga kabel yang di aliri api listrik ,huruf L kabel biasanya menggunakan kode warna kabel Merah / Cokelat / Hitam.


2. Kode Huruf N Lampu Led

N atau Netral merupakan 0/nol listrik, netral kabel menggunakan kode warna Biru / Abu-abu, konduktor kabel ini tidak teraliri listrik. Namun jika pemasangan instalasi benar dan Netral kabel terisi api listrik, bisa dipastikan instalasi bermasalah dan haru diperbaiki.


3. Kode Huruf G lampu Led

G adalah Erde atau grounding, kabel grounding identik dengan warna kuning polos dan kuning bergaris dalam listrik 1 phase. Fungsi dari kabel tersebut adalah untuk menetralisir listrik liar yang akan dibuang ke tanah sehingga lampu LED tidak mudah rusak.


Setelah kamu tahu arti Tiga warna kabel Lmpu LED saatnya masuk ke teknis pemasangan kabel ke Lampu LED 220V mapun 12VAC.


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memasang lampu led 220V adalah mempersiapkan material utama yaitu Lampu led pita 220V.

Kode N dan L Lampu Led Strip Pita 220V dan 12V
Led Strip Merah

Dengan catatan instalasi power sudah siap, 1 pasang kabel L dan N yang sudah terkoneksi dengan sumber listrik 220V.


Seperti yang sudah di jelaskan diatas, jika instalasi terpasang dengan benar, L kabel adalah hitam/cokelat/merah dan N kabel adalah Biru/Abu-abu.


Lampu LED 220V memiliki balast kecil yang juga ada kode L dan N yang nantinya terkoneksi dengan sumber listrik dari PLN.


Namun tetap harus waspada, karena lampu LED 220V mudah rusak jika salah dalam pemasangan seperti terbalik atau sambungan terkena body gedung.


Jika kamu menemukan kabel dengan kode L di lampu Led 220V itu tandanya adalah Line yang wajib terkoneksi ke kabel Line sumber PLN.


Sedangkan untuk kode kabel N / Netral merupakan Nol Netral kabel yang wajib tersambung dengan Netral kabel dari sumber PLN.


Selanjutnya adalah cara pemasangan lampu led 12V


Persiapkan dahulu material yang dibutuhkan, 1. Lampu led pita 12V. 2. Balast lampu 12V sesuai kebutuhan 3. Isolasi listrik jika dibutuhkan. Adapun peralatan adalah, obeng kecil, tang potong, tang kombinasi, dan tespen listrik alat tes listrik.


Di sini wajib instalasi sudah terpasang dengan benar, termasuk sumber listrik utama dari PLN yaitu Line Netral dan Grounding pembumian. Meski pemasangan lampu LED 12V tidak terlalu beresiko seperti 220V, akan lebih baik dan aman jika mengikuti prosedur SOP pemasangan listrik.


1. Pemasangan N Lampu Led ke N Sumber Listrik

Kamu dapat menggunakan obeng kecil untuk megendorkan baut kecil pada balast lampu LED, jangan sampai lepas karena dapat memisahkan tembaga pengunci kabel nantinya. Kode N balast disambung dengan kabel N sumber listrik dengan cara memasukkan kanel ke konektor lalu dikencangkan.


2. Pemasangan L Lampu Led ke L Sumber Listrik

Perhatian, pemasangan line kabel L harus dalam keadaan listrik padam dari sumber, selain akan menghambat pemasangan, juga dapat membahayakan. Sama seperti point 1, kendorkan konektor balast, lalu sambungkan L dari sumber listrik, ke L konektor balas lalu dikencangkan.


3. Pemasangan G Lampu Led ke G Sumber Listrik

Konektor balas 12V lampu LED biasanya ada di tengah-tengan antara L dan N balast, dan terlihat kode huruf G diatasnya jadi tidak perlu bingung. Instalasi pemasangan sama seperti point 1 dan 2 sangat mudah dan bisa dikerjakan sendiri tanpa teknisi listrik.


Itulah ulasan mengenai arti kode huruf L N dan G pada Lampu LED, semoga dapat memberikan pencerahan bagi kamu yang sedang kebingungan. Jika kamu masih belum menemukan solusi, kontak kami melalui halaman pesan di bawah situs ini.

Post a Comment for "Kode N dan L Lampu Led Strip Pita 220V dan 12V"