Cara Menghilangkan Induksi Pada Kabel Listrik Instalasi Rumah

Cara Menghilangkan Induksi Pada Kabel Listrik Instalasi Rumah

 Mcblistrik.com - Induksi adalah Fenomena elektro magnetik yang muncul pada saat Anda mendekati atau menempelkan tangan ke perangkat elektronik. Induksi kabel mudah kita temui pada perangkat elektronik atau jaringan instalasi listrik yang tidak memiliki grounding pembumian.

Induksi listrik dalam jaringan instalasi listrik rumah dapat membahayakan penghuninya, solusi dari masalah ini adalah dengan memasang atau menambahkan instalasi grounding di dalam instalasi.


Dalam artikel kali ini mcblistrik.com akan memberikan penjelasan cara menghilangkan Induksi pada kabel listrik yang sering kita temukan dalam instalasi listrik gedung dan rumah tinggal.


 Mcblistrik.com juga akan memberikan solusi cara pemasangan grounding sendiri tanpa menggunakan jasa teknisi, karena pemasangan Arde Grounding sangat mudah dan dapat dikerjakan sendiri.


Penyebab Induksi Pada Instalasi Listrik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Induksi kabel listrik dapat membahayakan penghuni rumah, meski dalam keadaan arus listrik tidak mengalir.


 Jika tegangan induksi kabel sudah di atas 50V maka sangat di sarankan untuk memasang Arde Gedung demi keamanan bersama, untuk daya listrik 450 Watt sampai 900 Watt cukup menanam grounding rood 1 meter saja sudah cukup.


Cara Pemasangan Grounding Arde Gedung / Rumah Tinggal

Sebelum melakukan pemasangan grounding, persiapkan peralatan dan bahan, apa yang diperlukan mudah Anda dapatkan di Toko listrik terdekat. 


1. Tembaga Grounding 2 Meter ⅝

2. Kabel BC 1×2.5

3. Palu besar

4. Tang kombinasi


Langkah-langkah pemasangan grounding untuk menghilangkan induksi kabel:


1. Pemasangan tembaga grounding

Gunakan palu besar untuk memasuk kan tembaga ke dalam tanah perkiraan kedalaman adalah 2 meter. Jika tanah keras, Anda dapat mencari titik penanaman tembaha grounding di lokasi lain misal 1 meter dari titik pertama.

2. Pemasangan kabel BC 1×2.5

pemasangan kabel ini cukup mudah, tidak perlu menggunakan pipa pelindung, sangat disarankan BC grounding rumah menempel di body gedung, ini dimaksudkan agar iduksi listrik pada kabel dan gedung terbuang ke tanah

3. Penyambungan Kabel BC Arde ke Grounding Kwh dan instalasi

 Kwh tokok akan lebih bagus jika memiliki grounding pembumian, dan juga sangat di wajibkan instalasi listrik rumah stop kontak dan lampu menggunakan kabel grounding untuk membuang semua induksi di dalam kabel yang di hasilkan dari buangan grounding perangkat elektronik.


Penutup

Cara di atas cukup mudah untuk dilakukan sendiri, atau jika Anda membutuhkan jasa pemasangan grounding penangkal petir dan gedung, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini. Layanan 24 jam menerima jasa pemasangan dan pengadaan Arde grounding gedung dan penangkal petir.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Induksi Pada Kabel Listrik Instalasi Rumah"