Cara Pasang Photocell Sakelar Otomatis

 Saat ini banyak sensor otomatis yang dimanfaatkan manusia sebagai alat bantu dalam kehidupan sehari hari, termasuk dalam teknis sistem kelistrikan.

Sensor adalah komponen elektronik yang bisa mendeteksi atau merasakan fenomena fisik seperti suhu, tekanan maupun cahaya. 


Kali ini kami akan membahas apa itu alat elektronik yang sering digunakan untuk kontrol lampu maupun untuk mengontrol mesin industri Photocell. 


Apa Itu Photocell Fotolistrik?

Pothocell atau sering dikenal dengan fotolistrik sel surya adalah sebuah sensor optik yang dapat merubah intensitas cahaya menjadi sinyal listrik.


Photocell bekerja menurut efek fotolistrik, yaitu proses pelepasan elektron dari permukaan material ketika terkena cahaya seperti matahari dan lampu.


Pada saat cahaya menerangi atau mengenai permukaan fotolistrik, elektron akan melepaskan lalu mengalirkan listrik dengan media konduktor listrik.


Photocell banyak digunakan untuk aplikasi pengaturan intensitas cahaya, seperti lampu penerangan jalan umum, lampu teras rumah dan lampu taman.


5 Manfaat Sakelar Photocell

Cara Pasang Photocell Sakelar Otomatis

Photocell memiliki berbagai manfaat, berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan jika banyak memasang sakelar photocell didalam ruangan maupun luar ruangan untul mengontrol lampu penerangan dan alat elektronik.


1. Hemat energi

Photocell bisa digunakan sebagai pengatur intensitas cahaya pada area atau ruangan tertentu secara otomatis, sehingga photocell dapat menghemat energi listrik yang tidak perlu. Contoh kamu ingin memasang lampu taman dan memanfaatkan photocell sebagai saklar, tentu saja ini akan sangat menguntungkan. Lampu taman dapat menyala dan padam secara otomatis yang memanfaatkan intensitas cahaya matahari sebagai media penggerak sakelar elektronik, sangat cocok bagi kamu yang sedang ingin disiplin menghemat energi listrik.


2. Pemasangan Mudah

Photocell mudah dalam pemasangan, jika kamu menggunakan photocell untuk lampu, cukup menempelkan alat ini dimedia tembo atau kayu. Syarat pemasangan alat ini hanya cukup menempatkan pada tempat aman jauh atau terlindungi dari air hujan.


3. Sangat Murah Meriah

Cukup menyiapkan biaya Rp25.000,00 saja kamu sudah dapat memiliki photocell sakelar sensor cahaya canggih yang dapat memadamkan maupun menyalakan lampu penerangan secara otomatis. 


Jadi dengan biaya minim saja, kita sudah cerdas memanfaat alam sebagai sarana untuk mempermudah dalam urusan apapun termasuk dalam pekerjaan. 


Photocell mudah kamu temukan ditoko listrik maupun toko bangunan, atau kamu juga dapat membeli di toko online langganan kamu dengan harga murah.


4. Dapat Bekerja Otomatis

Dengan bantuan photocell kamu dapat mengurangi pemantauan secara manual, seperti ketika kamu ingin mengontrol lampu penerangan dengan sakelar manual, ketika petang kamu harus menekan sakelar On, dan saat pagi hari harus menakan sakelar Off.


Photocell dapat bekerja otomatis tanpa harus kita sentuh atau kita ketuk lampu penerangan dapat menyala maupun padam sendiri yang memanfaatkan cahaya disekitarnya.


Sangat cocok bagi kamu yang sibuk bekerja, berangkat pagi pulang petang, karena ketika intensitas cahaya berkurang seperti pada saat matahari mulai terbenam, photocell akan otomatis menyalakan lampu.


5. Multifungsi

Photocell dapat digunakan pada berbagai aplikasi, tidak hanya didalam rumah, alat ini dapat kamu gunakan untuk lampu taman, lampu teras, lampu penerangan jalan umum, bangunan dan gedung lainnya.


Itu lah beberapa manfaat pemasangan photocell untuk kontrol lampu penerangan, selanjutnya kami akan menjelaskan cara pemasangan Photocell atau Fotolistrik sensor lampu otomatis.


6 Cara Pasang Photocell Sensor Cahaya

Cara Pasang Photocell Sakelar Otomatis

Photocell adalah fotolistrik sebuah sensor cahay yang berguna untuk mendeteksi intensitas cahaya disekitarnya secara otomatis. Photocell dapat digunakan dalam berbagai aplikasi termasuk yang paling umum adalah untuk sensor lampu penerangan otomatis.


Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang photocell:


1. Pilih Lokasi Titik Pemasangan

Tempat pemasangan photocell harus sesuai dengan standar aturan, pastikan lokasi terpapar sinar matahari yang cukup, tapi juga tidak dianjurkan terkena langsung, karena dapat mempengaruhi hasil pebacaan. 


Titik setrategis adalah dibawah kanopi bangunan, topi-topi lampu atau dibawah lampu taman, jangan sampai tertutup total karena akan membuat photocell terlalu sensitif dalam pembacaan.


2. Matikan Litrik Dari Kwh atau Mcb

Putuskan terlebih dahulu arus listrik dari sumber kwh atau mcb, ini adalah syarat utama untuk menghindari kecelakaan kerja sepeti tersengat aliran listrik. Karena seperti yang kita ketahui, selain banyak manfaat, listrik juga dapat membahayakan kita.


3. Hubungkan Photocell

Hubungkan kabel photocell dengan sumber listrik dan perangkat yang akan dikontrol oleh sensor, seperti lampu, perangkat elektronik atau alarm. Pastikan kabel listrik terpasang dengan benar dan aman.


4. Pasang Photocell

Pasang photocell ke dinding atau permukaan datar lainnya seperti kayu atau gypsum dengan menggunakan sekrup dan bantalan. Pastikan photocell terpasang dengan aman dan stabil.


5. Sambungkan Kabel Photocell

Sambungkan kabel listrik sumber ke kabel income photocell dan ke perangkat yang akan dikontrol, kabel sumber listrik kamu dapat menggunakan Merah atau Coklat sebagai strum dan Biru adalah Netral.


Sedangkan untuk kabel Photocell sendiri biasanya memliki 3 jalur yaitu, Hitam adalah Income strum, Merah output strum ke perangkat dan biru Netral (0), skema pemasangannya adalah sebagai berikut.


Sambungkan kabel Cokelat sumber ke Hitam photocell, kabel biru sumber ke kabel biru photocell dan lampu, terakhir kabel hitam photocell ke kabel cokelat lampu yang di kontrol.


6. Tes Perangkat

Hidupkan listrik untuk pengetesan dengan cara menerangi photocell dengan senter jika kamu memasang alat tersebut pasa saat malam hari. Jika pada saat siang hari, kamu dapat menutup photocell menggunakan tangan atau plastik gelap.


Ini adalah cara terbaik untuk memeriksa apakah photocell dapat bekerja sesuai yang diinginkan, jika malam hari, respon photocell akan memutus dan memadamkan lampau saat terkena cahaya dan pada siang hari akan menyalakan lampu pada saat photocell tertutup oleh tangan atau plastik.


Penutup

Itulah langkah-langkah pemasangan photocell sensor cahaya, namun pastikan kamu selalu mengikuti petunjuk pemasangan dan selalu berhati-hati. Karena apa yang akan kita kerjakan adalah media listrik yang dapat membahayakan kita kapan pun dimanapun. Atau jika kamu membutuhkan teknisi listrik berpengalaman, segera hubungi kami melalui layanan kotak pesan.

Post a Comment for "Cara Pasang Photocell Sakelar Otomatis"