Fungsi 3 Warna Kabel Pompa Air

Fungsi 3 Warna Kabel Pompa Air

 Mcb Listrik - Banyak orang yang masih belum mengerti makna 3 kode warna kabel yang digunakan untuk menyalurkan arus listrik dari sumber PLN ke mesin pompa air 1 phase.

Jika kamu memang ada basic pengetahuan tentang listrik mungkin mudah untuk dipahami, jika bukan, tentu akan menjadi masalah serius.


Pemasangan kabel pompa air menjadi terbalik-balik, menempel satu sama lain atau tidak menyala hingga terjadi kerusakan serius.


Di sini kami akan memberikan penjelasan tentang arti 3 kode warna kabel pompa air 1 phase semua merek, yang penting 1 phase bukan 3 phase.


Untuk penjelasan arti kode warna kabel pompa 1 phase, akan kami bahas di ulasan berikutnya, di bawah ini adalaj penjelasan fungsi 3 warna kabel pompa air.


Sejarah Mesin Pompa Air

Pada zaman dulu manusia tidak seperti saat ini, dapat memindahkan air dapam debit besar hanya dalam hitungan jam atau hari saja.


Berbeda dengan zaman dimana mesin pompa air ditemukan, alat umum yang digunakan memindah atau mengambil air dari sumur adalah timba sumur.


Timba adalah sebuah wadah seperi ember kayu atau plasit yang dikaitkan dengan tali agar sapat ditarik ke atas untuk mengambil air dari sumur.


Fungsi Mesin Pompa Air

Pompa air berguna untuk memindahkan air jarak jauh dari tempat satu ke tempat yang lainnya, contoh dari sumur ke groundtank atau ke tandoon atas.


Dengan bantuan pompa air kamu akan dimudahkan dalam urusan pemanfaatan air, tidak susah payah jika butuh air bersih dapam kehidupan sehari-hari.


Ada berbagai macam jenis pompa air 1 phase disekitar kita, yaitu pompa sumur dangkal, pompa sumur dalam atau pompa celup dan pompa hisap.


Sebenarnya masih banyak sekali jenis pompa 1 phase, yang kami sebut kan adalah contoh jenis pompa pompa yang sering kamu lihat atau umum digunakan warga.


Fungsi 3 Warna Kabel Pompa Air 1 Phase

Di dalam instalasi listrik ada istilah L N dan G atau kode huruf jaringan listrik rumah yang dapat kita sebut sumber listrik yang nantinya tersambung ke unit mesih pompa 1 phase.


Kebanyakan orang masih kebingungan dengan makna kode warna dan fungsi kabel pompa air 1 phase sumur dangkal maupun sumur dalam. Simak penjelasan makna kode warna kabel pompa air berikut ini:


1. Warna Kabel Pompa Merah Cokelat Hitam

Jika kamu menemukan salah satu dari tiga warna kabel diatas, dapat dipastikan itu adalah kabel strum atau api listrik yang tersambung dengan kabel strum dari sumber PLN di dalam rumah.


Kenapa kami menyebutkan 3 warna kabel pompa? Karena satu di antara tiga warna diatas sering kami temukan pada saat pemasangan pompa air.


Dalam istilah listrik, kebel pompa merah cokelat atau hitam juga bisa disebut dengan L, yaitu Line Api setrum, kebal yang mengalirkan strum ke mesin pompa air satu phase.


2. Warna Kabel Pompa Biru Abu Abu

Fungsi kabel biru / abu abu adalah untuk Netral listik atau Nol dalam jaringan listrik arus bolak balik, kenapa kami juga menyebutkan lebih dari satu kode warna kabel? Karena sama seperti penjelasan diatas, kami juga sering menemukan dua warna kabel Netral, antara Abu abu dan Biru, kabel netral pompa air yang akan tersambung dengan Netral sumbe PLN.


3. Warna Kabel Pompa Kuning Polos atau Kuning Bergaris

Fungsi utama kabel kuning adalah sebagai grounding arde, dengan bantuan kabel ini kamu dapat membuang arus listrik liar yang bisa membahayakan ke tanah dengan mudah.


Manfaat lain adalah dapat membuat perangkat awet tidak mudah rusak, karena induksi listrik pada mesin pompa akan berkurang dengan sensirinya.


Penutup

itu lah penjelasan mengenai fungsi warna kabel pompa air 1 phase, bagi kamu yang membutuhkan jasa pemasangan maupun perbaikan pompa air, segera hubungi kami melalui kotak pesan dibawah situs ini.

Post a Comment for "Fungsi 3 Warna Kabel Pompa Air"