Cara Pasang Saklar Lampu Tunggal Mcblistrik.com

Cara Pasang Saklar Lampu Tunggal Mcblistrik.com
Saklar Tunggal Broco
 Mcblistrik.com - Saklar adalah sebuah komponen listrik yang berfungsi untuk memutus atau menyambung arus listrik pada perangkat elektronika, pada umumnya saklar berguna untuk mengontrol penggunaan lampu penerangan pada sebuah ruangan atau tempat umum seperti jalan raya yang lebih tepatnya untuk penerangan jalan umum PJU.

Dalam ulasan kali kita akan membahas bagaimana menyambung rangkaian saklar tunggal yng umum kita temukan disekitar kita, saklar tunggal adalah sebuah saklar yang hanya memiliki satu buah tombol, koneksi saklar tunggal hanya memiliki 1 buah input sumber arus listrik dan 1 buah output arus listrik yang menuju ke beban lampu atau perangkat elektronik.

Saat ini banyak jenis saklar yang dapat kita temukan di toko-toko listrik dan bangunan, dengan begitu kita akan lebih bisa menyesuaikan mana saklar yang bagus dan cocok untuk ruangan di rumah kita, ikuti terus ulasan berikut ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara paling mudah untuk memasang saklar tunggal yang benar dan aman.


Cara Pasang Saklar Lampu Tunggal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

Persiapan Bahan dan Peralatan

  1. Kabel listrik: Kabel listrik adalah sebuah bahan penghantar yang digunakan untuk menghantarkan arus listrik pada instalasi listrik, dengan material ini kita dapat menghantarkan arus listrik dari sumber ke beban dengan mudah dan aman. kabel listrik mudah Anda temukan di toko listrik dan bangunan terdekat.
  2. Saklar Tunggal: Saklar tunggal adalah alat pemutus dan penghubung arus listrik dari sumber listrik aris kuat ke beban lampu atau perangkat elektronik.
  3. Isolasi Listrik: Isolasi listrik merupakan sebuah bahan pendukung dalam pemasangan instalasi listrik, Selotip listrik sangat sensitif dari tarikan dan dapat merekat pada penghantar tembaga tunggal maupun serabut, Selotip listrik dapat digunakan untuk mengisolasi tembaga penghantar arus listrik kuat.
  4. T-Dus Listrik: T Does listrik merupakan material listrik yang berfungsi sebagai kotak pelindung sambungan kabel listrik, atau dapat juga kita sebut dengan kotak terminal sambungan, dengan memanfaatkan alat ini kita dapat mengamankan sebuah rangkaian sambungan instlasi kabel saklar tunggal.
  5. Lampu: Lampu adalah sumber cahaya dalam instalasi penerangan, ada banyak jenis lampu yang dapat kita gunakan saat ini yaitu lampu pijar, lampu led, dan lampu flourescent. Fungsi utama lampu adalah dapat menghasilkan cahaya untuk menerangi lokasi atau area yang diinginkan.
  6. Inbow Dus: Manguk saklar atau inbowdus adalah sebuah material listrik yang digunakan sebagai pelindung saklar dan konektor saklar, dengan alat ini saklar akan lebih aman dan awet digunakan hingga puluhan tahun.
  7. Tang Kombinasi: Tang kombinasi adalah sebuah alat kerja yang dapat Anda gunakan sebagai sarana menyambung kabel listrik dengan mudah dan aman, Tang kombinasi pada umumnya terbuat dari besi baja terbungkus karet yang berguna sebagai isolasi agar terlindungi dari tembaga kabel yang tajam dan agar terhindar dari sengatan arus listrik.
  8. Tespen Listrik: Tespen listrik atau tester tegangan adalah sebuah alat sederhana namun sangat penting bagi teknisi listrik, alat ini dapat digunakan untuk menentukan ada tidaknya sebuah arus yang mengalir dalam sebuah penghantar kabel listrik. Contoh ada dua buah kabel listrik yang satu di antaranya adalah Phase listrik, dengan memanfaatkan tester tegangan kita dapat dengan mudah menentukan mana phase listrik dan yang mana Netral listrik.
  9. Obeng Kecil: Obeng adalah sebuah alat pertukangan yang berfungsi sebagai pengencang skrup dan sebaliknya untuk melepaskan skrup, dalam pekerjaan pemasangan saklar tunggal, obeng digunakan sebagai alat untuk memasang kabel tembaga tunggal maupun serabut kedalam konektor saklar tunggal.
  10. Cutter: Cutter adalah alat pemotong, dalam pekerjaan pemasangan saklar tunggal cutter digunakan sebagia alat pengupas kabel listrik.

Lamgkah-langkah Pemasangan Saklar Tunggal

Cara Pasang Saklar Lampu Tunggal Mcblistrik.com
Diagram Saklar Tunggal
  1. Persiapan Lokasi: Lokasi yang akan terpasang saklar tunggal harus sudah siap, jika ingin menggunakan saklar tembok, sebaiknya Inbow Dus sudah terpasang, ini adalah material penting dalam instalasi listrik, inbow dus juga lebih sering disebut dengan mangkuk saklar.
  2. Perapian Kabel Listrik: Kabel listrik yang terpasang didalam pipa wajib dalam keadaan rapi, ini akan dapat memudahkan kita pada saat pemasangan saklar tunggal.
  3. Pemasangan Kabel Ke Konektor Saklar Tunggal: Jika menggunakan kabel tembaga tunggal, pemasangan kabel ke konektor akan lebih mudah, berbeda jika memakai kabel serabut, saklar tunggal umumnya menggunakan ukuran kabel 1.5mm sampai 2.5mm. Pasang kabel ke konektor saklar menggunakan obeng kecil yang sudah disiapkan.
  4. Pemasangan Saklar Ke Inbow Dus: Menggunakan obeng yang sudah disiapkan kita dapat memasang saklar dan menempelkan saklar yang siap teraliri listrik untuk menghidupkan lampu penerangan. Pastikan saklar terpasang dengan kencang dan tidak mudah lepas saat digunakan.
  5. Pengetesan dan Perawatan: Setelah saklar terpasang dengan baik, masuk pada sesi terakhir yaitu pengetesan, kita dapat menekan tombol saklar agar lampu menyalam jika sudah normal, lanjut ke sesi perawatan pada saat masa operasional. Lakukan perawatan secara berkala agar unit saklar awet hingga bertahun-tahun.

Penutup

Pemasangan saklar sangat mudah dilakukan, hanya dengan mengikuti ulasan diatas kita dapat memasang saklar tunggal dengan mudah. Saklar tunggal merupakan perangkat penting dalam sebuah instalasi listrik tapi jika Anda masih kebingungan silahkan kontak kami melalui halaman kontak dibawah situs ini. 

Mcblistrik.com juga menyedaikan jasa pemasangan instalasi listrik yang dikerjakan oleh teknisi berpengalaman, kami telah banyak menyelesaikan proyek-proyek besar seperti gedung sekolahan, hotel, rumah sakit dan petokoan. Info lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Post a Comment for "Cara Pasang Saklar Lampu Tunggal Mcblistrik.com"