Ukuran MCB Rumah Kost Paling Sesuai

Ukuran MCB Rumah Kost Paling Sesuai

 Mcblistrik.com - Cara mudah menentukan ukuran MCB listrik untuk rumah Kost. MCB atau singkatan dari Miniature Circuit Breaker, adalah sebuah komponen penting dalam instalasi listrik rumah kost. MCB berfungsi sebagai pelindung perangkat listrik dan dapat menghentikan arus listrik secara otomatis jika terjadi gangguan pada instalasi listrik dalam sebuah rumah Kost. Bagi Anda yang sedang ingin membangun rumah kost, ada baiknya sejak dini memikirkan bagaimana mendapatkan nilai ukuran MCB listrik yang sesuai, karena dengan persiapan sejak awal, utilitas bangunan akan berfungsi sesuai yang diharapkan. 


Memilih ukuran MCB listrik  yang sesuai sangat penting dilakukan untuk menjaga keselamatan kinerja sistem listrik di rumah kost Anda. Dalam artikel kali ini kami kan membahas faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih dan menentukan ukuran MCB yang tepat untuk rumah kost Anda.


Cara Menentukan Ukuran MCB listrik Untuk Rumah Kost

1. Tentukan Daya Listrik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ukuran MCB yang sesuai, memahami daya listrik total yang digunakan di rumah kost nantinya. Ini termasuk semua perangkat listrik, pencahayaam, peralatan dapur, dan peralatan elektronik lainnya yang terhubung atau tersambung menggunakan listrik di dalam kamar kost. Daya listrik di ukur dalam satuan Watt (W) dan Kilowatt (kW). Dengan mengetahui total daya listrik di dalam rumah kost yang akan di bangun, Anda dapat memilih MCB yang dapat menangani beban listrik ini tanpa terlalu sering memicu pemutusan daya.

2. Pemilihan Arus Nominal (In)

MCB memiliki arus nominal (In) yang menunjukkan batasan arus maksimum, yang dapat mengalir melalui sirkuit sebelum MCB memutuskan aliran listrik. Nilai arus ini harus dipilih dengan hati-hati berdasarkan daya listrik di dalam rumah kost nantinya. Pilih MCB dengan arus nominal yang sedikit lebih tinggi dari beban puncak yang diharapkan. Contoh kasus, jika daya listrik total adalah 5 kW, maka MCB dengan arus nominal sekita 20A.

3. Tahanan Pemutus (Breaking Capacity)

Selain arus nominal, tahanan pemutus ((Breaking Capacity) MCB juga sangat penting. Tahanan pemutus adalah kemampuan MCB untuk memutuskan aliran listrik dengan aman dalam kondisi tertentu, sebagai contoh pada saat terjadi korsleting listrik. Pastikan MCB listrik yang di pilih memiliki tahanan pemutus yang sesuai dengan kebutuhan rumah kost Anda. Biasanya, MCB dengan tahanan pemutus yang lebih tinggi disarankan untuk melindungi listrik dengan bai.

4. Jumlah Sirkuit

Rumah kost mungkin memiliki beberapa sirkuit MCB, atau semacam grouping instalasi listrik untuk dibagi antar instalasi terpisah antara ruangan satu dan yang lain atau area. Pastikan untuk menghitung jumlah MCB yang akan digunakan, contoh dapur menggunakan satu jalur instalasi, ruang tamu satu jaringan instalasi dan area taman, teras satu jalur instalasi menggunakan MCB tunggal. Hal ini memungkinkan Anda mengisolasi gangguan pada suatu sirkuit tanpa mempengaruhi pasokan listrik MCB lainnya. Semisal ruang tamu sedang ada penambahan instalasi listrik, dalam kondisi ini teknisi wajib memadamkan arus listrik yang ada di area ruang tamu, jika instalasi listrik rumah kost tidak terbagi, maka listrik akan padam total, berbeda ketika Anda menerapkan grouping instalasi listrik, ketika setiap area dan ruangan terbagi menggunakan MCB yang sesuai, seperti kasus di atas, pada saat ruang tamu kamar kost sedang ada penambahan Instalasi, tidak akan memadamkan listrik secara total, karena hanya jalur MCB listrik ruang tamu saja terputus dengan bantuan MCB yang di Grouping.

5. Konsultasi Dengan Ahli Listrik

Jika Anda tidak yakin tentang ukuran MCB yang tepat untuk rumah Kost Anda, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan seorang ahli listrik atau teknisi listrik berpengalaman dan bersertifikat SLO. Seperti Mcblistrik.com, kami merupakan perusahaan kontraktor listrik yang sudah berpengalaman, teknisi kami bersertifikat dan telah banyak menyelesaikan proyek tanpa ada masalah sedikit pun. Kami dapat melakukan perhitungan yang lebih akurat berdasarkan kebutuhan spesifik rumah kost Anda dan memberikan sasaran yang tepat.

6. Pemeliharaan Rutin

Setelah MCB terpasang penting untuk melakukan pemeliharaan rutin, diharapkan dapat memastikan kinerja tetap optimal. Ini melibatkan pemeriksaan berkala terhadap MCB dan peralatan listrik lainnya di dalam rumah kost Anda, serta penggantian jika ditemukan masalah di masa depan.

Cara Menentukan Ukuran MCB listrik Untuk Kamar Kost Yang Tepat

Mungkin Anda saat ini sedang ingin membangun Rumah Kost, dan masih bingung bagaimana cara memilih dan menentukan ukuran MCB yang tepat. Contoh kasus Anda ingin membangun kamar Kost yang terbagi menjadi tiga ruangan yaitu kamar tidur, teras, dapur dan kamar mandi. dari sini sudah dapat kita lihat aktual lapangan untuk menyesuaikan berapa MCB yang akan digunakan untuk membagi Rumah Kost tersebut, ada baiknya gunakan satu MCB induk dan 2 MCB pembagi. MCB induk adalah MCB yang digunakan untuk proteksi MCB dari sumber listrik KWH dan 2 MCB berfungsi untuk membagi jalur instalasi listrik dari MCB induk ke satu kamar tidur dengan teras dan yang ke dua dapur kamar mandi menjadi satu jalur instalasi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam menentukan ukuran MCB wajib mengetahui daya total di dalam kamar kost yang akan di bangun, Contoh ruangan kamar mandi menggunakan lampu penerangan 25 Watt dan dapur 30 Watt, di area dapur terdapat 1 stop kontak normal yang difungsikan untuk penanak nasi 300 Watt. Untuk area kamar tidur terdapat lampu penerangan dengan daya 30 Watt 2 titik, 2 Stop kontak yang digunakan untuk TV dan Kipas angin, sedangkan untuk teras Kost terdapat satu titik lampu penerangan 35 Watt.

Untuk menghitung kasus di atas kita akan menggunakan Rumus dasar listrik Arus bolak balik yaitu I = P / V. Di mana:
  • I adalah arus listrik dalam ampere (A).
  • P adalah daya listrik dalam watt (W).
  • V adalah tegangan listrik dalam volt (V).
  • (cos(θ)) adalah sudut fase (angle) antara tegangan dan arus listrik (dalam radian), yang merupakan faktor daya (power factor) sirkuit.
Pada umumnya, MCB listrik di dalam rumah memiliki daya yang mendekati 1, karena komponen elektronik seperti lampu, peralatan dapur, dan peralatan lainnya dirancang untuk memiliki faktor daya yang tinggi. Oleh karena itu, kita dapat menyederhanakan rumus di atas menjadi I = P / V Saja sudah cukup. Tapi, perlu di ingat bahwa faktor daya (cos(θ)) akan dapat mempengaruhi perhitungan arus jika faktor daya dalam sirkuit tidak mendekati 1. Jika Anda memiliki informasi tentang faktor daya, Anda dapat menggunakannya dalam rumus pertama untuk perhitungan yang lebih akurat.

Untuk menyelesaikan contoh kasus di atas, kita akan menggunakan rumus untuk mencari nilai Amper MCB listrik rumah kost yang akan di gunakan, yaitu I = P / V. Jika daya total rumah kost adalah:

Group Mcb 1

1. Kamar Mandi
  • Lampu Penerangan 25 Watt
2. Dapur
  • Lampu Penerangan - 30 Watt
  • Stop Kontak Penanak Nasi - 300 Watt

Group Mcb 2

1. Kamar Tidur
  • Lampu Penerangan 30 Watt X 2 titik + 60 Watt
  • Stop Kontak Kipas - 50 Watt
  • Lampu Teras - 35 Watt
Setelah data aktual lapangan sudah kita dapatkan dan rumus yang akan digunakan untuk menghitung sudah jelas, baru kita hitung dengan teliti agar dapat menentukan ukuran MCB listrik kamar kost yang sesuai, tidak terlalu besar atau sebaliknya terlalu besar.

Jika Total P dari Group 1 adalah 355 Watt dan jika V adalah 220 maka kita dapat menghitung dengan Rumus di atas yaitu I = P / V, jadi:
I = 335 / 220
I = 1,6 Dari nilai ini dapat kita bulatkan menjadi 2 Amper / 2A

Jika daya Total P dari Group 2 adalah 145 Watt dan jika V adalah 220 maka kita dapat menghitung dengan Rumus di atas yaitu I = P / V, jadi:
I = 145 / 220
I = 0,7 Dari nilai ini dapat kita bulatkan menjadi 2 Amper / 2A

Ukuran MCB listrik untuk grouping 1 dan 2 sudah dapat kita temukan yaitu masing-masing group menggunakan 2 Amper atau total daya yang dapat digunakan adalah 440 Watt. Lalu selanjutnya adalah mencari nilai MCB induk jika total daya MCB grup 1 dan 2 adalah 880 Watt maka kita dapat menggunakan rumus yang sama yaiut I = P / V.

Jika total P adalah 880 Watt, dari mana nilai 880 Watt? nilai ini di ambil dari total daya MCB yang sudah kita hitung di atas, yaitu 2 Amper / 440 Watt, dari sini kita kalikan dengan 2, karena Grouping menggunakan 2 jalur MCB.
I = 880 / 220
I = 4 Amper
Ukuran MCB Rumah Kost Paling Sesuai

Untuk pemakaian MCB induk di dalam kamar kost yang akan di bangun Anda dapat menggunakan ukuran MCB 4 Amper dan untuk anak dari MCB induk atau MCB pembagi adalah 2 jalur MCB 2 Amper / 440 Watt. Selanjutnya adalah menentukan MCB KWH meter PLN, untuk unit MCB ini kita dapat membaca dengan mudah dari contoh kasus di atas yang sudah di hitung dengan baik. jika MCB induk instalasi adalah 4A, anda dapat memanfaat nilai MCB yang sama pada KWH meter,  Atau, saran kami gunakan MCB 6A, kenapa lebih besar, karena nilai ini akan lebih dapat ruang, pada saat ada kelebihan daya terpakai di dalam kamar kost, MCB 4A yang akan trip bukan MCB KWH, ini adalah sistem yang diharapkan oleh seorang teknisi, sistem grouping instalasi listrik yang dapat melindungi perangkat satu sama lain, jadi instalasi di kamar kost yang akan Anda bangun tetap aman, penggunaan listrik stabil dan dapat memudahkan seorang teknisi atau tukang saat akan melakukan perbaikan maupun renovasi.

Penutup

Demikian ulasan dari kami tentang bagaimana cara menentukan Ukuran MCB untuk rumah kost yang cocok dan tidak salah, sebelum membangun sebuah hunian rumah, gedung villa atau kamar dan rumah kost, ada baiknya selalu memikirkan dan mempersiapkan akan seperti apa instalasi listrik yang digunakan, jadi perancaan hingga pelaksaan lebih mudah, termasuk biaya material hingga jasa dapat terbaca dengan mudah, contoh Anda sudah dapat menentukan apa saja komponen yang akan digunakan nantinya, seperti pada contoh kasus di atas, dari data tersebut kita dapat membaca berapa panjang kabel yang akan dibutuhkan, berapa ukuran kabel yang akan digunakan, berapa watt lampu dan untuk apa stop kontak terpasang di titik ini, lalu selanjutnya tinggal menghitung total daya, kebutuhan material hingga biaya yang akan digunakan.

2 comments for "Ukuran MCB Rumah Kost Paling Sesuai"

Comment Author Avatar
Kalau kabel Abu-abu untuk apa pak.
Comment Author Avatar
Biasanya untuk Netral pak, di sistem 1 fasa dan 3 fasa