Jenis dan Ukuran Kabel Listrik Paling Cocok Untuk Rumah Tangga

Jenis dan Ukuran Kabel Listrik Paling Cocok Untuk Rumah Tangga

Mcblistrik.com - Kebel listrik adalah sebuah penghantar arus listrik yang terbuat dari tembaga kuningan maupun tembaga putih. Dengan memanfaatkan kabel listrik, Anda dapat menyalurkan arus listrik phase dan netral dari sumber listrik PLN ke Pemakaian seperti stop kontak, lampu penerangan dan perangkat elektronik. Kabel adalah komponen utama yang sangat penting dalam jaringan instalasi listrik rumah tinggal maupun gedung, dan industri besar. Saat ini banyak sekali jenis kabel yang di produksi sesuai kebutuhan konsumen, mulai dari ukuran yang dapat menyesuaikan besaran arus listrik yang akan digunakan, jenis material tembaga kuningan tunggal, serabut tembaga atau tembaga putih seperti yang terpasang pada tiang listrik PLN.


Kali ini kami akan membahas kabel seperti apa yang cocok digunakan untuk instalasi rumah tinggal, mcblistrik.com akan merekomendasikan kabel terbaik yang biasa kami gunakan di dalam proyek rumah tinggal maupun gedung perkantoran. Karena dalam pemilihan kabel listrik tidak boleh sembarangan, tidak hanya dari jenis dan bahan kabel, menyesuaikan ukuran untuk menyesuaikan daya juga teramat penting dilakukan. Mengingat bahaya kecelakaan yang sering terjadi seperti kebakaran akibat korsleting listrik, listrik sering padam atau jalur listrik mati sebagian.


Kabel Listrik Paling Cocok Untuk Instalasi Gedung dan Rumah Tangga

Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa jenis kabel tembaga maupun serabut yang umum digunakan dalam pekerjaan instalasi listrik. Kami akan merekomendasikam brand kabel terbaik, material yang sering kami gunakan dalam proyek kami di beberapa kota seperti Salatiga, Semarang, Jakarta, Bandung dan Denpasar Bali.


Kabel NYM 3x1.5mm

Kabel ukuran 3x1.5 pada umumnya digunakan untuk jaringan instalasi listrik rumah tinggal, namun tidak dianjurkan untuk tidak melebihi batas hantar 18 Amper atau sekitar 4.000 Watt dalam tegangan nominal 300V sampai 500V listrik 1 Fasa, dan jika di paksa untuk di lalui arus sebesar 18A, sudah dipastikan kabel ini akan meleleh hingga terbakar. Jika di rumah Anda menggunakan listrik PLN 450 Watt sampai 1.300 Watt tidak masalah, kabel ini masih kuat untuk di aliri arus sebesar itu sampai ke perangkat yanh di tuju, dengan satu catatan harus seimbang, sebagai contoh tidak kulkas dengan daya 150 Watt, sangat mungkin jalur instalasinya menggunakan kabel ukuran 3x1.5mm atau kabel tunggal 1.5mm.


NYM adalah kode kabel yang dapat mengindikasikan bahwa ini adalah kabel Outdoor atau jenis kabel yang hanya boleh terpasang di dalam ruangan, jadi tidak disarankan terpapar matahari langsung, karena kabel jenis NYM dapat bertahan lama jika terkena sinar matahari langsung atau hujan, selain itu kabel ini juga mudah korosi, apabila dijadikan sebagai kabel utama dalam instalasi listrik di rumah Anda, sebaiknya tetap memanfaatkan pipa listrik sebagai pelindung kabel agar tidak cepat rusak.


Kabel ini memiliki 3 kabel tunggal yang memiliki warna berbeda satu sama lain, warna pada umumnya adalah Biru/Netral Hitam/Fasa dan Kuning/Grounding Arde. Untuk warna pekat atau gelap kabel fasa, ada juga beberapa produsen kabel yang mengganti warna fasa menjadi Merah atau Cokelat, hal ini tidak masalah karena ada peraturan Puil listrik dari pemerintah yang menganjurkan warna gelap sebagai kabel Phase Api Listrik.


Kabel NYM 3x2.5mm

Jenis kabel ini sangat cocok untuk instalasi listrik rumah tangga dan gedung, 3x2.5mm adalah ukuran standar pemakain untuk instalasi listrik di Indonesia. Hampir semua gedung perkantoran, bank dan instalasi listrik di tempat umum menggunakan jenis kabel NYM ukuran 2.5mm. Saat akan melakukan pemasangan instalasi listrik rumah, sebaiknya rekomendasikan kabel tersebut kepada tukang atau teknisi Anda, selain ukuran kabel standar, kabel ini juga dilengkapi dengan pelindung PVC yang tahan panas dan tidak mudah terbakar. 


Kabel NYM 3x2.5mm mampu di lewati arus listrik sebesar 26 Amper atau sekitar 5.700 Watt, jadi sangat aman untuk listrik rumah tinggal yang memesan pasang baru PLN antara 450 Watt sampai dengan 4.400 Wat / 20 Amper dalam tegangan nominal 300 Volt sampai 500 Volt. Tapi tetep sesuai apa yanh sudah kami ulas di point pertama, jinis kabel NYM tidal cocok untuk instalasi listrik di luar ruangan, karena tidak dianjurkan, solusi dari masalah ini adalah wajib menggunakan pipa listrik sebagai pelindung kabel.


Kabel NYM 3x2.5mm memiliki 3 kabel tunggal, sama seperti point pertama, hanya saja yang membedakan adalah ukuran untuk menyesuaikan arus yang melewati kabel tersebut nantinya. Kabel tunggal berwarna Biru dapat difungsikan sebagai Netral, Warna Hitam adalah Fasa listrik dan Kuning Grounding pentanahan. Kami sangat menyarankan ukuran dan jenis kabel ini untuk instalasi listrik rumah Anda selain diameter besar, kabel ini juga tahan terhadap panas. Namun akan lebih baik jika instalasi kabel NYM 3x2.5mm tetap memanfaatkan pipa conduit listrik sebagai isolasi utama agar lebib awet dam tidak terganggu oleh hewan seperti tikus.


Kabel NYM 3x4mm

Semakin besar kabe yang digunakan, arus yang dapat melewatinya juga akan besar, tapi kami tidak merekomendasikan ukuran kabel ini untuk instalasi listrik rumah tangga, karena terlalu besar yang mampu dilewati oleh arus listrik sebesar 7.500 Watt. 4mm kabel isi 3 dapat digunakan untuk mesin industri pabrik, jika untuk rumah tinggal sangat tidak disarankan, untuk rumah tangga ukuran kabel ini sering difungsikan untuk instalasi pada Kwh meter PLN atau OuT Going kwh meter. Karena ini adalah out put listrik utama, jadi ukuran kabel listrik yang digunakan haruslah lebih besar dari kabel instalasi di dalam rumah.


Jenis kabel NYM 3x4mm sama seperti NYM 3x1.5mm dan 3x2.5mm, memiliki 3 warna kabel tunggal yang berbeda, yaitu Hitam Fasa, Biru Netral san Kuning adalah grounding. Kabel grounding wajib terpasang dari kwh untuk menjaga kesehatan dan keawetan perangkat tersebut, jadi sangat kami sarankan untuk segera melakukan pemasangan Arde setelah kwh PLN menempel di dinding rumah Anda. Jika membutuhkan jasa pemasangan KWH PLN atau Tambah Daya, segera hubungi kami melalui halaman kontak di bawah situs ini, free konsultasi dan survei gratis.


Kabel NYM 3x6mm

NYM 3x6mm adalah jenis kabel listrik yang terdiri dari 3 kabel tunggal yaitu Kuninga / Grounding, Cokelat / Fasa listrik dan Biru / Netral (0). Sama seperti penjelasan pada point ke 3, kabel ukuran 6mm sangat tidak disaran untuk instalasi listrik rumah tangga, karena sangat besar, bisa di bayangkan jika Anda melakukan penyambungan di dalam T Dus listrik, pasti akan kesulitan dan sangat beresiko korsleting listrik karena terlalu banyak tekukan berat. Kabel NYM 3x6mm kami rekomendasikan untuk instalasi setelah kwh meter atau Out Going kwh meter, selain besar, kabel ini juga sangat kuat untuk menopang arus listrik hingga 10.000 Watt dalam tegangan Voltase nominal PLN 300 V sampai 500 V.


Kabel Serabut NYYHY 3x1.5mm

Meski tidak disarankan untuk instalasi listrik rumah tangga, tapi ada juga beberapa orang yang tetap menggunakan kabel jenis NYYHY sebagai jalur instalasi listrik di rumah mereka. Tapi kami sebagai pelaku penyedia jasa pemasangan instalasi listrik sangat tidak menyarankan untuk menggunakan kabel ini. Karena daya tahan label sangat kurang, jika terus menerus teraliri listrik, tidak seperti kabel tembaga padat yang tahan terhadap panas.


Kabel NYYHY 3x1.5 lebih cocok digunakan dalam lingkup rumah sebagai suport kabel kontrol pompa air atau radar WLC pompa sumur dangkal maupun sumur dalam. Karena arus yang melewatinya adalah DC atau arus lemah, tentu saja akan membuat kabel ini awet hingga bertahun-tahun, sesuai kode NYYHY berwarna hitam, kabel ini mampu bertahan dari sinar matahari meski terpapar langsung tanpa menggunakan pipa listrik, akan tetapi saran dari kami akan lebih bagus jika tetap mengggunakan pipa listrik sebagai pelindung kabel saat instalasi di luar ruangan.


Kabel NYYHY 3x2.5mm

Meski jarang digunakan dalam instalasi listrik rumah tjnggal, tapi ada beberapa owner yang ingin memasang kabel jenis ini sebagai kabel listrik dirumah mereka. Kami pernah mendapatkan project kerjasama dengan sebuah perusahaan IT ternama di Indonesia dan mereka ingin semua jalur kabel instalasi listrik di dalam kantor tersebut menggunakan kabel NYYHY 3x2.5mm. Tapi kekurangan dari kabel ini adalah sangat mahal jika dibandingkan dengan jenis kabel NYM, jenis NYYHY lebih unggul karena memang spesifikasi materila kabel tahan terhadap panas matahari dan panas kabel serabut yang teraliri arus listrik.


Penutup

Pada ulasan kali ini kami hanya memberikan informasi tentang jenis dan ukuran kabel listrik paling cocok untuk instalasi listrik rumah biasa, tidak untuk instalasi listrik kantor industri, pabrik maupun lokasi jalan umum. Dalam pemilihan kabel listrik ada baiknya menyesuaikan kondisi daya terpakai misal Anda data aktual lapangan daya terpakai adalah 1.000 Watt, maka ukuran dan jenis kabel yang cocok adalah NYM 3x1.5mm atau NYM 3x2.5mm. Untuk rekomendasi merek kabel ternama standar nasional Anda dapat mencoba brand kabel Supreme, Extrana, Kabelindo, Jembo dan Kitani. Demikian artikel yang dapat kami infokan, jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan ulasan diatas, silahkan tulis komentar di bawah situs ini.

Post a Comment for "Jenis dan Ukuran Kabel Listrik Paling Cocok Untuk Rumah Tangga"