Sambungan Lampu Downlight Menggunakan Saklar Tunggal

Sambungan Lampu Downlight Menggunakan Saklar Tunggal
Instalasi Lampu

 Mcblistrik.com - Lampu Downligth adalah komponen listrik yang umum terpasang di plafon gypsum langit-langit sebagai lampu penerangan modern sebagai pengganti lampu pijar. Banyak pilihan dimensi ukuran dan kapasitas lumen cahaya yang dapat kita gunakan sesuai kebutuhan.

Selain murah, lampu downlight mudah dalam pemasangan di plafon gypsum maupun plafon PVC. Jika Anda ingin mencoba untuk memasang lampu Downlight sendiri, ikuti terus ulasan ini sampai selesai. Kali ini mcblistrik.com akan membahas cara menyambung kabel Lampu Downlight menggunakan saklar tunggal Panasonic.


Cara Menyambung Kabel Lampu Downlight

Sebelum melakukan pemasangan dan penyambungan, sebaiknya selalu waspada dan berhati-hati, putus kan dulu arus listrik Fasa dan Netral dari sumber KWH atau MCB, ini sangat penting untuk dilakukan demi keamanan. Ada pun peralatan dan bahan yang dapat Anda siapkan adalah:


1. Persiapan Bahan dan Alat Kerja

Jika Anda adalah teknisi, mungkin akan sangat mudah untuk menyiapkan beberapa alat berikut. 


a. Tang Potong

b. Tang Kombinasi

c. Isolasi listrik

b. Lampu Downlight

d. Saklar Tunggal

e. Obeng kecil

f. Kabel NYA 1×2.5mm


2. Langkah-langkah Penyambungan Lampu

Karena di sini hanya akan membahas cara penyambungan, maka kami tidak akan menjelaskan keseluruhan tentang pemasangan dan penyambungan.


Jika di lihat pada gambar, Garis merah dari Ouput MCB tersambung ke terminal atas Input saklar tunggal, cara pemasangannya adalah, kupas ujung kabel NYA 1×2.5mm, panjanga kupasan 1.5cm sampai 2cm.


Selanjutnya masukkan ujung kabel yang sudah terkupas ke lubang saklar sampai terjepis, untuk mengetahui apakah sudah kuat atau tidak, anda dapat menarik kabel tersebut, jika tidak lepas dapat dipastikan sudah kencang.


Langkah selanjutnya pemasangan kabel dari Output saklar tunggal ke terminal lampu Downlight, langkah pemasangan sambungan kabel sama seperti input saklar. Untuk sambungan kabel ke lampu Anda bisa menggunakan teknik Untiran atau memakai konektor sambungan, garis biru dari saklar adalah kabel Fasa yang nantinya mengalir ke terminal sambungan lampu.


Selanjutnya adalah pemasangan kabel Netral dari Kwh ke terminal lampu Downlight, pada sistem jni kabel netral tidak tersambung ke Saklar, jalur kabel langung tersambung dari sumber ke titik konektor terminal lampu Downlight.


3. Pengetesan Instalasi

Pekerjaan terakhir adalah pengetesan lampu, sebelum penyambungan, pastikan arus listrik dari sumber terputus, untuk sesi pengetesan Anda dapat memposisikan MCB kwh ke atas yang menandakan arus listrik tersambung, jika tidak ada indikasi jeglek, isntalasi normal tidak ada masalah, jika sebaliknya, dapat dipastikan sambungan lampu downlight bermasalah. Tekan saklar, jika lampu menyala maka penyambungan instalasi lampu tersebut benar. 


Penutup

Sambungan sederhana dalam instalasi lampu downlight sangat mudah dilakukan sendirk tanpa teknisi asal dengam satu syarata selalu mengikuti standar keamanan dalam pemasangan instalasi listrik. Setelah Anda dapat melakukan penyambungan lampu tunggal, kami sarankan untuk mencoba sistem paralel agar lampu menjadi dua titik, jika masih kesilitas silahkan hubungi kami melalui halaman kontak di bawah situs ini.

Post a Comment for "Sambungan Lampu Downlight Menggunakan Saklar Tunggal"