Berapa Biaya Tambah Daya Listrik? Yuk, Info Lengkapnya ada di sini!

MCB ListrikDaya listrik adalah ukuran dari kemampuan sebuah sumber listrik untuk menghasilkan energi listrik. Daya listrik diukur dalam satuan watt (W) atau kilowatt (kW). Semakin besar daya listrik, semakin banyak peralatan listrik yang dapat digunakan secara bersamaan. Lalu, kira-kira berapa biaya tambah daya listrik?

Namun, tidak semua rumah atau tempat usaha memiliki daya listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Oleh karena itu, terkadang diperlukan untuk menambah daya listrik agar dapat menggunakan lebih banyak peralatan listrik tanpa mengalami gangguan atau pemadaman.

berapa biaya tambah daya listrik
berapa biaya tambah daya listrik

Apa Itu Tambah Daya Listrik?

Tambah daya listrik adalah proses untuk meningkatkan kapasitas daya listrik yang dimiliki oleh sebuah rumah atau tempat usaha. Tambah daya listrik biasanya dilakukan dengan mengganti meteran listrik, kabel, dan MCB (Miniature Circuit Breaker) dengan yang memiliki kapasitas lebih besar.

Selain itu, tambah daya listrik dapat dilakukan oleh pelanggan listrik yang sudah terdaftar di PLN (Perusahaan Listrik Negara) atau oleh pihak ketiga yang berlisensi. Dan tambah daya listrik harus mengikuti prosedur dan persyaratan yang ditetapkan oleh PLN.

Bagaimana Cara Tambah Daya Listrik?

Cara tambah daya listrik tergantung pada jenis pelanggan listrik, yaitu:

1. Pelanggan prabayar

Pelanggan yang menggunakan sistem pembayaran listrik dengan token atau pulsa. Cara tambah daya listrik untuk pelanggan prabayar adalah sebagai berikut:

·         Menghubungi call center PLN di 123 atau mengunjungi kantor PLN terdekat untuk mengajukan permohonan tambah daya listrik.

·         Menunggu petugas PLN datang ke lokasi untuk melakukan survei dan pengecekan kondisi instalasi listrik.

·         Membayar biaya tambah daya listrik sesuai dengan tarif yang berlaku di loket PLN atau melalui aplikasi PLN Mobile.

·         Menunggu petugas PLN datang kembali ke lokasi untuk melakukan pemasangan meteran, kabel, dan MCB baru.

·         Melakukan aktivasi meteran baru dengan memasukkan kode token yang diberikan oleh petugas PLN.

2. Pelanggan pascabayar

Pelanggan yang menggunakan sistem pembayaran listrik dengan tagihan bulanan. Cara tambah daya listrik untuk pelanggan pascabayar adalah sebagai berikut:

·         Menghubungi call center PLN di 123 atau mengunjungi kantor PLN terdekat untuk mengajukan permohonan tambah daya listrik.

·         Menunggu petugas PLN datang ke lokasi untuk melakukan survei dan pengecekan kondisi instalasi listrik.

·         Menandatangani surat perjanjian tambah daya listrik dan membayar uang jaminan tambah daya listrik sesuai dengan tarif yang berlaku di loket PLN atau melalui aplikasi PLN Mobile.

·         Menunggu petugas PLN datang kembali ke lokasi untuk melakukan pemasangan meteran, kabel, dan MCB baru.

·         Melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan sesuai dengan daya listrik baru.

Berapa Biaya Tambah Daya Listrik?

Biaya tambah daya listrik terdiri dari dua komponen, yaitu:

1. Biaya materi

Biaya untuk pembelian meteran, kabel, dan MCB baru. Biaya materi ditentukan oleh PLN berdasarkan jenis dan kapasitas daya listrik yang diinginkan oleh pelanggan. Biaya materi dapat berbeda-beda di setiap wilayah.

2. Biaya jasa

Biaya untuk pemasangan meteran, kabel, dan MCB baru. Biaya jasa ditentukan oleh PLN berdasarkan jarak antara lokasi pelanggan dengan gardu induk PLN. Biaya jasa juga dapat berbeda-beda di setiap wilayah.

Tabel Perkiraan Biaya Tambah Daya Listrik

Berikut adalah tabel perkiraan biaya tambah daya listrik untuk pelanggan prabayar dan pascabayar di wilayah Jawa Timur, berdasarkan data PLN tahun 2024:

Daya Listrik (VA)

Biaya Materi (Rp)

Biaya Jasa (Rp)

Total Biaya (Rp)

450 -> 900       

1.000.000        

500.000        

1.500.000       

900 -> 1.300     

1.500.000        

750.000        

2.250.000       

1.300 -> 2.200   

2.000.000        

1.000.000      

3.000.000       

2.200 -> 3.500

2.500.000        

1.250.000      

3.750.000       

3.500 -> 5.500   

3.000.000        

1.500.000      

4.500.000       

 

Biaya tambah daya listrik di atas belum termasuk PPN 10% dan biaya administrasi lainnya. Biaya tambah daya listrik juga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan PLN.

Kesimpulan

Tambah daya listrik adalah proses untuk meningkatkan kapasitas daya listrik yang dimiliki oleh sebuah rumah atau tempat usaha. Tambah daya listrik dapat dilakukan oleh pelanggan listrik yang sudah terdaftar di PLN atau oleh pihak ketiga yang berlisensi. Tambah daya listrik harus mengikuti prosedur dan persyaratan yang ditetapkan oleh PLN.

Lalu, biaya tambah daya listrik terdiri dari biaya materi dan biaya jasa. Selain itu, biaya tambah daya listrik ditentukan oleh PLN berdasarkan jenis dan kapasitas daya listrik yang diinginkan oleh pelanggan, serta jarak antara lokasi pelanggan dengan gardu induk PLN. Dan biaya tambah daya listrik dapat berbeda-beda di setiap wilayah.

Demikian artikel yang kita buat tentang berapa biaya tambah daya listrik. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi kamu. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya!

Post a Comment for "Berapa Biaya Tambah Daya Listrik? Yuk, Info Lengkapnya ada di sini!"