Penyebab Listrik Rumah Mati Sebagian Dan Solusinya

Penyebab Listrik Rumah Mati Sebagian Dan Solusinya

Mcblistrik.com - Listrik merupakan kebutuhan utama bagi kita, tanpa listrik aktivitas akan terhambat. Dengan adanya listrik kita dapat menyalakan lampu, perangkat elektronik dan membantu dalam bidang industri kecil maupun besar.


Namun tidak selamanya listrik dapat berfungsi normal, setelah penggunaan yang sangat lama, jaringan listrik didalam rumah pasti akan ada masalah, atau mungkin instalasi baru pun juga dapat mengalami problem karena faktor tertentu.


Dalam ulasan kali ini, mcblistrik.com akan membahas mengapa listrik rumah bisa mati sebagian dan bagaimana solusinya. Permasalahan listrik padam di titik tertentu atau mati sebagian sering terjadi disekitar kita, atau bahkan Anda sendiri saat ini sedang mengalami masalah ini.


Tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas ditempat kerja atau di dalam rumah, simak ulasan berikut ini sampai selesai agar tidak gagal paham.


2 Penyebab Listrik Rumah Mati Sebagian dan Solusinya

Kami akan memberikan solusi terbaik agar permasalahan Anda segera teratasi, berikut ini adalah tips mengatasi listrik padam dan permasalahannya:


Kabel Listrik Terputus

Kqbel listrik adalah sarana paling penting dalam jaringan instalasi listrik, kabel berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari sumber listrik KWH meter ke beban. 


Dengan kabel listrik kita akan aman dalam memanfaatkan anergi untuk kebutuhan sehari-hari, apa jadinya jika tembaga penghantar arus listrik tanpa ada isolasi khusus seperti upvc kulit kabel yang tahan api, air dan panas berkepanjangan, tentu saja akan dapat membahayakan orang yang sedang ada disekitarnya.


Namun kabel listrik juga bukan sesuatu yang abadi, ada saatnya kabel listrik over beban karena umur atau gangguan oleh hal yang disengaja atau tidak disengaja. 


Kabel listrik berumur pasti akan mudah terputus, berawal dari tembaga penghantar kering lama kelamaan akan meleleh hingga terbakar. 


Jika kabel terganggu oleh sesuatu seperti terjepit, ganguan hewan atau sengaja diputus, tentu ini akan dapat membuat listrik rumah mati sebagian.


Solusi dari masalah ini adalah segera lakukan peremajaan instalasi dengan menggunakan jasa tukang atau kontraktor listrik. Lakukan peremajaan jaringan kabel setelah pemakaian 30 tahun sampai 40 tahun ke atas.


Solusi permasalahan kabel terjepit hingga terputus adalah segera hubungi teknisi listrik terdekat, ini adalah masalah serius, teknisi listrik terdekat akan melakukan perbaikan dengan cara menutus dan mengamankan titik kabel yang bermasalah lalu mengganti dengan yang baru.


Group Mcb Bermasalah

Ada istilah grouping dalam pekerjaan instalasi listrik, yaitu pembagian jaringan instalasi listrik dangan cara menyeimbangkan setiap titik pemakaian didalam sebuah gedung hingga terbagi rata seimbang dan dengan tujuan memudahkan pengguna hingga teknisi pada saat akan melakukan perbaikan jaringan listrik.


Faktor mengapa listrik rumah mati sebagian juga bisa diduga dari jalur groping yang bermasalah. Contoh grouping A adalah ruangan rumah bagian belakang antara ruang keluarga hingga dapur, bisa jadi listrik padam dari titik Mcb didalam panel listrik pembagi. 


Solusi dari masalah ini adalah segera melakukan perbaikan di dalam box panel Mcb, jika kanel terbakar segera ganti ukuran kabel sesuai nilai hantar kabel, jika unit Mcb yang bermasalah hjngga terbakar, segera ganti ukuran mcb sesuai daya terpakai didalam rumah.


Penutup

Kami merupakan kontraktor penyedia jasa pemasangan instalasi listrik baru maupun perbaikan, permasalahan listrik mati sebagian sudaj sering kami temukan dilapangan. Jadi jika Anda sedang mengalami masalah seperti di dalam artikel ini, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini. Kami menawarkan jasa pasang listrik baru, perbaikan, pemasangan kwh meter, pembuatan panel kontrol dan pemasangan maupun pengadaan lampu PJU.

Post a Comment for "Penyebab Listrik Rumah Mati Sebagian Dan Solusinya"