Cara Menentukan Tinggi Titik Saklar Lampu dan Stop Kontak

Cara Menentukan Tinggi Titik Saklar Lampu dan Stop Kontak

Dalam menentukan posisi pemasangan sakelar la,pu dan stop kontak tidak boleh sembarangan, teknisi listrik wajib memikirkan kondisi ruangan dan titik paling tepat dimana saklar akan terpasang. Ada beberapa orang yang salah dalam menentukan titik stop kontak maupun saklar lampu, contoh saja titik saklar berada di ukuran 100 cm dari lantai, memang dapat dijangkau, tapi ini terlalu rendah.


Standar pemasangan titik saklar dan stop kontak dapat kita lihat dari denah instalasi yang telah dibuat oleh si pembuat. Jika memang gambar tersebut dapat kita ikuti, sah sah saja, tapi jika memang gambar tidak sejalan dengan apa yang ada di lapangan, tidak ada salahnya jika kita ubah titik real nya menyesuaikan fungsi dan kegunaan saklar maupun titik stop kontak tersebut.


Di dalam ulasan kali ini, kami akan membahas dan memberikan tips cara menentukan titik saklar maupun stop kontak yang benar dan paling ideal.


Ukuran Pemasangan Titik Saklar dan Stop Kontak

Menentukan tinggi saklar dan stop kontak dalam instalasi listrik adalah perkara mudah, langkah pertama adalah gemar mengukur, apa lagi jika anda peduli dengan yang namanya fungsi kegunaan komponen tersebut. 


1. Tinggi Titik Saklar Lampu Dari Lantai

Cara Menentukan Tinggi Titik Saklar Lampu dan Stop Kontak
Tinggi saklar lampu dari lantai menurut PUIL 2000 adalah 125 cm sampai 150 cm, sedangkan jarak saklar dari pintu masuk adalah 30 cm sampai 50 cm. ketinggian saklar harus mengikuti aturan pemasangan instalasi listrik. banyak manfaat yang akan di rasakan jika mau mengikuti aturan yang telah dipraktik kan oleh para teknisi listrik.


Tinggi saklar 145 cm dari lantai adalah agar tidak mudah di jangkau oleh anak kecil, kebanyakan anak kecil, selain itu juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan akibat listrik. jarak saklar dari pintu 50 cm agar titik saklar mudah terjangkau oleh tangan pada saat posisi ruangan gelap, jadi semacam menggunakan feel saja, saat masuk tanpa harus berjalan disaat gelap.


2. Tinggi Titik Stop Kontak Dari Lantai

Cara Menentukan Tinggi Titik Saklar Lampu dan Stop Kontak
Tinggi maksimum stop kontak pada dinding adalah 30 cm sampai 50 cm dari lantai, tapi titik ketinggian ini di khususkan untuk gedung umum atau kantor, tidak untuk rumah tinggal. Ini adalah tinggi standar stop kontak menurut Puil 2000 yang sering digunakan oleh para teknisi listrik. Jika pemasangan stop kontak mendekati dinding siku, gunakan jarak 25 cm sampai 30 cm saja.

Produk 5

Saklar15 Gang

Rp775.000

Produk 6

HC4226KT

Rp882.788

Produk 7

HC8318USB2-WH

Rp780.000

Produk 4

Stop Kontak Lantai

Rp986.500

Penutup

Idealnya posisi pemasangan saklar yang benar adalah sejajar dengan tubuh si pemilik rumah, antara 125 cm sampai 150 cm dan pemasangan stop kontak 30 cm sampai 50 cm. Pemasangan instalasi listrik wajib dilakukan oleh profesional dalam bidangnya  demi keamanan dan kenyamanan penghuni rumah nantinya.

Post a Comment for "Cara Menentukan Tinggi Titik Saklar Lampu dan Stop Kontak"