Perbedaan MCB (Miniature Circuit Breaker) dan Sekering

Perbedaan MCB (Miniature Circuit Breaker) dan Sekering
Mcb dan Sekering

 Mcb Listrik - Dalam jaringan instalasi listrik Arus kuat, ada istilah pembatas arus, adalah suatu perangkat yang dirancang untuk melindungi peralatan elektronik atau listrik dari kerusakan karena arus terlalu tinggi atau korsleting listrik.

Manfaat utama dari pembatas arus listrik adalah untuk memutus arus ketika aliran listrik yang melewati sirkuit melebihi batas yang direkomendasikan.


Jenis-Jenis Pembatas Arus

Ada banyak jenis pembatas arus yang dapat kamu manfaatkan, yaitu fuse, circuit breaker atau ground fault circuit interrupter (GFCI). 


1. Pembatas Arus Fuse

Fuse adalah sebuah sirkuit pembatas arus yang umum digunakan, fungsi utama dari alat ini adalah dapat menutus arus listrik yang melewatinya jika arus melebihi batas yang ditentukan. 


2. Circuit Breaker

Circuit breaker adalah sebuat alat pemutus arus yang dapat bekerja secara otomatis jika ada korsleting listrik dan beban berlebih. Kelebihan paling utama dari alat ini adalah dapat direset otomatis jika koneksi arus pada sirkuit terputus atau dapat disambungkan kembali.


3. GFCI

Pembatas yang terakhir adalah GFCI ground fault circuit interrupter adalah sebuah alat yang digunakan untuk memutus arus listrik. Cara kerja alat ini adalah mendeteksi perbedaan jalur arus listrik dan netral, GFCI sangat sensitif jika ada kebocoran arus listrik pada instalasi. GFCI dan ELCB memiliki prinsip kerja sama, yaitu untuk melindungi manusia dari kejutan listrik, jadi sangat aman jika digunakan untuk proteksi pelindung dalam instalasi listrik rumah tangga.


Memilih pembatas arus listrik harus tepat, pilihlah berdasarkan jenis peralatan listrik atau perangkat elektronik yang akan dilindungi, serta perangkat elektronik yang akan melewati nelalui perangkat tersebut. Sangat dianjurkan untuk memahami spesifikasi dan kemampuan.


Di bawah ini, kami akan membahas 2 pembatas yang umum kita temukan dalam instalasi listrik rumah maupun gedung, yaitu MCB dan Sekering. Alat penting yang memiliki fungsi sama, hanya saja memiliki perbedaan pada cara kerja, fungsi dan material yang digunakan. 


Perbedaan Pemutus Arus MCB dan Sekering

MCB (Miniature Circuit Breaker) dan sekering keduanya merupakan alat pelindung dalam sistem kelistrikan yang berfungsi untuk mecegah terjadinya kerusakan peralatan, arus pendek, beban berlebih dan kebakaran. Namun kedua alat ini memiliki perbedaan yabg sangat mencolok, dari keduanya mana yang terbaik?

Perbedaan MCB (Miniature Circuit Breaker) dan Sekering
Mcb

1. Perbedaan Cara Kerja

MCB bekerja berdasarkan elektromagnetik atau termal, sedangkan sekering bekerja dengan cara melelehkan elemen pemanas, atau biasa kita temukan kabel serabut didalamnya ketika terjadi arus lebih.


2. Kelebihan dan Kekurang

MCB dapat digunakan berulang-ulang atau dapat direset kembali, contoh arus listrik terputus dan unit MCB turun, maka setelah jaringan listrik diperbaiki, alat ini dapat kita reset manual dengan mudah. Sedangkan untuk sekering hanya dapat digunakan satu kali saja dan wajib mengganti konduktor penghantar setelah terjadi korsleting listrik atau beban lebih. Jika kondutor sekering adalah kabel serabut 1 atau 2 helai, maka pada saat beban lebih 2 kabel ini akan terputus dan menyebabkan aliran listrik terputus. Solusi utama asalah mengganti 2 helai kabel ini dengan cara membongkar sekering, untuk melakukan pergantian kamu dapat memakai jasa instalasi listrik.


3. Perbedaan Kecepatan Proteksi

MCB (Miniature Circuit Breaker) akan lebih cepat memutus / merespon kerusakan seperti arus pendek dan beban berlebih karena termal MCB sangat sensitif. Berbeda dengan sekering, helai kabel serabut akan terbakar beberapa kali dan membuat arus terputus sementara dan selanjutnya akan terputus total.

Perbedaan MCB (Miniature Circuit Breaker) dan Sekering
Sekering

4. Perbedaan Kapasitas

MCB nemiliki banyak pilihan kapasitas, mulai dari 2 Ampere hingga 60 Ampere dalam tegangan 1 fase, belum lagi untuk instalasi tegangan 3 fase. Sedangkan untuk sekering hanya tersedia dalam kapasitas tertentu atau terbatas, sekering hanya digunakan untuk pembatas jaringan listrik di bawah 10 Ampere PLN.


5. Perbedaan Harga MCB dan Sekering

Mana yang lebih mahal? MCB / Sekering? Secara umum MCB memiliki harga lebih mahal daripada sekering, seperti yang sudah dijelaskan pada point-point diatas, MCB lebih banyak memiliki keunggulan dibanding Sekering. Untuk 1 sekering dan box kamu hanya membutuhkan 35rb saja, sedang 1 MCB 2 Amper memiliki harga 55rb sampai 75rb.


Penutup

Dalam penggunaannya baik sekering maupun MCB memiliki fungsi sama, yaitu sebagai proteksi instalasi listrik dari bahaya korsleting yang dapat menimbulkan kebakaran dan kerusakan yang diakibatkan oleh arus berlebih atau bisa juga karena arus pendek.


Mcb Listrik merupakan sebuah penyedia jasa instalasi listrik yang akan memberikan kamu solusi dalam memilih alat keamanan jaringan instalasi listrik. Jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa kami, segera hubungi melalui kotak pesan, layanan 24 jam free konsultasi.

Post a Comment for "Perbedaan MCB (Miniature Circuit Breaker) dan Sekering "