Penyebab MCB Terbakar dan Solusinya

 

Penyebab MCB Terbakar dan Solusinya
Mcb 2 Ampere Terbakar

MCB merupakan material penting dalam jaringan instalasi listrik, namun tidak selamanya MCB listrik akan dapat berfngsi dengan baik sesuai keinginan. Ada masa di mana komponen MCB rumah terjadi kerusakan seperti panas, sering jeglek bahkan sampai MCB terbakar meleleh keluar percikan.

Miniature Circuit Breaker MCB memiliki fungsi utama yaitu sebagai pembatas arus listrik yang melewatinya, dari sumber listrik PLN ke dalam instalasi rumah. Selain itu MCB juga dapat difungsikan sebagai saklar pemutus manual, yaitu dengan cara memindah kan togle MCB ke posisi Off dari On atau Turun.


MCB Juga dapat bekerja secara Otomatis ketika terjadi beban lebih dan korsleting listrik, beban lebih adalah ketika arus melebihi nilai Ampere yang tertera di MCB. Contoh kasus MCB 2 Ampere setara dengan 450 Watt, jadi jika beban melebihin 2 A/450 watt maka MCB akan jeglek, otomatis dalam kondisi Off.

Itulah penjelasan tentang fungsi utama Miniature Circuit Breaker MCB, selanjutya adalah masuk ke bahasan kenapa MCB terbakar meleleh hingga rusak. Dalam kondisi MCB terbakar merupakan situasi darurat yang perlu diwaspadai karen bisa saja dampak buruk lain bisa terjadi. 


Contoh kebakaran jaringan instalasi listrik, kebakaran rumah, kerusakan perangkat elektronik hingga menyengat pemilik rumah. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa MCB mudah terbakar dan solusinya:


1. Arus Beban Melewati MCB Melebihi Batas Maksimal Pemakaian

Beban berlebih dapat menyebabkan MCB panas lalu terbakar, pernahkah kamu menyadari kode Amper pada MCB contoh 2 A, 4 A atau 10 A, A adalah Mapere. Ini adalah satuan pembatas yang berarti 2 A sama dengan 450 Watt, 4 A adalah 900 watt dan 10 A adalah 2.200 wattt dan seterusnya hingga ukuran besar. 


Jika arus melewati MCB terlalu besar dari nila Ampere, maka MCB akan otomatis trip memutus arus, selanjutnya adalah jalur instalasi akan padam. Selain kelebihan beban, MCB juga dapat melindungi jaringan listrik yang akan terbakar dikarenakan kiorsleting listrik secara otomatis tanpa manual.


Nanum komoponen MCB juga bisa berada pada posisi darurat terbakar jika sudah melampaui batas pemakaian atau memang korsleting beban sangat besar. Bagaimana menurut kalain, sangat logis bukan kenapa beban yang melewati MCB terlalu dipaksakan dapat menyebabkan kebakaran listrik? Itu lah penjelasannya.


2. Komponen MCB Udah Berumur

Tidak hanya manusia dan tumbuhan, komponen MCB yang sudah berumur juga dapat rusak dalam kurun waktu tertentu, contoh mudah adalah MCB sudah usam. Jika kita amati MCB di kwh meter rumah kita, akan usam dan keropos jika sudah terlalu lama digunakan, 15 sampai 25 tahun pemakain MCB harus wajib diganti.


Sangat beresiko jika MCB sudah keropos, faktor kebakaran juga dapat terjadi dari MCB yabg sudah berumur, arus terlalu besar, MCB tidak kuat menahan panas. Dari sini lah kebekaran yang diakibatkan MCB terjadi, solusi terbaik adalah rutin lakukan service berkala, kamu dapat bekerj sama dengan teknisi listrik terdekat. 


3. Sambungan MCB Kendor / Ngefong

Penyebab MCB Terbakar dan Solusinya
Menyambung Kabel

Ngefong adalah istilah koneksi kabel kendor di dalam konektor MCB, pada situasi ini amat sangat membahayakan, jadi sangat wajib dilakukan perbaikan. 


Kabel di dalam MCB kendor akan menimbulkan percikan api, unit MCB akan panas, area panel atau kwh terasa hangat dilanjutkan dengan lelehan hingga kebakaran terjadi mulai dari area MCB.


Sama seperti point ke 2, solusi dari masalah ini adalah lakukan service secara berkala, 6 bulan sekali tisak ada salahnya menyewa teknisi listrik / tukang listrik. Ini adalah cara paling efektif untuk menetralisir terjadinya kebakaran listrik yang di akibatkan oleh MCB pembatas.

Jangan sepelekan kerusakan MCB sejak dini, jika ada masalah seperti suara, percikan bahkan sampai kebakaran, wajib bagi kamu untuk melakukan perbaikan. Jika memang basic kamu adalah teknisi listrik, kamu bisa mengolah dan memperbaiki kerusakan listrik di dalam rumah maupun gedung. Namun jika tidak ada, segera panggil tukang listrik terdekat untuk melakukan penanganan sejak dini sebelum kebakaran yang di akibat kan MCB listrik terjadi.

Post a Comment for "Penyebab MCB Terbakar dan Solusinya"