Penyebab Pipa Air Masuk Angin Dan Solusinya

Penyebab Pipa Air Masuk Angin Dan Solusinya
Pipa Masuk Angin

Mendapati pipa air bersih tidak lancar adalah masalah besar, tanpa air bersih kita akan kesulitan, air dapat dikatakan kebutuhan pokok bagi mahluk hidup, termasuk kita sebagai manusia, tanpa air bersih kita tidak akan dapat hidup. Jadi sangat tidak nyaman jika air di rumah kita bermasalah, mungkin saja mampet, tersumbat, kotor atau masuk angin yang dapat membuat aliran kran kecil.


Pipa air masuk angin adalah masalah umum yang sering terjadi disekitar kita, disini kami akan memberikan ulasan tentang penyebab Pipa air bersih dirumah kita kemasukan angin, karena ini adalah masalah serius, disini juga kami akan memberikan solusi praktis tanpa biaya agar Pipa masuk angin tersebut sembuh, setelah Anda memabac ulasan ini dan praktik dilapangan Aliran air kembali normal.


Penyebab Pipa Air Kemasukan Angin dan Solusinya

Banyak faktor yang dapat menyebabkan pipa air kemasukan angin yang dapat menghambat aliran air dan menjadi kecil, berikut penyebab paling sering terjadi disekitar kita Elevasi Pipa Pipa Air Tidak Teratur. Dalam pemasangan pipa air bersih tanpa tekanan, sangat disarankan tetap memaksimalkan kemiringan jaringan pipa tersebut, agar dapat terhindar dari yang namanya pipa masuk angin. 

Penyebab Pipa Air Masuk Angin Dan Solusinya
Instalasi Pipa Air

Seperti gambar diatas, ini adalah contoh instalasi pipa air yang sangat tidak disarankan, memili banyak lekukan yang dapat berpotensi pipa air kemasukan angin yang dapat menghambat aliran air bersih didalam pipa.Tirik silang adalah posisi pipa air tidak terisi penuh karena ada angin terjebak didalamnya, Solusi terbaik adalah membuat instalasi buangan, instalasi ulang atau memotong pipa tersebut.


Solusi Pipa Masuk Angin adalah memotong pipa rata dengan perkiraan titik angin didalam pipa, tapi sebelumnya hentikan aliran air dari kran utama yaitu output reservoir atau tandon atas agar tidak ada semprotan kejut Selanjutnya potong pipa sesuai yang kami anjurkan, yaitu potong pipa rata dengan titik angin atau dibawah titik pipa yang terisi angin.

Penyebab Pipa Air Masuk Angin Dan Solusinya
Proses Pembuangan Angin Didalam Pipa

Jika sudah hidupkan kembali kran utama, biarkan air mengalir untuk membuang angin yang terjebak didalam pipa tersebut, Anda akan melihat aliran air tersendat-sendat, semprotan air bercampur dengan angin, kadang air yang keluar, kadang angin, inilah yang dimaksud dengan pipa air bersih masuk angin atau kemasukan angin.


Proses ini akan memakan waktu paling lama 3 menit, tergantung panjang pipa yang kemasukan angin, jika sedikit mungkin tidak sampai 3 menit angin hilang, akan tetapi jika angin yang mengisi instalasi pipa banyak, bisa jadi lebih dari 5 menit aliran air kan kembali normal. Pada saat angin sudah terbuang semua dan aliran tidak terlihat putus-putus, segera matikan kran utama.


Tahap selanjutnya adalah menyambung kembali pipa yang sudah dipotong menggunakan Shock pipa dan Lem jika Anda memakai pipa PVC, keringkan antar ujung pipa menggunakan kain kering, lalu oleskan Lem pipa pvc diujung kedua pipa dan kedua bagian dalam Shock pipa pvc, sealanjutnya sambungkan pipa ke dalam Shock, tunggu 10 menit setalah kering hidupkan kran utama.


Solusi kedua dan paten adalah memasang pipa buangan angin, ini adalah cara paling ampun jika masalah ini sering terjadi, karena apabila menggunakan solusi pertama 1 atau 2 kali perbaikan justru malah akan membuat pipa rusak dan buang-buang biaya perbaikan maupun material. Anda dapat simak gambar dibawah ini, contoh instalasi buangan untuk pipa air bersih yang sering masuk angin.

Penyebab Pipa Air Masuk Angin Dan Solusinya

Ini adalah solusi terbaik anti ribet, ketika pipa air masuk angin, kamu dapat mengelarkan air didalam pipa yang tercampur angin dengan cara instan hanya dengan memutar stop kran. Terlihat seperti gambar diatas hanya membutuhkan Tee pipa sesuai ukuran pipa instalasi dan 1 buah stop kran, ball valve atau Gate Valve.


Penutup

Demikian ulasan tentang Penyebab pipa air masuk angin dan cara mengatasinya, sangat mudah dipraktikkan sendiri, namun jika Anda tidak ingin kesulitan, segera hubungi teknisi pipa terdekat. Jika Anda berdomisili di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Denpasar, banyak penyedia jasa pemasangan pipa yang menyediakan layanan 24 jam. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Penyebab Pipa Air Masuk Angin Dan Solusinya"