6 Cara Ampuh Hemat Listrik Tanpa Alat Khusus

 

6 Cara Ampuh Hemat Listrik Tanpa Alat Khusus
Hemat Energy

Token listrik cepat habis memang menyebalkan, baru isi satu minggu yang lalu sudah habis, ini adalah problem serius yang harus segera diselesaikan. 


Kebanyakan orang tidak peduli dengan yang namanya hemat listrik, padalah tanpa kita sadari banyak manfaat yang akan dirasakan jika disiplin hemat energi listrik setiap harinya.


Listrik merupakan kebutuhan pokok, meski kita dapat hidup tanpa listrik, setidaknya dapat mempermudah kita dalam banyak hal.


Dalam keadaan santai kita butuh listrik, belajar butuh yang namanya listrik bahkan untuk urusan pekerjaan pun manusia membutuhkan energi listrik. 


Akan tetapi problem listrik boros selalu menjadi momok mengerikan bagi kita, perlahan tanpa disadari dapat membuat kantong kering setiap bulannya.


Di bawah kami akan menjelaskan bagaimana cara hemat listrik mudah tanpa alat khusus tanpa biaya, cukup dengan disiplin sederhana, mengurangi kebiasaan buruk sudah dapat menghemat listrik setiap harinya.


1. Pastikan Instalasi Bagus

Instalasi kurang baik dapat mempengaruhi naik turunnya pemakaian token listrik, seperti sambungan kabel kurang kencang dan terlalu rumit tidak mementingkan kualitas.


Masalah ini sering terjadi pada rumah atau gedung yang memang sedari awal kurang memperhatikan kualitas, resiko pertama yang akan didapat adalah listrik boros.


2. Gunakan Lampu Seperlunya

Lampu penerangan memiliki peranan penting dalam sebuah bangunan, yaitu untuk menerangi ruangan gelap atau memberikan pencahayaan lebih untuk beraktifitas.


Mayoritas orang kurang peduli dengan lampu menyala, terkadang orang mudah membiarkan pampu hidup tanpa memperhatikan fungsi, jadi jika lampu sudah tidak digunakan, ada baiknya segera dimatikan untuk menghemat pemakaian listrik.


3. Gunakan Peralatan Elektronik Seperlunya

Selain lampu, orang terkadang juga kurang peduli dengan alat elektronik, seperti televisi, kulkas, radio dan komputer.


Sering kita temui disekitar televisi menyala tanpa ada yang menggunakan atau komputer dibiarkan On berhari hari entah untuk apa, dari perkara kecil inilah dampak buruk mengapa listrik rumah bisa boros.


4. Gunakan Ukuran Kabel Listrik Sesuai Kebutuhan Arus

Ada istilah rugi-rugi daya dalam perhitungan jaringan instalasi listrik, perlu teliti sebelum melakukan pembangunan jaringan instalasi listrik.


Penggunaan ukuran kabel yang terlalu besar dapat membuat listrik boros, dan jika terlalu kecil pun juga dapat beresiko kerusakan hingga musibah kebakaran.


Jadi ada baiknya memperhitungkan total beban terlebih dahulu sebelum membeli material kabel, jika kamu tidak ada basic dalam hal ini, segera cari teknisi untuk minta bantuan agar masalah teratasi.


5. Selalu Perhatikan Kesehatan Mesin di Dalam rumah

Mesin dalam hal ini adalah seperti pompa air, pendingin ruangan dan semua peralatan yang memafaatkan motor listrik.


Contoh mudah adalah pompa air, jika pompa air rusak, putran dinamo pompa berat, ini akan dapat membuat pemakaian listrik meningkat, karena ini bukan titik normal jadi mau tidak mau kamu harus membayar pemakaian listrik pompa tersebut, solusi dari masalah ini adalah segera cari tukang service.


6. Disiplin Menggunakan Lampu

Dan yang terakhir adalah hemat dari hal kecil, yaitu disiplin menggunakan energi listrik.


Cara ini bisa kamu praktikkan didalam rumah, selalu menyerukan disiplin hemat kepada semua penghuni maupun pengunjung rumah.


Kamu dapat memasang setiker hemat listrik disetiap sakelar, stop kontak dan perangkat elektronik didalam rumah. Cara ini murah meriah, tanpa mengeluarkan biaya kamu sudah dapat hemat listrik. 


Kamu dan tim telah mempraktik kan cara ini diarea kantor keluarga san lingkungan sekitar, sangat manjur untuk mempengaruhi seseorang agar disiplin menggunakan energi listrik.


Itu lah 6 cara hemat listrik paling ampuh tanpa menggunakan peralatan khusus, kamu dapat merekomendasikan 6 cara diatas kepada teman, kerabat dan keluarga. 


Saat ini banyak sekali peralatan dijual dengan modus dapat menghemat listrik, tapi pada kenyataannya tidak sama sekali. Penggunaan listrik sama, pemakaian token juga tetap sama, jadi dari sini kami ingatkan jangan tertipu dengan orang yang menawarkan peralatan untuk hemat listrik. 


Cukup menerapkan 6 cara diatas, kamu sudah dapat menghemat pemakaian listrik setiap harinya tanpa menggunakan peralatan khusus.

Post a Comment for "6 Cara Ampuh Hemat Listrik Tanpa Alat Khusus"