Cara Pemasangan Mcb 2 Jalur 1 Phase

MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah sebuah komponen pembatas daya listrik, MCB akan dapat memutus arus listrik yang melewatinya jika beban melebihi batas Amper yang ditentukan. MCB memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat memproteksi suatu jaringan instalasi listrik dan akan memutus arus jika terjadi beban berlebih.


MCB listrik umum digunakan oleh petugas PLN sebagai pembatas daya listrik yang telah di pesan oleh pelanggan pada KWH meter PLN. Tidak hanya itu saat MCB listrik juga umum digunakan oleh kalangan biasa dan bisnis sebagai komponen pembatas didalam sebuah panel listrik maupun panel kontrol.


Di salam ulasan kali ini kami akan memberikan info dan tips cara pasang MCB dua jalur pada instalasi listrik setelah KWH meter PLN atau pembatas sumber listrik utama.


Cara Pasang MCB 2 Jalur Untuk Listrik 1 Phase

Susunan MCB listrik dalam sebuah unit panel listrik pembagi pada umum adalah 1 buah MCB induk, 1 MCB induk lagi sebagai MCB utama dalam 1 buah unit Panel listrik grouping dan beberapa MCB yang akan langsung didistribusikan ke beban pemakaian.


Contoh MCB utama dari KWH meter PLN adalah 16 Amper maka MCB induk didalam panel pembagi adalah 10 Amper selanjutnya MCB untuk grouping adalah 6 Amper dan 4 Amper. Jika menggunakan susunan tersebut anda akan mendapatkan hasil proteksi keamanan instalasi listrik yang sempurna.


Contoh penggunaannya adalah MCB 4 Amper digunakan sebagai grouping instalasi lampu dan MCB 6 Amper untuk stop kontak. jika jalur instalasi lampu pada MCB 4 Amper kelebihan beban, masa titik MCB inilah yang akan terputus, begitu juga pada jalur MCB 6 Amper jika stop kontak mengalami korsleting listrik, maka MCB 6 Amper tersebut yang akan Trip / Jeglek.


Sisi aman dari susunan pemasangan MCB 2 jalur ini adalah ketikan instalasi Lampu dan Stop kontak bermasalah tidak akan membuat MCB induk 10 Amper trip, jadi sumber listrik masih tersedia didalam panel grouping. Contoh jalur MCB lampu padam atau ada kerusakan, jalur lampu yang masih menyala dapat kita manfaatkan untuk penerangan saat perbaikan jalur MCB 6 Amper.


Berikut ini adalah contoh pemasangan MCB 2 jalur dari KWH meter ke box panel pembagi:

Cara Pemasangan Mcb 2 Jalur 1 Phase

Gmbar di atas adalah contoh susunan pemasangan MCB 2 jalur yang benar, MCB utama pasa KWH meter adalah 16 Amper, dengan adanya MCB 10 Amper didalam box panel pembagi daya, maka unit KWH meter akan aman jika ada insiden kerusakan instalasi listrik karena MCB 10 Amper akan terlebih dahulu memutus arus, jadi resiko kebakaran akibat korsleting listrik lebih kecil.


Langkah-langkah Pemasangan MCB 2 Jalur

Sebelum melakukan pemasangan MCB 2 jalur, ada baiknya memeprsiapkan peralatan dan material yang dibutuhkan yaitu MCB 10 Amper 1 nuah, MCB 6 Amper, MCB 4 Amper, box mcb satu set, kabel listrik secukupnya warna merah dan biru, kabel biru digunakan untuk Netral dan Merah sebagai Phase.


Sedangkan untuk peralatan yang wajib disiapkan adalah tang kombinasi, tang potong, cuter potong, isolasi listrik jika dibutuhkan, obeng kembang plus,obeng kembang minus, dan tes pen listrik,  tespen listrik digunakan ketika jalur pemasangan MCB 2 jalur sudah Aktif.


1. Pemasangan Box dan MCB

Pasang MCB 10A, 6A dan 4A ke dalam box MCB, tempelkan Ketiga MCB tesebut ke rel pengait bawaan yang sudah disiapkan oleh produsen box MCB. Pada tahap ini pastikan MCB yang menempel di box terpasang dengan kencang, karena saat perapian kabel akan ada tarikan, jadi jika pemasangan unit MCB tidak kencang bisa beresiko komponen MCB terlepas, dan ini dapat membahayakan.


2. Wiring Kabel Ke Unit MCB

Kode wiring warna kabel dalam box MCB dapat menyesuaikan seperti gambar diatas, garis warna kabel merah adalah Phase atau api listrik dan Biru adalah Netral. Jika kita amati pasa gambar, gambar merah dari kanan adalah phase listrik dari sumber PLN bertegangan 220V sebelum masuk ke dalam MCB KWH meter PLN. Output kabel mera dari KWH meter masuk ke Input MCB 10 Amper sebagai MCB induk di dalam panel Pembagi. 


Selanjutnya output MCB 10 Amper masuk ke input MCB 6 Amper dan 4 Amper dengan sistem sambungan seri, yaitu sumber listrik dari MCB listrik dijadikan satu. Output MCB 6 Amper dan 4 Amper didistribusikan ke pemakaian didalam gedung, untuk kabel warna Biru PLN masuk ke KWH, selanjutnya output Netral KWH langsung ke beban pemakaian.


3. Pengetesan MCB 2 Jalur

Tahap pengetesan cukup dengan menyalakan MCB induk KWH meter, cara paling mudah adalah dengan cara menghidupkan lampu penerangan didalam rumah, atau coba cek stop kontak menggunakan tespen listrik apakah sudah teraliri listrik, jika belum yakin Anda dapat memanfaatkan multitester digital untuk cek tegangan 220V PLN.


Pemasangan MCB 2 jalur diatas dapat dikerjakan sendiri, tapi tetap dengan pemahaman yang benar, jika anda masih bingung, silahkan hubungi teknisi listrik terdekat. Penyedia jasa listrik saat dapat dengan mudah kita temukan online seperti melalui forum situs, website, blog dan media sosial.

Produk 5

MCB 2A 1P

Rp97.900

Produk 6

MCB 4A 1P

Rp93.900

Produk 7

MCB 6A 1P

Rp75.900

Produk 4

MCB 10A 1P

Rp72.000

Semoga ulasan kali ini dapat membantu Anda yang sedang ingin memasang MCB 2 jalur, selalu perhatikan keselamatan kerja, karena mengingat listrik dapat membahayakan jika salah dalam pemasangan. Jika ada kerusakan listrik dari KWH sampai tiang listrik sebaiknya segera hubungi pihak PLN dan apabila di dalam rumah Anda dapat menghubungi tukang listrik terdekat.

Post a Comment for "Cara Pemasangan Mcb 2 Jalur 1 Phase"