Penyebab Listrik Mati Saat Saklar Dinyalakan

 Mcblistrik.com - Sering kita alami permasalahan mengapa saklar rusak, salah satunya adalah listrik rumah padam total pada saat saklar digunakan untuk menyalakan lampu penerangan.


Ini adalah masalah serius, karena dapat mengganggu kita beraktivitas seperti mengganggu penerangan, tidak berfungsinya terminal listrik dan masih banyak lagi.


Di sini Mcblistrik.com akan memberikan solusi paling mudah untuk mengatasi masalah listrik rumah padam total saat saklar dinyalakan, simak ulasan berikut ini sampai selesai.


Penyebab Listrik Padam Saat Saklar dinyalakan

Permasalahan yang akan kami ulas mungki sepele dan sering kita temukan disekitar, namun tetap harus waspada, karena listrik dapat membahayakan penggunanya.


Jalur Kabel Bermasalah

Penyebab pertaman adalah jaringan kabel rusak, kabel listrik mengalami korsleting listrik, sehingga pada saat saklar dinyalakan untuk menghubungkan arus listrik membuat kwh meter turun dan listrik pun padam total.


Biasanya kabel terbakar karena salah pemasangan seperti terjepit, kena paku atau tertekuk. Jika instalasi seperti ini, tentu saja akan mudah terjadi koraleting arus listrik yang dapat memadamkan listrik total.


Kabel listrik berumur juga bisa memicu terjadinya korsleting arus listrik yang dapat membuat listrik mati total. Kabel kering terlalu tua akan mudah meleleh sehingga terjadi korsleting listrik.


Saklar Sudah Rusak

Komponen saklar sendiri juga dapat memicu terjadinya listrik didalam rumah mati total, jika ELCB terpasang dalam instalasi rumah Anda lebih tepatnya didalam panel listrik.


Kita akan dapat dengan mudah mencari dan mengetahui dimana kerusakan terjadi, contoh saklat bermasalah karena satu kabel terlepas menempel ke tembok rumah, dari kriteria masalah ini melalui ELCB listrik akan teputus dengan mudah.

Saklar Tunggal

ELCB adalah alat khusus yang terpasang didalam panel listrik untuk melindungi pengguna dari kebocoran arus, sangat kami rekomendasikan untuk keamanan jalur instalasi didalam rumaj Anda.


Fitting Lampu Bermasalah

Tidak hanya saklar dan kabel listrik saja, fitting lampu juga dapat menjadi pemicu terjadinya korsleting listrik saat saklar dinyalakan, berikut penjelasannya:


Fitting yang sudah usang dan terlalu lama digunakan, kerusakan konektor didalan fitting bisa diprediksi pemicu terjadinya korsleting listrik, konektor lepas dan kabel menempel dikonektor satunya.


Didalam fitting lampu terdapat dua konektor fitting yaitu Phase dan Netral, jika memang listrik padam karena fitting rusak, dapat kami pastikan antar konektor saling bertemu dan menyebabkan korsleting listrik.


Selain fitting sudah habis masa pakai, kesalahan dalam pemasangan juga dapat memicu terjadinya listrik padam total didalam rumah atau gedung di tempat Anda.


Contoh teknisi melakukan pemasangan kabel pada konektor fitting tidak kencang, sehingga kabel terlepas dan menyebabkan antar konektor Phase Netral bertemu.


Fitting Kemasukan Air

Selain konektor yang saling menempel, padamnya listrik didalam rumah juga dapay dipicu dari unit fitting kemasukan air, sehingga konektor atau kabel phase netral terhubung.


Kerusakan jenis ini biasanya terjadi pada instalasi tertanam diatas Dak beton, ketidak pengecoran tidak baik, ini akan membuat air masuk ke rongga-rongga jalur pipa lalu secara otomatis air akan masuk ke dalam fitting.


Penutup

Itulah penjelasan mengapa listrik rumah bisa padam total padahal kita hanya menyalakan saklar. Dengan memahami 4 point diatas, kita akan dengan mudah menemukan kerusakan dari masalah ini.


Solusi dari masalah diatas adalah selalu gunakan pipa pelindung kabel, serahkan kepada teknisi yang sudah berpengalaman untuk menjalankan pekerjaan pemasangan kabel listrik.


Pantau terus kesehatan saklar, setiap hari kita membutuhkan saklar untuk menyalakan lampu, jadi tidak selamanya saklar akan bekerja dengan baik, jika memang saklar sudah rusak, segera gunakan saklar baru.


Segera lakukan pergantian fitting jika memang unit fitting sudah rapuh. Dan kami juga selalu menekankan kepada seluruh teman-teman teknjsi listrik untuk menghindari budaya instalasi tertanam didalam dak beton.


Demikian ulasan ini kami buat, Mcblistrim.com juga melayai jasa pemasangan instalasi listrik, pembuata panel listrik, panel kontrol dan plumbing pipa Hdpe. Jika ingin bekerja sama segera hubungi kami melalui halaman kontak.

Post a Comment for "Penyebab Listrik Mati Saat Saklar Dinyalakan"