Penyebab Arus Listrik Jadi Positif Semua

 Mcblistrik.com - Penyebab arus listrik pada kabel berubah menjadi positif semua atau kosong tanpa ada arus apa pun adalah masalah serius yang perlu ditangani agar tidak mengganggu aktifitas.

Penyebab Arus Listrik Jadi Positif Semua

Di duga penyebab masalah ini adalah karena kabel listrik terputus atara fasa dan netral, faktor penyebab dari masalah ini bisa jadi karena beban arus listrik yang melewatinya terlalu besar atau memang kabel yang digunakan sudah tidak layak.


Dalam artikel kali ini kami akan memberikan info tentang mengapa arus listrik di dalam kabel listrik menjadi fasa semua atau tidak ada arus sama sekali. Namun sebelumnya kami ingin menyampaikan bahwa, masalah ini sering kami temukan di lapangan, jadi melalui ulasan ini kami akan memberikan solusi mengapa masalah ini sering terjadi.


Penyebab Arus Kabel Terisi Api Listrik Semua

Kabel listrik adalah sebuah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghantarkan arus listrik positif dan negatif dari sumber listrik ke beban seperti lampu dan perangkat elektronik.


 Tapi tidak selamanya kabel listrik dapat digunakan dengan normal, pasti ada masanya kabel listrik ada masalah termasuk dua jalur kabel fasa dn netral terisi api listrik semua.


Kabel Listrik Terpasang Tanpa Pipa

Masalah kabel listrik menjadi positif semua dapat dikarenakan kabel terjepit tanpa pipa, penyebab masalah ini adalah adanya kesalahan dalam pemasangan instalasi.


 Faktor penyebab dari masalah adalah bisa jadi kabel terpasang dalam keadaan tertekuk tanpa pipa pelindung, kabel tergencet, atau pemasangan kabel tanpa pipa dalam kondisi dinding basah.


Pada saat kabel listrik teraliri arus listrik dari sumber ke beban, dua tembaga akan melalui proses arus bolak-balik (AC) yang dapat menimbulkan panas.


Contoh kasus kabel lustrik terpasang tanpa pipa dan tembok basah, ini sangat membahayakan, kabel akan mudah terbakar dan selanjutnya terputus, jika salah satu kabel potitif atau negagif terputus maka semua jalur instlasi akan menjadi positif semua.


Kabel Sudah Tidak Layak Pakai

Kasus kedua hampir sama seperti kasus pertama, penyebab kabel listrik terisi api listrik semua diduga karena kabel sudah berumum, sehingga berpotensi terjadinya korsleting listrik dan memicu terjadinya masalah Arus listrik menjadi positif semua.


Untuk menyelesaikan masalah ini cukup mengganti kabel listrik dengan yang baru, hindari pemasangan instalasi listrik tanpa pipa dan selalu gunakan kabel tembaga tunggal jika daya listrik di dalam rumah hingga 450 Watt keatas.


Kabel sudah tidak layak akan mudah terbakar, panas kabel yang di hasilkan pada saat kabel digunakan menyebabkan kulit kabel meleleh dan dapat menyebabkan korsleting listrik. Solusi dari maaalah ini adalah mengganti instalasi menggunakan kabel yang lebih baru dan menyesuaikan ukuran.


Koneksi Kabel Di Dalam Panel Terlepas

Panel listrik adalah tempat untuk mengontrol instalasi, membagi hingga untuk lokasi kontrol sistem mesih komersil maupun industri. Untuk panel listrik pembagi rumah, biasanya kurang diperhatikan karena memang tidak peduli, panel listrik jarang di rawat dan ini dapat menyebabkan kabel listrik positif semua.


 Contoh kasus panel memang di indikasi jadi penyebab kabel listrik terisi arus positif semua, saat pengecekan, ada salah satu kabel Netral terlepas dari busbar dan menempel di salah satu output fasa MCB, atau penyebab ke dua adalah input dari sumber ke MCB induk terbalik, fasa terpasanh di Busbar Netral dan Netral masuk ke input MCB indu lalu terputus.


Solusi dari masalah jni adalah selalu cek keadaan panel listrik, Anda dapat melakukan kontrol setiap 1 minggu sekali atau satu bulan sekali, keuntungan dari rutinitas ini adalah dapat mencegah terjadinya kerusakan panel listrik termasuk dapat membuat kabel terisi arus positif semua.


Penutup

Kabel listrik memeiliki tiga buah kabel inti yanh digunakan untuk mengalirkan arus listrik dan membuang arus liar yaitu Fasa Netral dan Grounding Arde. Kabel fasa adalah kabel berlapis pvc warna gelap Merah, Cokelat dan Hitam, Kabel Netral adalah kabel berlapis pvc warna Biru Abu-abu dan Kabel Grounding atau Arde adalah Kuning polos atau Kuning Bergaris.


Dalam pemasangan instalasi listrik harus teliti dan tahu bagaimana merealisasikan gambar kerja menjadi sebuah tatanan sistem wiring yang baik, rapi dan aman. Jika hal ini tersebut dapat diterapkan, maka kerusakan yang membuat kabel listrik terisi arus positif semua tidak akan terjadi. 


Hal tersebut adalah masalah serius yang seharusnya tidak boleh terjadi, selain dapat merugikan secara materil juga dapat rugi waktu, contoh kerusakan terjadi pada gedung perkantoran, ini akan dapat menghambat produksi karyawan karena terganggu oleh masalah tersebut.


Mcblistrik melayanai jasa pemasangan instalasi di Seluruh kota Salatiga, layanan 24 jam, siap melakukan perbajkan kapan pun dimanapun. Jika Anda ingin menghubungi kami segera kunjungi kontak di bawah situs ini, kami memiliki teknisi berpengalaman dan bersertifikat yang siap bekerja tepat waktu.

Post a Comment for "Penyebab Arus Listrik Jadi Positif Semua"