Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak Merakit Sendiri

Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak Merakit Sendiri

 Stop kontak dan steker atau colokan adalah satu set perangkat listrik yang selalu kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan alat ini kamu dapat melakukan banyak hal dengan cepat dan tidak beresiko seperti belajar dan bekerja di kantor maupun di rumah.


Sebenarnya banyak sekali toko listrik yang menyediakan satu set kabel power colokan dan stop kontak, tapi jika kamu bandingkan 1 set jafi dan merakit sendiri memiliki perbedaan harga jauh lebih mahal ketimbang beli jadi.


Di sini kami akan memberikan cara mudah merakit colokan dan stop kontak tiga lubang sampai bisa digunakan seperti kamu beli jadi di toko listrik.


Cara Pasang Colokan Stop Kontak

Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak Merakit Sendiri

1. Persiapan Material

Langkah pertama adalah persiapkan material sederhana yang mudah kamu dapatkan di toko listrik maupun toko bangunan, cukup dengan modal 15 rb saja kamu sudah bisa membuat colokan dan stop kontak rakitan sendiri.


a. Kabel NYM 2x1.5 mm 2 meter

b. Colokan listrik

c. Stop kontak 3 lubang


2. Persiapan Alat

Peralatan yang digunakan pun juga tidal sudah, bahkan jika kamu tidak memiliki alat listrik, manfaatkan peralatan sederhanan seperti gunting kecil obeng kecil sudah dapat dimanfaatkan untuk merakit colokan dan stop kontak.


a. Tang potong kecil

b. Obeng kembang / tespen listrik

c. Gunting / Cutter


3. Langkah Langkah Pemasangan Steker dan Colokan Listrik

a. Pertama kamu harus membongkar material stop kontak tiga lubang yang sudah disediakan dan colokan menggunakan obeng kembang, perhatian jangan sampai skrup kecil hilang, karena jika hilang kamu harus mencari skrup baru, toh jika ada pasti tidak akan sama.

Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak Merakit Sendiri

b. Ke dua pemasangan kabel ke stop kontak 3 lubang, kupas kabel nmy 2x1.5 menggunakan tang potong atau gunting kecil, kupas kulit kabel sesuai kebutuhan jangan terlalu panjang atau pendek. Sama sama beresiko, jika terlalu pendek akan mudah lepas, terlalu panjang bisa membuat Strum dan Netral bertabrakan yang menyebabkan korsleting listrik.


c. Ke tiga ikat kan kabel yang sudah terkupas ke besi colokan putar searah jarum jam agar tembaga kabel mengikat ke besi colokan. Untuk prosedur pemasangan kabel L dan N bebas, terbali tidak masalah, kabel L di kanan atau kiri sama saja, atau kabel N di kanan atau kiri, selama tidal saling menempel aman aman saja.

Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak Merakit Sendiri

Selanjutnya putar baut pengunci colokan menggunakan obeng kecil searah jarum jam agar kencang, seperlunya saja karena jika terlalu kencang dapat merusak steker terlalu kendor bisa ngefong dan dapat menimbulkan percikan api. Langkah terakhir adalah memasang cassing colokan, mengembalikan seperti semula.


d. Ke empat pemasangan stop kontak tiga lubang, setelah penutup stop kontak di lepas, masuk ke tahap pemasangan kabel nym 2x1.5 mm, kupas terlebih dahulu ujung kabel antara 1 cm sampai 1.5 mm. 

Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak Merakit Sendiri

Selanjutnya pasang kabel ke L dan N stop kontak, sama seperti titik L dan N colokan, bebas mau kanan atau kiri asal tidak bertabrakan atau menempel. 


Pastikan penvunci kabel pada input kabel terpasang dan terkunci dengan baik, jika kendor dapat menyebabkan kabel mudah terputus. Cara pengecekan nya adalah coba tarik kabel secara perlahan, jika sekiranya sudah kuat segera pasang penutup stop kontak agar kembali seperti semula dan siap digunakan.


Penutup

Itu lah tips cara Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak sendiri tanpa harus beli baru, tapi jika memang kamu ingin sesuatu yang lebih praktis, tidak masalah beli rakitan jadi.


Ulasan ini kami peruntukkan bagi kamu yang mungkin sedang pindah kos atau rumah, yang membutuhkan suport elektrikal untuk menunjang keseharian seperti komponen colokan dan stop kontak.


Jika kamu ingin belajar tentang kelistrikan, kamu bisa mempraktik kan ulasan ini, agar dapat mandiri jika ada kerusakan colokan maupun stop kontak nantinya.


Mcblitrik.com melayani jasa pemasangan instalasi listrik rumah dan gedung, kamu dapat menghubungi kami melalui kontak pesan dibawah situs ini.

Post a Comment for "Pasang Colokan Listrik dan Stop Kontak Merakit Sendiri"