Cara Meningkatkan Tekanan Air Dari Toren Tanpa Pompa

Dalam kehidupan sehari hari, air adalah kebutuhan krusial, apa jadinya jika pada saat kita menggunakan air bersih didalam rumah tekanan air dari keran tidak kencang. pemasangan instalasi pipa air bersih sebaiknya di perhatikan sejak awal pembangunan rumah. 


Jika hal ini terjadi juga dapat menyebabkan ketersediaan air didalam rumah terhambat, bisa dibayangkan jika hanya mengisi air 1 ember saja 1 jam. Di dalam artikel kali ini kami akan memberikan ulasan bagaimana instalasi pipa air bersih untuk meningkatkan tekanan pada keran.


Banyak orang yang tidak sadar jika dalam pemasangan pipa air bersih harus memperhatikan ukuran, dengan memperhatikan nilai diameter pipa air, dapat dipastikan tekanan air akan kencang dan merata ke seluruh titik keran air didalam rumah.


Ada seorang teman yang bertanya ke Tim kami, Pak kenapa tekanan keran air didalam rumah tidak kuat, padahal ketingian toren 7 meter? Kembali kami ingatkan, bukan masalah di mana titik toren terpasang, permasalahan utama adalah salah dalam penerapan instalasi pipa pvc / ppr.


Meningkatkan Tekanan Pipa Menggunakan Header Pembagi

Header pipa adalah pipa utama yang1 berukuran lebih besar dari pipa distribusi, contoh pipa header utama 4" maka pipa output untuk distribusi adalah 1" sampai 1 1/2". Pemasangan pipa header diharapkan dapat meningkatkan tekanan air disetiap keran dan debit air rata menyeluruh.

Cara Meningkatkan Tekanan Air Dari Toren Tanpa Pompa
Header Pembagi

Gambar diatas dapat kita lihat sebuah rangkaian header pembagi distribusi air bersih, pipa utama memiliki ukuran 4" dan pipa distribusi 2". dengan mengikuti cara diatas air dirumah Anda bisa kencang disetiap keran. Pemasangan header dapat dilakukan sendiri, atau bisa juga menggunakan jasa tukang pipa terdekat disekitar kita.


Satu dari atas adalah pipa suply yang digunakan mengisi pipa header dari toren air, pada saat satu atau dua pipa distribusi digunakan, pipa suply akan terus mengisi pipa utama header. Instalasi seperti ini sangat di anjurkan untuk rumah atau gedung 2 lantai ke atas. Jika menggunakan sistem parallel menyambungkan 1 pipa dari toren ke seluruh keran tentu saja dapat mengurangi tekanan air.


Untuk penggunaan pipa kami sarankan gunakan pipa PVC tipe AW, untuk ukuran pipa sebaiknya menyesuaikan debit pemakaian didalam rumah. Idealnya rumah rumah 2 lantai pipa instalasi utama adalah 1,  ket titik keran 1/2" dan untuk diameter pipa header anda dapat memakai pipa 3" atau 4". Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu.


Bagi anda yang memerlukan jasa pemasangan pipa PVC PPR dan HDPE, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini, layanan 24 jam konsultasi gratis.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Tekanan Air Dari Toren Tanpa Pompa"