Listrik Mati Hidup Sendiri Tapi Meteran Nyala Normal

Listrik Mati Hidup Sendiri Tapi Meteran Nyala Normal
Listrik Hidup Mati Sendiri

 Mcblistrik.com - Banyak masalah kelistrikan yang sering terjadi, salah satunya adalah listrik hidup mati sendiri padahal kwh meter normal. Ini adalah masalah besar, mengingat listrik merupakan kebutuhan pokok, maka harus cepat teratasi sedini mungkin. 

Masalah listrik mati sendiri umum terjadi disekitar kita, dalam instalasi listrik rumah, villa, gedung bertingkat dan instalasi sarana dan prasarana umum. Mungkin saat ini kamu sedang menghadapai masalah ini, yaitu listrik mati hidup sendiri tanpa ada masalah pada jalur utama meteran rumah.


Pada ulasan berikut ini, kami akan menjelaskan penyebab listrik mati hidup sendiri dan solusinya secara detile dan jelas agar masalah segera teratasi. Penyebab listrik hidup mati sendiri adalah sebagai berikut:


1. Kabel Listrik Tertanam Tidak Menggunakan Pipa Listrik

Banyak teknisi yang tidak memperhatikan sop kerja dengan benar, poin pertama bisa saja menjadi salah satu penyebab mengapa listrik mati hidup sendiri. 


Dalam dunia kelistrikan, pipa listrik/conduit merupakan material penting, sebagai pelindung kabel listrik yang umumnya tertanam ditembok rumah. 


Kabel listrik tertanam dan tidak menggunakan pipa pelindung, akan dapat mudah terbakar atau korslet, dari sini listrik hidup mati sendiri sudah akan terlihat.


Kabel itu sendiri kurang mendapatkan suhu cukup, sehingga menyebabkan 2 konduktor kabel L dan N menempel di awali dengan panas. 


Selanjutnya kulit kabel meleh dan selanutnya terbakar, ini akan berlangsung secara bertahap hingga pada akhirnya jalur instalasi padam total listrik mati hidup sendiri.


2. Elektronik Rusak

Hampir setiap rumah memiliki alat elektronik, seperti tv, dvd, komputer, kulkas, ac, hp, charger hp, penanak nadi, lampu led, led pita dan masih banyak lagi. 


Wajib waspada jika rumah kamu memiliki perangkat elektronik sebanyak itu, karena bisa jadi penyebab listrik mati hidup sendiri didalam rumah.


Jika ranah kerusakan listrik mati hidup sendiri penyebab nya adalah perangkat elektronik, maka sebaiknya segera hubungi tukang service terdekat.


Proses kerusakan listrik mati poin ke dua hampir sama dengan poin satu, yaitu kabel meleleh atau komponen elektronik sudah tidak bagus. Ini akan akan dapat menyebabkan kerusakan listrik mati hidup sendiri dan lanjut ke instalasi listrik mati total tidak dapat digunakan lagi.


Dua masalah diatas adalah masalah umum terjadi, berikut solusi listrik hidup mati sendiri.


1. Hindari Instalasi Kabel Tertanam Tanpa Pipa Conduit

Instalasi listrik wajib menggunakan pipa pelindung, yaitu pipa conduit listrik, meski instalasi tidak tertanam, tetap wajib memakai pipa pelindung. Banyak manfaat yang akan didapatkan salah satunya adalah meminimalisir korsleting listrik jika terjadi beban berlebih. Meski tertanam didalam cor tembok, resiko kabel terbakar akan lebih kecil, maka listrik mati hidup sendiri didalam rumah tidak akan terjadi.


2. Gunakan Perangkat Elektronik Berkualitas

Saat ini banyak perangkat elektronik kuran baik atau tidak berkualitas dijual bebas, meski murah, elektronik ini bisa membuat onar instalasi rumah kita. Solusi jika perangkat elektronik adalah penyebab masalahnya, maka kamu wajib rutin melakukan service berkala.


Sekian dari kami, itulah beberapa penyebab mengapa istalasi listrik mati hidup sendiri dan solusinya, jika kamu membutuhkan jasa service instalasi listrik segera huhungi kami melalui kontak email.

Post a Comment for "Listrik Mati Hidup Sendiri Tapi Meteran Nyala Normal"