Arti Pertitik Instalasi Listrik Lampu dan Stop Kontak Begini Cara Menghitungnya

Arti Pertitik Instalasi Listrik Lampu dan Stop Kontak Begini Cara Menghitungnya

Artikel ini kami buat hanya untuk berbagi pengalaman dalam dunia konstruksi bangunan, plumbing dan elektrikan. Tapi kali ini kami akan memberikan info bagaimana cara yang benar dalam menentukan 1 titik harga jasa pemasangan instalasi listrik, karena sampai saat ini masaih banyak orang yang salah pertimbangan sampai-sampai berakhir gulung tikar sampai berbuat sesuatu yang tidak baik karena proyek jebol.


Di media sosial, lebih tepatnya banyak para tukang listrik dan kontraktor masih bingung bagaimana menentukan harga 1 titik pekerjaan listrik. Simak ulasan ini sampai selesai agar tidak salah paham. Berikut ini adalah penjelasan Arti Pertitik Instalasi Listrik untuk pekerjaan stop kontak dan lampu penerangan.


Pengertian Harga Pertitik Listrik Dalam Pekerjaan Instalasi Listrik

Pertitik listrik dapat diartikan harga Satu Titik pekerjaan instalasi listrik adalah 1 nominal dalam kontrak kerja, contoh 1 titik pekerjaan lampu penerangan Rp250.000,00. atau 1 titik pekerjaan stop kontak adalah Rp300.000,00. Inilah yang sering kita lihat tertulis dalam selembar kertas yaitu RAB pekerjaan instalasi listrik yang akan menjadi pedoman sampai proyek finis.


Ada dua cara yang dapat kita lakukan agar bisa menemukan harga jasa pemasangan listrik yng sesuai dan menguntungkan penyedia jasa maupun pengguna jasa pekerjaan instalasi listrik.


1. Menyesusaikan Harga Megikuti Lokasi Pekerjaan

Jika Anda bedomisili di Kota Jakarta harga jasa pekerjaan instalasi listrik berbeda dengan kota Semarang maupun Surabaya. Di jakarta sendiri pekerjaan pemasangan instalasi lampu pertitik adalah Rp275.000,00. Jika Anda di Semarang Rp375.000,00. dan di Surabaya Rp225.000,00. Tapi jika Anda menemukan harga berbeda, lumrah saja karena harga mengikuti Spek material atau menyesuaikan lokasi pekerjaan listrik yang dijalankan.


Contoh jika Anda sedang menjalankan proyek instalasi listrik di kota Semarang, harga peritik sangat mahal, faktor pertama yang sangat mempengaruhi harga jasa adalah keterbatasan unit material, tidak seperti di kota Jakarta sangat murah, karena di kota tersebut kita dapat dengan mudah menemukan material apapun seperti material untuk pekerjaan instalasi lampu.


2. Menghitung Total Pekerjaan / Total Titik Instalasi

Dalm satu kasus mungkin kita pernah dihadapkan dengan Owner atau teman sesama kontraktor yang inging minta bantuan untuk mengisi RAB listrik, selain menggunakan cara pertama, Anda dapat menggunakan cara berikut ini, yaitu dengan cara menghitung total pekerjaan lalu dibagi total titik, dari sini kita akan menemukan harga paling sesuai.


Ada 4 titik pekerjaan instalasi lampu Downlight yang, titik pertama ada di teras yang memiliki ketinggian 10 meter, tiga titik lainnya ada di plafon ruang tamu. lokasi pekeraaj di kota Semarang. Pertanyaannya adalah apakah dengan adanya spesifik medan pekerjaan seperti diatas dan lokasi kota pekeraan Anda akan menggunakan harga sesuai Lokasi Kota?


Jawaban terbaik adalah menyesuaikan medan pekerjaan dan lokasi kota, karena jika hanya mengandalkan harga pasaran di kota tersebut sudah pasti Anda akan jebol untuk masalah modal. Hal-hal seperti ini lah yang sering terjadi dan dapat membuat para kontraktor listrik gulung tikar atau bangkrut, jadi setelah Anda membaca ulasan ini dapat sedikit berhati-hati.


Contoh kasus diatas adalah ada 3 titik pekerjaan lampu yang tidak terlalu memerlukan banyak alat bantu dan tenaga kerja, tapi ada satu titik pekerjaan yang harus difikirkan lebih matang masalah tenaga kerja dan modal yang akan dikeluarkan, yaitu pemasangan lampu downlight pada teras setinggi 10 meter, lalu bagaimana menentukan harga petitik pekerjaan tersebut.


Harga jasa pekerjaan pemasangan instalasi listrik di kota Semarang plus material adalah Rp375.000,00 jika kita kalkan dengan 4 titik hasilnya Rp1.500.000,00. total harga normal tersebut sudah termasuk jasa pekerjaan dan pengadaan material, tapi harga tersebut mengacu pada pekeraan standar, diluar lingkup pekerjaan instalasi yang memiliki medan lokasi ekstrem.


Pemasangan 3 titik lampu yang ada didalam ruangan dapat dikerjakan sendiri atau hanya membuthkan 1 bantuan pekrja, tapi untuk pemasangan lampi teras yang memiliki tinggi 10 meter dari lantai Anda wajib menggunakan alat bantu Scafolding dan 2 pekerja lagi atau total pekerja untuk melakukan pekerjaan 4 titik lampu tersebut adalah 3 orang.


Sangat tidak mungkin jika Anda menggunakan harga standar dengan medan lokasi tidak mudah, mau tidak mau kit aharus merubah harga tersebut dengan hasil yang wajar agar owner atau pengguna jasa tetap dapat memahami, jadi tidak ada istilah terlalu maha atau kedua belah pihak ada yang di rugikan karena situasi lapangan dan pengaruh harga matrial.


Langkah pertama adalah menghitung pertitik pekerjaan secara rinci, jika dengan menggunakan harga Per Kota Rp375.000,00. sudah bia untuk, maka 3 titik pekerjaan dirasa aman dengan menggunakan 3 pekerja instalasi, selanjutnya adalah menghitung pekerjaan pemasangan titik lampu teras.


Harga Rp375.000,00. adalah harga standar plus material dan jasa, tapi karena lokasi pekerjaan juga dapat mempengaruhi harga, maka cukup tambahkan saja jasa sewa Scafoling contoh di lokasi tersebut adalah Rp10.000,00. 1 set, scafolding yang dibutuhkan adalah 5 set x Rp10.000,00. hasilnya adalah Rp50.000,00. perkiraan waktu pekerjaan adalah dua hari, jadi modal sewa adalah Rp100.000,00.


Dari sini dapat kita lihat minus modal jika Anda tidak memikirkan pengadaan 5 set scafolding tersebut, lalu cara untuk menentukan harga pertitik instalasi adalah sebagai berikut. Pertama kita total semua rincian titik pekerjaan Rp375.000,00. x 3 = Rp1.250.000,00. Pemasangan titik lampu teras Rp375.000,00 + Rp100.000,00 = Rp475.000,00. Total adalah Rp1.600.000,00.


Setelah anda menemukan harga total pekerjaa, langkah terakhir adalah membagi sesuai titik pekerjaan, Rp1.600.000,00 / 4 = Rp400.000,00. per Titik. dengan cara ini kita akan dapat menemukan harga wajar, tidak murah atau terlalu mahal, karena menyesuaikan medan lokasi pekerjaan dan harga material.


Penutup

Demikian ulasan tentang srti pertitik instalasi listrik, semoga dapat membantu, harga diatas hanyalah contoh, jika Anda masih kebingungan, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini. Mcblistrik.com juga melayani jasa pemasangan instalasi listrik dan pengadaan material, teknisi berpengalaman dan bersertifikat.

Post a Comment for "Arti Pertitik Instalasi Listrik Lampu dan Stop Kontak Begini Cara Menghitungnya"