Pasang Lampu Gantung Mudah Aman tanpa Tukang

Pasang Lampu Gantung Mudah Aman tanpa Tukang

 Lampu gantung merupakan lampu yang biasanya dipasang dilangit-langit dan digantung dengan menggunakan seling baja, rantai atau kabel listrik.

Lampu ini kerap kali ditemukan di dalam rumah, restoran, kamar hotel, lobi pabrik dan tempat umum lainnya.


Desain lampu dan jenis lampu gantung pada bervariasi, mulai dari lampu sederhana, lampu gantung minimalis hingga mewah penuh ornamen.


Di zaman yang semakin modern, banyak sekali sumber hiasan lampu gantung, dulu sampai sekarang masih bangak lampu gantung yang menggunakan lampu pijar dan neon, dan saat ini pun juga banyak orang yang menggunakan lampu gantung modern yang memanfaatkan lampu LED.


Lampu gantung pada umumnya sering digunakan sebagai lampu dekoratif dan dapat memberikan pencahayaan yang cukup untuk ruangan disekitar dan bawahnya.


Pemilihan Lampu Gantung Yang Bagus

Memilih lampu gantung bisa jadi suatu tantangan baru, tidak seperti saat memilij lampu downligt, pemilihan jenis, desain dan ukuran lampu gantung harus teliti, kamu harus membuat keputusan yang tepat untuk memilih lampu ganrung sesuai dengan ruangan rumah kamu.


1. Sesuai Dekorasi Ruangan

Dekorasi ruangan rumah memiliki peranan penting yang harus difikirkan sebelum membeli dan memasang lampu gantung nantinya. Pastikan lampu gantung yang kamu pilih sesuai dengan gaya dekorasi ruangan yang akan terpasang lampu ini.


Contoh jika ruangan memiliki gaya dekorasi mewah, maka pilihlah dekorasi lampu yang elegan dan mewah agar sesuai.


Ukuran dan bentuk - Pilihlah lampu gantung yang sesuai dengan ukuran ruangan dan meja makan.


Pastikan juga untuk mempertimbangkan bentuk lampu gantung yang akan dipilih, apakah bulat, persegi, atau lainnya.


2. Jenis Cahaya

Mempertimbangkan jenis cahaya lampu gantung yang akan digunakan adalah sesi paling penting, karena orang cepat bosan dengan desain yang itu-itu saja.


Maka dari itu pilih lampu gantung yang memiliki sumber cahaya mudah diganti sesuai keinginan.


3. Warna dan Bahan

Pilih bahan dan warna lampu yang sesuai dengan desain ruangan, warna dan dekorasi ruangan.


Contoh jika ruangan kamu berwarna putih, pilihlah lampu gantung dengan bahan warna sesuai dekorasi ruangan.


Misal ruang tamu kamu memiliki banyak interior kayu, pilihlah lampu gantung dengan bahan yang juga menggunakan bahan-bahan kayu alami.


4. Sesuaikan Budget

Anggaran juga merupakan sesi penting dalam mempersiapkan pemasangan lampu gantung. Tetapkan anggaran yang sesuai dan cari lah jenis dan desain lampu yang sesuai dengan anggaran kamu.


Ada banyak pilihan lampu gantung dengan harga murah beragam, atau yang mewah sekalipun bisa kamu temukan di toko lampu gantung.


Dengan mempertimbangkan 4 point di atas, semoga dapat memberikan gambaran bagaimana pemilihan lampu gantung yang baik dan benar.


Cara Pasang Lampu Gantung

Pasang lampu gantung atau lampu hias sebenarnya akan lebih mudah jika diserahkan saja kepada teknisi listrik, karena kamu tidak akan merasakan betapa sulit dan butuh kesabaran extra agar lampu gantung terpasang dengan baik.


Pasang lampu gantung dapat menjadi pekerjaan yang sangat mudah asal dilakukan dengan benar dan hati-hati. Berikut ini Mcb Listrik akan memberikan tips langkah-langkah umum untuk memasang lampu gantung:


1. Tentukan Lokasi

Titik lokasi adalah langkah awal yang perlu difikirkan, pastikan lokasi pemasangan berada pada titik yang tepat tidak asal pasang mengantungkan lampu. Pastikan posisi lampu sesuai denah gambar, di atas meja makan, lobi hotel atau area yang akan diterangi.


2. Putuskan Aliran Listrik

Dalam pekerjaan listrik, keamanan adalah paling utama, matikan terlebih dahulu aliran listrik pada kabel yang akan digunakan untuk pengalir arus listrik ke lampu gantung. Kamu dapat memutus aliran listrik dari saklar, menjabut colokan atau jika ingin lebih aman kamu dapat memutus arus listrik dari sumber listrik MCB.


3. Pasang Breket Lampu Gantung

Breket lampu adalah sebuah media berupa kayu besi atau alumunium yang berguna untuk kuncian lampu agar dapat menggantung dengan aman. Pasang breket lampu pada langit-langit plafon menggunakan sekrup, baut atau agar lebih kuat kamu dapat menggunakan media besi las listrik agar kuat.


4. Penyambungan Kabel Listrik

Penyambungan kabel istrik lampu gantung sangat mudah dilakukan, jika lampu gantung yang kamu beli memiliki 3 kabel, maka Coklat mewakili Strum, Biru adalah Netral dan Kuning Arde. Jika hanya 2 saja, dapat dipastikan kabel tersebut adalah Coklat adalah Strum api listrik dan Biru adalah Netral (0). 


Kabel sumber dari MCB PLN wajin menggunakan warna gelap sebagai Strum, Biru Netral dan Kuning Arde, ini adalah warna kabel sesuai aturan pemerintah dalam jaringan instalasi listrik rumah tangga. Hubungkan kabel Coklat MCB dengan Coklat Lampu Gantung, hubungkan Biru MCB ke Biru Lampu yang terakhir sambungkan Kuning sumber ke kuning lampu.


5. Pasang Kerangka Lampu ke Breket

Biasanya teknisi merakit semua pion pion lampu kecil di bawah dan selanjutnya dinaikkan ke atas menggunakan tali tambang dengan cara ditarik. Kaitkan breket bawaan lampu ke breket plafot yang sudah dipasang menggunakan baut yang sudah disesuaikan dengan ukuran lubang breket.


6. Nyalakan Lampu / Tes Nyala

Lengetesan lampu dapat kamu lakukan setelah semua proses diatas selesai dikerjakan, sambungkan atus listrik MCB, lalu nyalakan saklar lampu gantung. Jika lampu menyala, maka pekerjaan kamu sukses, jika belum, kamu harus memerika titik kerusakan seperti sambungan kabel dan lampu putus.


Penutup

Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah diatas, atau kamu juga dapat mengikuti beberapa panduan buku yang sudah disiapkan produsen pada saat membeli lampu gantung baru. Jika kamu masih belum yakin, hubungi kami segera, Mcb Listrik melayani jasa pemasangan lampu gantung dan lampu hias berpengalaman, hubungi kami melalui kotak pesan.

Post a Comment for "Pasang Lampu Gantung Mudah Aman tanpa Tukang"