Cara Cek Kabel Listrik Putus Di Tengah

 Mcb Listrik - Sering kali masalah terjadi pada instalasi listrik gedung maupun rumah, yaitu jaringan kabel listrik terputus ditengah tidak terlihat oleh mata.

Ini adalah masalah serius yang harus segera ditangani agar tidak mengganggu kamu yang sedang melakukan sesuatu dan memanfaatkan listrik.


Problem seperti ini sering terjadi disekitar kita dan tak banyak pemilik maupun teknisi kebingungan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.


Saat sedang serius belajar tiba tiba lampu kedip beberapa kali lalu padam, atau saat sedang menyalakan gerinda tak lama mesin mati atau Off.


Pegertian Kabel Listrik

Kabel listrik adalah sebuah media yang digunakan untuk menghantarkan arus listrik dari sumber ke beban pemakaian seperti lampu dan alat elektronik. 


Dalam jaringan listrik gedung, kabel yang umum digunakan adalah NYM 3×2.5 mm belapis upcv kabel yang dapat melindungi tembaga kabel utama dari gangguan alam, hewan dan dapat menghindarkan bayaha ketika terkena manusia.


Jaringan instalasi listrik gedung sangat tidak dianjurkan menggunakan kabel tembaga serabut, karena akan dapat membahayakan penghuni nantinya.


Maka dari itu SNI kabel yang umum dan sangat di rekomendasikan adalah NYM NYA dan NYY, tiga jenis kabel ini sangat layak di fungsikan pada instalasi listrik gedung maupun rumah.


4 Penyebab Kabel Listrik Terputus di Tengah

Cara Cek Kabel Listrik Putus Di Tengah

1. Beban Listrik Terlalu Besar

Ketika kamu akan menuangkan air 1 liter ke dalam gelas berkapasitas ½ liter, pada akhirnya air akan meluap dan tumpah karena volume suber air lebih besar. 


Sama halnya dengan kabel listrik yang memiliki batas Amper tegangan penampang kabel lisrtrik yang sering kita gunakan sehari hari.


Contoh kapasitas kabel kamu adalah 2 Amper maka jika beban listrik yang melewati kabel melebihi 2 Amper maka dapat dipastikan kabel akan rusak.


2. Kualitas Kabel Listrik Kurang Bagus

Kuakitas kabel juga dapat menjadi pemicu terjadinya masalah jaringan terputus, meski tidak langsung akan tetapi dalam jangka waktu tertentu kabel bisa rusak.


Pasa saat akan melakukan pemasangan instalasi, ada baiknya kamu mintas rekomendasi merk kabel terbaik agar kualitas jaringan instalasi yang dibuat sesuai standar SNI.


3. Jaringan Instalasi Kabel Buruk

Nah bagi kamu yabg sedang mencari jasa penyedia listrik, sebaiknya jeli memilih, agar hasil pekerjaan yang di dapatkan sesuai keinginan. Awal pembuatan juga dapat menentukan kualitas instalasi, agar tidak terjadi masalah kabel listrik terputus di tengah jalur instalasai kabel listrik.


Pemicu utama kabel putus di tengah karena instalasi tidak bagus adalah bisa jadi pada saat pembuatan kabel tertekuk kencang atau tertarik. Ini adalah mekanisme pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai SOP dan dapat memicu terjadinya kabel terputus.


4. Kabel Listrik Tertanam Tanpa Pelindung

Point 4 adalah masalah yang sering kami temukan pada saat tim kami mendapatkan job service jaringan intalasi listrik rumah maupun gedung, yaitu kabel tergencet dinding tanpa isolasi.


Sama halnya seperti perangkat elektronik, kabel listrik juga membutuhkan ruang udara untuk memperlancar transfer energi listrik dari sumber mcb ke beban.


Jadi sangat tidak di anjurkan dalam instalasi kabel listrik tidak menggunakan pipa pelindung seperti pipa PCV maupun pipa conduit (pipa pelindung kabel listrik).


Ciri ciri terjadinya kabel listrik terputus akibat tertanam tanpa pipa pelindung adalah instalasi listrik akan sering padam beberapa saat dan selanjutnya mati total.


Kerusakan nomer 4 adalah problem yang sangat sulit diperbaiki karena proses perbaikan membutuhkan ketelitian untuk mencari titik kabel terputus di dalam tembok, cor lantai atau di dalam tanah.


Saran kami, tidak ada salahnya mengeluarkan modal sedikit banyak pada saat akan membuat jaringan instalasi listrik untuk memanfaatkan pipa conduit sebagai pelindung kabel.


Cara Cek Kabel Listrik di Tengah

Jika kamu ingin memperbaiki sendiri kabel yang terputus tersebut, ikuti beberapa langkah mudah berikut ini. Pertama kamu harus mempersiapkan beberapa peralatan sederhana yaitu:


1. Multi Tester Digital / Analog

2. Tang Kombinasi

3. Tespen Listrik

4. Palu Pahat Beton jika dibutuhkan


Jika peralatan sudah terpenuhi, segera lakukan perbaikan agar masalah segera teratasi. 


1. Lepaskan Koneksi Kabel

Langkah pertama adalah lepaskan sambungan kabel Strum api Listrik dari MCB dan titik terakhir jalur instalasi yang diprediksi masalah kabel instalasi terputus.


Agar lebih yakin jika kabel tersebut aman, kamu dapat cek menggunakan tespen, ini sangat direkomendasikan demi keamanan dalam pekerjaan instalasi listrik.


2. Cek Kabel Listrik Menggunakan Multi Tester

Multi Tester adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan elektrikal dan elektronika arus kuat maupun arus lemah.


1. Persiapkan Multitester

Dalam hal ini kamu dapat memanfaatkan multitester analog maupun digital, tapi kami sangat merekomendasikan untuk menggunalan multitester digital, karena lebih mudah untuk belajar.

Cara Cek Kabel Listrik Putus Di Tengah

Pasang kabel tester ke perangkak, cocok kan warna merah dengan lubang merah san hitam dengan lubang hitam, terbalik tidak apa apa karena hanya untu tanda. Arah kan selektor ke Ohm Atau kode tanda Suara, ini adalah menu termudah untuk cek kabel terputus atau tidak.


2. Cek Kabel Dengan Multitester

Tempelkan kabel tester merah ke kabel sumber dan yang satunya ke titik akhir kabel beban, jika kabel terputus, alat tersebut tidak akan bersuara, sebaliknya jika kabel terputus, maka multitester akan berbunyi bep bep. Jika hasil akhir pengetesan seperti itu, maka ada baiknya segera panggil teknisi terdekat untuk melakukan perbaikan.


Penutup

Itu lah tips mudah cek kabel putus di tengah, jika kamu membutuhkan jasa service kabel putus, segera hubungi kami melalui kotak pesan di bawah situs, layanan 24 jam, bebas konsultasi tanpa dipungut biaya.

2 comments for "Cara Cek Kabel Listrik Putus Di Tengah"

Comment Author Avatar
Dirumah saya dulu pernah kejadian kabel putus, tukang yang saya sewa kuwalahan saat service, karena kerusakan kabel tertanam cor dak rumah tanpa di pipa...
Comment Author Avatar
Sangat tidak di rekomendasikan instalasi didalam cor tidak menggunakan pipa pelindung.