Cara Pasang MCB Untuk Pompa Air 1 Phase

 Mcb Listrik - Pompa air adalah alat yang digunakan untuk memompa memindahkan air dari satu tempat ke tempat lainnya, yang umum digunakan untuk memompa air dari sumur ke tandon atas, kolam atau sumber air lainnya dengan bantuan sistem pipa dan tangki peyimpanan air. Pompa air dapat beroperasi dengan berbagai metode sumber daya, seperti energi listrik, mesin bensin, tenaga surya maupun tenaga angin.

Pompa air sendiri memiliki berbagai jenis dan ukuran, yaitu pompa sumur dangkal, pompa submersible, pompa jet dan pompa sentrifugal yang menggerakkan air dengan memutar roda impeler di dalam ruang pompa. Pompa air merupakan 1 lingkup dari sebuah rekayasa sistem gedung yang sangat dibutuhkan, yaitu sebagai sarana memindahkan air agar lebih mudah.


Secara umum pompa air diukur dalam satuan daya (watt) dan biasanya tergantung pada kebutuhan juga karakteristik pompa air itu sendiri. Misal kan sebuah rumah menggunakan pompa sumur dangkal adalah 350 Watt, informasi daya pompa dapat kamu lihat pada Nameplate pompa itu sendiri.


Dalam sebuah sistem keamanan listrik gedung, pompa air sangat dianjurkan memakai 1 jalur transmisi kabel listrik, atau 1 line jalur kabel langsung dari MCB. MCB listrik yang digunakan wajib menyesuaikan besar daya pompa air, jangan terlalu tinggi maupuan terlalu rendah, karena dapat beresiko pompa rusak.


Pada ulasan kali ini kami akan memberikan tips cara konek pompa air 1 fase dari MCB (Miniature Circuit Breaker) , yang dimana hanya menggunakan 3 kabel tuggal Fasa listrik warna Cokelat, Netral listrik kabel biru dan Grounding pembumian kabel kuning.


Cara Pemasangan Mcb ke Pompa Air

Berikut ini adalah cara pemasangan pembatas arus MCB ke pompa air:

Cara Pasang MCB Untuk Pompa Air 1 Phase
Shimizu

1. Persiapkan Peralatan

Pemasangan MCB ke pompa air hanya membutukan alat sederhana yaitu tabg kombinasi, cutter kecil dan obeng kembang, peralatan tersebut mudah kita temukan didalam rumah, atau kamu juga dapat membeli di toko listik maupun toko bangunan terdekat dari rumah.


2. Persiapan Material

Adapun material yang dibutuhkan adalah pompa air 1 fasa 350 watt, kabel tunggal Cokelat, Biru, Netral dan MCB pembatas. Ukuran MCB harus menyesuaikan kebutuhan, untuk daya pompa 350 Watt, kamu wajib menyediakan MCB listrik dengan nilai pembatas 2 Ampere atau setara dengam 450 Watt.


3. Pemasangan Kabel MCB ke Pompa Air

Cara Pasang MCB Untuk Pompa Air 1 Phase

Jika point 1 dan 2 sudah dipersiapkan, masuk ke sesi penyambungan MCB ke Pompa air. Kabel Cokelat dari sumber PLN adalah strum utama yang akan masuk ke input bagian bawah MCB, selanjutnya output MCB langsung ke kabel pompa air. Selanjutnya kabel netral dari sumber PLN langsung ke kabel Biru Netral Pompa air. Untuk Grounding pembumian kode warna kabel kuning langsung ke koneksi body pompa.


4. Pengetesan

Terakhir adalah tes uji nyala pompa, sebelumnya pastikan koneksi antar kabel dan perangkat telah terpasang dengan baik, kencang dan tidak ngefong. Kamu dapat memulai dengan cara menaikkan tuas MCB ke atas, jika menyala, penyambungan kabel pompa air dari MCB ke Kabel pompa sukses dilakukan.


Penutup

Itulah tahap - tahap pemasangan kabel pompa air dari MCB, cara diatas sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang kesulitan. Atau jika memang masih kebingungan, kamu dapat kontak kami melalui layanan pesan. Mcb Listrik melayanai jasa pemasangan instalasi listrik berpengalaman di kota salatiga dan sekitarnya, teknisi ramah dan cekatan. 

Post a Comment for "Cara Pasang MCB Untuk Pompa Air 1 Phase"