Kode Warna Kabel Pompa Air Sumur Dangkal Shimizu

Kode Warna Kabel Pompa Air Sumur Dangkal Shimizu
Arti Kode Warna Kabel Pompa Shimizu

Shimizu adalah merek produsen pompa air ternama di Indonesia, hampir setiap rumah menggunakan mesin pompa ini sebagai sarana alat untuk memindahkan air bersih dari sumur ke tandon atau reservoir. Produk pompa Shimizu termasuk salah satu jenis pompa berkualitas, selain berkualitan baik, harga pompa ini juga termasuk murah, untuk pompa sumur dangkal, kamu cukup menyiapkan Dana sekitar 1jt saja sudah bisa memiliki pompa air Shimizu.


Setelah unit pompa sudah kamu dapatkan, langkah selanjutnya adalah paemasangan unit pompa air tersebut, ada dua pilihan yaitu menyerahkan ke pada teknisi atau pemasangan dilakukan sendiri.Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang Arti Warna Kabel Pompa Air Shimizu Sumur Dangkal 1 phase.


Pompa Shimizu jenis ini memiliki 1 input pipa yang dimasukkan ke Sumur dan 1 pipa lagi menuju ke reservoir sebagai output air bersih. Sedangkan untuk sistem kelistrikan, pompa jenis ini menggunakan listrik 1 phase PLN dalam tegangan 220 V, adapun kabel listrik yang digunakan adalah 3 kabel tunggal yaitu warna Biru, Hitam / Coklat dan Kuning.


Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan tentang warna kabel listrik pompa air Shimizu, simak ulasan ini sampai selesai:


Arti Warna Kabel Cokelat / Hitam

Di dalam wiring pengkabelam pompa air shimzu sering kita temukan dua kabel tersebut, antar kabel Cokelat dan Hitam. kabel ini berfungsi sebagai phase atau api listrik, api listrik juga sering di sebut dengan Plus (+), jika kabel ini kita tes menggunakan alat tes listrik tespen, lampu tespen akan menyala.


Teknis penyambungan kabel harus benar, jika dari sumber PLN phase listrik menggunakan warna Hitam, maka kabel Hitam PLN tersambung ke kabel Cokelat atau Hitam pompa air Shimizu. Sekali lagi kami ingatkan, hanya satu warna kabel dari pompa, antara Cokelat dan Hitam.


Arti Warna Kabel Biru / Abu-abu

Kabel Biru atau Abu-abu pada pompa air Shimizu digunakan sebagai Netral (0) atau Min arus listrik. Cara mengindikasikan kabel Netral adalah sama seperti pada saat mengecek kabel Phase, menggunakan alat listrik sederhana yaitu tespen, tapi dengan satu catatan listrik harus dalam keadaan menyala.


Jika kabel Cokelat atau Hitam pada saat kita tes menyala, sebaliknya kabel Netral / Biru tidak akan menyalakan lampu tespen listrik. Tapi cara tersebut harus dilakukan oleh profesional dalam bidang ini, menginggat listrik dapat membahayakan kita.


Untuk teknis pemasangan kabel Netral adalah samakan Netral PLN yaitu kabel Biru atau Abu-abu ke Biru pompa air Shimizu, lalu sambungakan keduaujung kabel ini, sambungan kabel harus kencang, resiko ngfong akan dapat memebuat kabel meleleh jika Amper pompa air naik karena kerusakan.


Arti Warna Kabel Kuning Pompa Air Shimizu

Yang terakhir adalah kabel warna Kuning, kode warna kabel ini digunakan untuk pembumian listrik akibat rugi-rugi daya motor atau korsleting listrik agar tidak membahayakan orang disekitar pompa air. Kabel ini juga umum disebut dengan Grounding Pembumian,.


Berbeda dengan dua kabel di atas, jika listrik motor pompa dalam keadaan baik, kabel tidak akan teraliri listrik, sebaliknya jika pompa air bermasalah atau ada kebocoran, kabel kuning akan membuang listrik tersebut ke dalam tanah sebelum terkena orang disekitarnya.


Teknis pemasangan kabel Grounding adalah sambungkan kabel Kuning pompa Shimizu ke kabel warna Kuning PLN, jika tidak ada, cara terbaik adalah menancapkan besi sepanjang 1 meter kedalam tanah, lalu sambungkan kabel Kuning pompa Shimizu ke ujung besi yang sudah kita masukkan kedalam tanah sedalam 1 meter tadi.


Penutup

Demikian penjelasan tentang Arti kode warna kabel pompa air Shimizu, pompa terbaik di Indonesia yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk keperluan Suply air bersih. Jika kamu membutuhkan jasa pemasangan pompa air Shimizu, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini, free konsultasi, layanan 24 jam.


Post a Comment for "Kode Warna Kabel Pompa Air Sumur Dangkal Shimizu"