Saklar Hotel Panasonic dan Cara Pemasangannya

Saklar Hotel Panasonic dan Cara Pemasangannya
Wiring Saklar Hotel

 Mcblistrik.com - Saklar Hotel adalah sebuah komponen listrik yang dapat menyalakan lampu dari dua titik lokasi berbeda, akan tetapi syarat agar sistem ini dapat berjalan Anda harus memasang saklar di dua titik tempat berbeda dan menggunakan jenis saklar yang sama yaitu saklar Hotel. Saklar hotel atau saklar tukar sering terpasang pada tempat tertentu, contoh untuk saklar kamar hotel, sesuai namanya Saklar Hotel, komponen ini digunakan untuk kamar hotel agar memudahkan seseorang untuk menyalakan maupun memadamkan lampu dari jarak jauh.


Titik Lokasi Pemasangan Saklar Tukar/Hotel 

Saklar ini tidak boleh terpasang sembarangan, hanya lokasi atau tempat yang memungkinkan bisa terpasang saklar tukar, dibawah ini adalah 5 lokasi paling cocok terpasang saklar tukar:


1. Saklar Hotel Penginapan/Kamar

Hampir semua kamar hotel berbintang menggunakan sistem saklar hotel, fungsi dari sistem ini adalah agar memudahkan penghuni kamar untuk memadamkan maupun menyalakan lampu dari jarak jauh. Contoh si penghuni akan masuk ke kamar, biasanya titik saklar Hotel satu berada di depan pintu masuk berjajar dengan saklar yang lain, pada saat penghuni kamar hotel masuk, maka ia akan menyalakan lampu, setelah itu ia langsung menuju ke tempat tidur, sangat tidak mungki ia akan berjalan kembali lagi ke saklar pertama, sama saja ia akan berjalan di dalam gelap jika kembali ke tempat tidur. Di sinilah peran utama saklar Hotel, penghuni kamar dapat memadamkan lampu hanya dengan menekan saklar hotel ke dua yang terpasang disamping tempat tidur, otomatis lampu padam, begitu juga sebaliknya, ia dapat menyalakan lampu dari saklar ke dua di samping tempat tidur.


2. Saklar Tukar Untuk Tangga

Sama seperti saklar tukar untuk kamar hotel, saklar tukar tangga digunakan untuk memudahkan orang menyalakan atau memadamkan lampu dari titik lokasi berbeda. Contoh seseorang akan menaiki tangga ke lantai dua, tapi tangga menuju lantai dua gelap, di sinilah peran saklar tukar begitu penting untuk membantu seseorang dalam situasi tersebut. Saklar tukar harus terpasang di lantai satu dan dua, jjka akan naik ke lantai dua, ia harus menyalakan lampu agar dapat menyinari akses menuju lantai dua melalui tangga. Setelah sampai ke lantai dua, ia dapat memadamkan lampu tangga melalui saklar 2 yang ada di lantai dua. 


3. Saklar Tukar Taman

Saklar tukar atau hotel tidak hanya terpasang di kamar hotel maupun tangga, tapi juga dapat di gunakan untuk kontrol lampu yang terpasang pada taman. Titik pemasangan saklar tukar taman biasanya ada di depan teras dan titik center tengah pada taman. Pada saat seseorang akan menuju taman pada malam hari, saklar 1 yang ada di teres dapat digunakan untuk menyalakan semua lampu taman, dan sebaliknya jika ingin mematikan lampu dapat dilakukan dari lokasi berbeda.


Sambungan Saklar Hotel Panasonic

Di sini kami akan memberikan tutorial menyambung kabel untuk instalasi saklar tukar, jika Anda lihat gambar diatas sangat mudah untuk di tiru, pada dasarnya diagram saklar sudah tertera jelas di bagian belakang saklar. Wiring diagram saklar Hotel pada umumnya menggunakan diagram satu garis, sangat sulit untuk dipahami bagi pemula, jadi melalui diagram saklar hotel di atas kami akan memudahkan Anda dalam pembuatan instalasi saklar Hotel.


Persiapan Bahan dan Peralatan

Langkah pertama adalah mempersiapkan bahan dan peralatan untuk melakukan penyambungan instalasi saklar Hotel. Adapun bahan yang harus dipersiapkan adalah kabel listrik 3×2.5mm, T Dus, isolasi listrik, ada pun peralatan yaitu Tang kombinasi, tang potong, cutter untuk mengupas kabel dan Tespen Listrik untuk cek arus listrik.


Wiring Kabel

Pengkabelan saklar hotel bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini, kami menggunakan diagram satu garis atau pengawatan satu garis, ini difungsikan agar diagram gambar tidak terlalu penuh.

Saklar Hotel Panasonic dan Cara Pemasangannya
Diagram Saklar Tukar

Pada kenyataannya, banyak denah gambar yang tidak menggunakan garis bantu, jadi sangat di wajibkan Anda memahami wiring diagram saklar Hotel. Jika kita amati dari sisi kiri terlihat satu garis dan memiliki penanda dua garis miring, artinya di dalam satu garis tersebut harus menggunakan dua kabel tunggal dan jika Anda melihan ada satu garis dengan tiga garis miring, bisa diartikan satu garis tersebut menggunakan tiga kabel di lapangan. Kembali ke diagram gambar pertama, terdapat dua kabel dari sisi kiri yaitu Biru dan Netral, garis warna kabel Biru langsung tersambung ke Titik lampu, kabel merah tersambung ke terminal 0 saklar 1, terminal 1 saklar satu tersambung ke terminal saklar 0 saklar 2, lalu terminal saklar 3 saklar satu tersambung ke terminal 1 saklar 2 dan yang terakhir terminal saklar 3 saklar 2 tersambung langsung ke titik lampu penerangan, jika ingin menambahkan 2 lampu atau lebih, anda dapat menggunakan sambunga paralel pada lampu tersebut.


Penutup

Saklar Hotel memiliki peranan penting dalam sebuah bangunan, saklar hotel dapat menyalakan lampu dengan dua titik saklar berbeda lokasi, contoh kamar hotel yang terpasang di sebelah pintu masuk dan bed tempat tidur, saklar hotel juga dapat digunakan untuk kontrol lampu taman dan jalan atau tangga dari lantai satu ke lantai dua. Jjka anda membutuhkan jasa pemasangan instalasi saklar hotel, segera hubungi kami melalui halaman kontak dibawah situs ini, layanan jasa listrik terdekat di kota salatiga.

Post a Comment for "Saklar Hotel Panasonic dan Cara Pemasangannya"