Cara Pasang Mcb 1 Phase dan 3 Phase

Cara Pasang Mcb 1 Phase dan 3 Phase

 Pemasangan MCB listrik dapat dilakukan sendiri dengan satu syarat di luar area kerja PLN, jadi jika MCB yang dimaksud adalah pembatas di KWH meter, sebaiknya jangan dilakukan, bisa kena denda PLN.

Saat ini banyak teknisi yang bisa menyediakan layanan jasa pemasangan MCB 1 phase maupun 3 phase atau kamu juga dapat melakukannya sendiri.


MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah sebuah perangkat listrik yang dapat otomatis memutus arus listrik jika beban berlebih atau hubungan singkat.


Saat ini MCB sudah banyak digunakan untuk grouping instalasi listrik gedung yang berfungsi sebagai pembagi listrik 1 phase maupun 3 phase.


Ada perbedaan mencolok antara pemasangan MCB 1 phase dan 3 phase, salah satunya adalah dari jumlah kabel yang digunakan. Instalasi kabel MCB 1 phase menggunakan 2 pasang kabel yaitu Cokelat dan Biru, sedangkan untuk 3 phase 4 kabel yaitu Merah, Kuning polos, Hitam dan Biru atau biasa disebut dengan R S T N.


Di bawah ini kami akan meberikan tips cara pemasangan MCB 3 phase dan 1 phase mudah tanpa bantuan teknisi atau tukang.


Cara Pasang Mcb 1 Phase

Cara Pasang Mcb 1 Phase dan 3 Phase
Mcb Listrik 1 Phase

Persiapan material

a. Mcb 1 phase

b. Box MCB

c. Kabel NYM 3x2.5 mm


Persiapan Peralatan

a. Obeng kecil

b. Gunting / Cutter kecil

c. Tang potong

d. Tang kombinasi


Tahap Pemasangan Mcb

Langkah pertama adalah menempelkan rel aluminium ke box mcb jika memang box bawaan tidak memiliki rel mcb, gunakan rel mcb secukupnya. Selanjutnya adalah menempelkan mcb ke rel mcb box yang sudah disediakan, kamu dapat mengunci mcb agar terikat otomatin melalui kuncian yang ada di belakang casing mcb itu sendiri.


Jika susah masukkan dua kabel Merah dan Biru, seperti yang sudah sering dijelaskan, Kabel warna merah mewakili arus strum listrik dan biru merupakan netral. Sebelum melakukan koneksi ke unit mcb 1 phase rapikan terlebih dahulu kabel yang akan dipasang. 


Kupas ujung kabel merah 1 cm sampai 1.5 cm menggunakan gunting atau cutter yang sudah disediakan, tahap koneksi kabel merah ke mcb adalah sebagai berikut. Kendorkan terlebih dahulu baut pengunci mcb menggunakan obeng kecil, jika kamu lihat gambar Mcb 1 Phase, mcb 4 A adalah induk dari pembatas group instalasi, jadi rute line yang baik dan benar adalah kabel merah dari sumber pln masuk ke input mcb 4 A dari bawah.


Lalu output kabel merah tersambung ke input mcb 2 A dan selanjutnya output listrik kabel merah ke instalasi listrik rumah maupun gedung. Jika kamu mengikuti diagram pemasangan mcb diatas, instalasi akan aman, karena nilai Amper mcb sesuai dengan kebutuhan, mcb 4 A akan membackup mcb 2 A jika memang ada instalasi listrik bermasalah seperti korsleting listrik dan beban berlebih.


Cara Pasang Mcb 3 Phase

Cara Pasang Mcb 1 Phase dan 3 Phase
Mcb Listrik 3 Phase

Untuk peralatan yang dibutuhkan hampir sama seperti persiapan untuk pemasangan mcb 1 phase, untuk perbedaan ada pada material yang dibutuhkan.

Persiapan material

a. Mcb 3 phase

b. Box MCB

c. Kabel NYA 1x2.5 mm Merah

d. Kabel NYA 1x2.5 mm Kuning Polos

e. Kabel NYA 1x2.5 mm Hitam

f. Kabel NYA 1x2.5 mm Biru

g. Rel Mcb Alumunium jika dibutuhkan


Tahap Pemasangan Mcb 3 Phase

Langkah pertama adalah memasang rel mcb ke box yang sudah disediakan, jika memang box tidak memiliki rel bawaan. Kamu dapat memanfaatkan skrup kecil agar dapat menempelkan rel mcb ke box mcb tersebut.


Selanjutnya adalah memasang unit mcb 3 phase dengan cara menarik tuas pengunci mcb agar terbuka lalu memasang mcb ke rel alumunium dan menguncinya, letak tuas pengunci mcb ada dibelakang mcb itu sendiri.


Wiring kabel mcb 3 phase harus sesuai puil, karena jika terbalik balik beresiko tabrakan antar line yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan instalasi hingga ledakan pada travo pln. 


Kabel mcb merah adalah L 1 / strum 1, kabel kuning polos L2 / Strum 2, kabel hitam L3 / strum 3 dan kabel biru N atau Netral (Nol), istilah yang umum digunakan adalah R S T N, R Merah, S Kuning, T Hitam dan N adalah Netral (Nol).


Sebelum melakukan pemasangan mcb 3 phase, ada baiknya cek sumber listrik pln, apakah sudah benar benar terputus atau dimatikan. Jika sudah, segera kendorkan semua baut pengunci kabel yang ada di mcb. pasang kabel merah ke mcb paling kiri jika berhadapan, kabel kuning di tengah, hitam pada baris ke tiga dan kabel warna biru langsung ke instalasi listrik gedung atau ke mesin.


Penutup

Itulah tips pemasangan mcb listrik yang baik dan benar, jika kamu membutuhkan jasa pemasangan mcb 1 phase maupun 3 phase, segera hubungi kami melalui kotak pesan dibawah situs ini. Layanan 24 jam di jawa tengah, layanan lain, jasa wiring kabel data, telepon, penangkal petir dan panel kontrol.

Post a Comment for "Cara Pasang Mcb 1 Phase dan 3 Phase"