Penyebab Gerinda Tangan Cepat Panas Sampai Terbakar

Gerinda adalah sebuah alat penting yang dapat digunakan dalam berbagai hal, terutama untuk alat kerja di proyek. Gerinda sendiri sering digunakan oleh teknisi listrik untuk memotong atau mengasah benda kerja contoh, membuat garis potong pada tembok untuk membuat lubang penanaman pipa listrik, untuk mengasah mata bor dan masih banyak lagi masnfaat gerinda untuk teknisi listrik.

Penyebab Gerinda Tangan Cepat Panas Sampai Terbakar
Gerinda Tangan

Sampai saat ini gerinda masih menjadi alat utama bagi para tukang, pekerjaan akan menjadi lebih cepat dengan bantuan gerinda tangan. Memotong besi menggunakan gerinda akan menyingkat waktu jika dibandingkan dengan menggunakan gergaji besi, bisa dibayangkan jika besi tadi dipotong menggunakan gergaji, tentu akan memperlambat pekerjaan tukang tersebut.


Dalam artikel kali ini kami akan memeberikan ulasan tentang penyebab gerinda tangan mudah panas dan solusinya. Simak ulasan ini sampai selesai.


Penyebab Alat Gerinda Mudah Panas dan Solusinya

Jika anda adalah seorang tukang, ada baiknya ikuti ulasan ini sampai selesai, karena masalah gerinda mudah panas sering terjadi dan ini bukan masalah kecil, tanda gerinda tangan mudah panas dapat menyebabkan gerinda mudah rusak.


1. Kabel Power Hampir Terbakar

Langkah awal yang harus dilakukan jika gerinda tangan mudah panas adalah dengan mengecek kabel power bawaan, kabel utama penghubung sumber listrik ke dalam mesin gerinda. Biasanya kabel ini hampir  terbakar, penyebab kabel ini terbakar adalah beban putaran gerinda terlalu berat dan menyebabkan kabel panas hingga terjadi korsleting listrik.


Meski bukan 100% kabel power yang menyebabkan mesin gerinda tangan mudah panas, tapi diduga dari sini juga dapat kita curigai yang menyebabkan gerinda tangan mudah panas. Solusi dari masalah ini adalah dengan cara membongkar kabel power lalu cek menggunakan multitester digital, apakan ada tanda-tanda kabel korslet yang dapat menyebabkan gerinda panas.


2. Bearing Gerinda Macet

Setelah kabel power, Anda dapat mencoba cek Bearing gerinda, Bearing adalah tempat berputarnya poros mesin, jika bearing macet atau tidak center, gerinda yang kita gunakan menjadi berat, dari sini sudah dapat kita simpulkan dengan mudah jika Bearing lah penyebab utama mengapa gerinda tangan tersebut menjadi cepat panas hingga bau gosong.


Solusi dari masalah ini adalah mengganti Bearing tersebut, Anda dapat membeli di toko perkakas sesuai ukuran gerinda tersebut, atau bisa juga langsung ke teknisi yang memiliki keahlian service masalah gerinda tangan, harga Bearing gerinda berkisar antara Rp17.000,00. sampai Rp30.000,00. Jika ingin ke jasa bengkel biaya yang dikeluarkan berkisar Rp45.000,00. sampai Rp125.000,00.


3. Stator Gerinda Tangan Mati Sebelah

Stator gerinda tangan adalah sepasang gulungan kawat tembaga diam yang tidak bergerak dan memiliki dua jalur listrik, jika salah satu kawat tembaga terputus maka akan terjadi arus balik yang dapat menyebabkan perputaran armature tidak beraturan. Jika hal ini terjadi, dampak buruknya adalah gerinda tangan dapat berbau gosong hingga terbakar.


Solusi dari masalah ini adalah mengganti Stator gerinda tangan dengan yang baru, saar ini kita dapat dengan mudah membeli stator sudah jadi sesuai jenis gerinda yang dimiliki. Jika tidak ingin ambil pusing, silahkan pilih gerinda tangan baru yang kami rekomendasikan dibawah ini.

Produk 5

Makita 9553B

Rp602.000

Produk 6

INGCO AG900285

Rp728.000

Produk 7

INGCO AG220018P

Rp1.610.500

Produk 4

Makita GA6020

Rp1.726.000


Penutup

Apapun merek gerinda yang digunakan, awet tidaknya alat tersebut tetap kembali kepada penggunannya, jika berhati-hatidan tidak ceroboh, mungkin gerinda tangan yang anda miliki bisa awwt hingga tahunan. Dalam melalkukan aktivitas kerja menggunakan alat gerinda ada teknik-teknik yang harus di kuasai seperti bagaimana memegang gerinda saat nyala atau posisi tubuh yang seperti apa agar tetap aman dalam kondisi bekerja mengguanakan gerinda tangan.

Post a Comment for "Penyebab Gerinda Tangan Cepat Panas Sampai Terbakar"