5 Diagram Instalasi Sakelar Lampu Penerangan

 Mcb Listrik - Sakelar adalah komponen listrik untuk memutus arus listrik atau untuk menghubungkannya. Dengan bantuan sakelar kamu tidak akan merasa kesulitan pada saat akan menyalakan maupun memadamkan lampu penerangan.


5 Diagram Saklar Instalasi Listrik Lengkap
Sakelar Tunggal Bright - G

Berbeda ketika kamu menyalakan lampu tanpa saklar, kontak langsung dengan kabel misalnya, tentu saja ini akan membahayakan.


Ada banyak jenis saklar yahg dapat kamu gunakan dalam jaringan listrik arus kuat maupun arus lemah sesuai kebutuhan sistem listrik yang akan dibuat. Disini kami akan menjalaskan diagram saklar yang umum digunakan dalam jaringan instalasi listrik rumahan maupun gedung.


1. Diagram Sakelar Tunggal

Saklar Tunggal | SimuRelay

Gambar pertama adalah diagram saklar tunggal, jika seseorang membuat sistem saklar ini, bisa dipastikan seseorang hanya akan menyalakan satu lampu menggunakan satu sakelar tunggal atau satu. Jika kita amati gambar Sakelar di atas L1 adalah setrum dan N merupakan Netral PLN. S2 Sakelar Tunggal dan H1 adalah Lampu penerangan. 


Cara Instalasi Sakelar tunggal adalah sebagai berikut. Kabel L1 PLN adalah power utama yang terhubung ke income sakelar, output setrum langsung tersambung ke lampu, indikator gambar kabel ditandai dengan warna cokelat atau merah. Untuk kanel Netral (0) PLN langsung terhubung ke lampu tanpa terkoneksi ke komponen apapun. Ini adalah skema pemasangan sakelar tunggal yang benar, jangan sampai terbalik karena jika terbalik bisa membahayakan pada saat perbaikan.


2. Diagram Sakelar Seri

5 Diagram Saklar Instalasi Listrik Lengkap
Sakelar Seri Off | SimuRelay

Sakelar seri adalah sebuah sistem kelistrikan yang umum digunakan dalam jaringan instalasi listrik. Cara kerja sakelar ini adalah dapat menyalakan lampu maupun memadamkan menggunakan dua sakelar berbeda dan dua lampu berbeda pula, jadi satu sakelar satu lampu. 


Jika sakelar satu dinyalakan, maka lampu satu menyala, lampu ke dua tidak akan ikut menyala, sebaliknya jika sakelar dua di nyalakan lampu ke dua juga akan ikut menyala tanpa memadamkan lampu satu dan jika lampu satu dipadamkan lampu dua tidak akan ikut padam, begitu juga lampu dua jika dipadamkan lampu satu tidak akan menyala atau padam.


5 Diagram Saklar Instalasi Listrik Lengkap
Sakelar Seri Satu | SimuRelay

Pada gambar sakelar seri satu dapat kita lihat perbedaan nyala lampu, pada saat sakelar satu di nyalakan, lampu satu menyala dan lampu dua tetap dalam keadaan padam.

5 Diagram Saklar Instalasi Listrik Lengkap
Sakelar Seri dua | SimuRelay

Berbeda dengan gambar saklar seri dua, pada saat sakelar dua dihubungkan lampu dua akan menyala dan lampu saklar satu akan tetap padam tanpa ada aliran listrik ke lampu yang dapat menyalakan lampu penerangan.


5 Diagram Saklar Instalasi Listrik Lengkap
Sakelar Seri Tiga | Simurelay

Gambar terakhir adalah diagram sakelar seri dua saklera menyalakan lampu bersamaan, meski ke duanya menyala, tetap saja sesuai sistem yang dibuat seri, pada saat lampu satu maupun lampu dua dipadamkan, tidak akan mempengaruhi jalur lainnya, contoh pada saat sakelar satu diputus, maka sakelar dua tidak akan ikut serta terputus.


3. Diagram Sakelar Triple

Diagram Saklar Triple
Diagram Sakelar Triple | SimuRelay

Skema diagram sakelar triple hampir sama dengan sakelar seri double, yaitu pada saat saklar satu input strum dan output tersambung ke lampu penerangan, sakelar dua dan tiga tidak akan ikut serta menyala. 


Diagram Saklar Triple
Sakelar Triple | SimuRelay

Sama halnya ketika sakelar tiga dan sati dinyalakan dalam sistem seri lampu, sakelar dua tidak akan menyalakam lampu, kecuali sakelar dua juga ikut serta dinyalakan. Jika kamu sudah paham dengan sitem sakelar seri pada point 1, maka untuk memahamai diagram instalasi sakelar triple akan sangat mudah.


4. Diagram Sakelar Tukar

5 Diagram Sakelar Lampu Penerangan
Sakelar Tukar | SimuRelay

Sakelar tukar juga biasa disebut dengan sakelar tangga maupun sakelar hotel, karena sistem ini sangat bermanfaat saat digunakan dalam lingkup area bangunan tangga maupun kamar hotel dan apartemen. Cara kerja sakelar tukar adalah dapat mengontrol satu lampu mengunakan dua sakelar dari tempat berbeda.



5 Diagram Instalasi Sakelar Lampu Penerangan
Sakelar Tangga | SimuRelay

Diagram gambar di atas adalah gambar saklar tukar dalam keadaan lampu menyala atau sakelar dalam keadaan listrik terhubung ke lampu.


Pada posisi ini kamu dapat memutus arus dari sakelar manapun satu maupun dua, jika sistem ini terpasang pada instalasi tangga, maka sakelar satu terpasang di area lantai satu dan sakelar dua terpasang di area lantai dua. 


Pada saat seseorang akan naik ke lantai dua pada malam hari tanpa ada penerangan, tentu saja ini akan dapat membahayakan karena tangga naik dalam ke adaan gelap. 


Tidak mungkin juga sakelar lampu hanya satu terpasang di bawah, atau satu terpasang di atas. Solusi terbaik adalah menggunakan instalasi sakelar tukar, karena dapat memudahkan seseorang memadamkan maupun menyalakan lampu penerangan dari tempat berbeda. 


Contoh pada saat kamu akan naik ke lantai dua dan lampu tangga dalam keadaan padam, kamu dapat menyalakan lampu dari sakelar tukar yang terpasang di lantai satu. 


Selanjutnya kamu menaiki tangga ke lantai dua dalam ke adaan lampu menyala, setelah itu kamu dapat memadamkan lampu dari sakelar yang terpasang di lantai dua, sangat tidak mungkin dalam keadaan tersebut seseorang akan kembali lagi ke lantai satu untuk memadamkan lampu, jadi sistem sakelar tukar adalah solusi terbaik untuk mempermudah penerangan di area tangga maupun akses penerangan koridor.



5 Diagram Sakelar Lampu Penerangan
Diagram Sakelar Hotel | SimuRelay

Sama menguntungkannya jika sistem sakelar tukar terpasang pasa instalasi kamar hotel, sakelar ini akan dapat memudahkan pengguna kamar untuk akses menyalakan dan memadamkan lampu penerangan utama. 


Pada saat penghuni kamar memasuki utama, biasanya asa satu sakelar tukar terpasang untuk menyalakan maupun memadamkan lampu penerangan, dan sakelar tukar ke dua terdapat di sebelah bed tempat tidur. 


Jadi pada saat masuk lampu dinyalakan dari sakelar pertama dan lampu dapat dipadamkan dari sakelar samping tempat tidur tanpa harus kembali ke sakelar pertama.


5. Diagram Sakelar Intermediate

5 Diagram Instalasi Sakelar Lampu Penerangan
Sakelar Intermediate | SimuRelay

Sakelar Intermediate adalah sebuah saklar yang dapat mengontrol lampu dari banyak tempat atau tak terbatas. Jadi jika kamu ingin menyalakan satu lampu dari 10 tempat berbeda, kamu dapat memanfaatkan sakelar ini. Sakelar intermediate hampir sama seperti sakelar tangga atau hotel.


5 Diagram Instalasi Sakelar Lampu Penerangan
Saklar Intermediate | SimuRelay

Contoh Diagram diatas kami menggunakan tiga sakelar untuk mengontrol satu lampu, contoh kasus kami ingin memasang tiga titik sakelar yaitu di samping pintu gerbang utama, sakelar ke dua dari dalam rumah dan sakelar ke tiga dari taman, lalu titik lampu terpasang ditengah-tengah area tama pintu masuk halaman rumah. 


Ini adalah contoh pemasangan titik instalasi sakelar intermediate, pada saat seseorang masuk dari pintu gerbang utama, lampu dinyalakan, lalu orang tersebut sampai ke dalam rumah, karena sudah tidak terpakai, lampu dipadamkan dari sakelelar yang ada didalam rumah.


Atau pada saat si pemilik rumah sedang asik duduk ditaman sampai sore hari, lampu halaman dinyalakan melalui sakelar intermediate yang terpasang diarea taman tanpa harus ke sakelar dekat gerbang masuk atau di dalam rumah.


Penutup

Sebenarnya masih banyak sekali komponen kontrol sakelar yang dapat kamu manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan, mulai dari mempermudah pekerjaan, menghemat waktu sampai menghemat listrik. Contoh mudah adalah manfaat sakelar tangga atau hotel, jika kamu menggunakan sakelar tungga untuk kontrol lampu tangga, sangat tidak mungkin jika lampi tersebut akan pada dimalam hari, tentu ini akan dapat membuat listrik dirumah mu boros, karena setelah lampu di nyalakan dari lantai satu menggunakan sakelar tunggal, dari lantai 2 kami tidak dapat memadamkan lampu tangga tersebut, atau harus kembai ke lantai satu untuk memadamkan lampu, lalu kembali lagi ke lantai dua dalam keadaan tangga gelap. Jadi amat sangat bermanfaat jika kamu mau memikirikan dan mengusahakan sebuah sistem jaringan listrik dirumah mu agar lebih mudah. Sekian dari kami Mcb Listrik, Bagi kamu yang membutuhkan jasa instalasi listrik, segera hubungi melalui kotak pesan dibawah situs.

Post a Comment for "5 Diagram Instalasi Sakelar Lampu Penerangan"